Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Macam-Macam Profesi Melalui Komik Pintar

Kompas.com - 05/03/2022, 09:49 WIB
Sumber Gambar: Dok. M&C!
Rujukan artikel ini:
Komik Pintar : Seri Profesi…
Pengarang: Liang Xin Yu
|
Editor Ratih Widiastuty

Mengenal Dunia Kedokteran Lewat Komik

Impian di masa depan dimulai sejak dini.

Anak-anak sering menautkan impian masa depannya di tempat tinggi, terutama cita-cita maupun profesi yang akan ditekuni kelak.

Mari kita ajak mereka mengenal dunia yang telah menambat hati anak-anak itu melalui bacaan yang sesuai.

Komik Seri Profesi terbitan M&C! memperkenalkan aneka profesi dari sudut pandang anak, mulai dari dokter, koki, sampai polisi.

Bukan hanya sepak terjang para pekerja yang jadi tema utama, tapi juga suka duka mereka dalam mengabdikan diri pada masyarakat.

Seri Profesi Dokter: Tangan Penyembuh adalah komik anak yang memperkenalkan dunia para pekerja medis, yaitu dokter dan perawat.

Mungkin anak sudah belajar banyak tentang mereka dari tayangan teve dan film, tapi membaca sepak terjang para pejuang medis lewat buku akan menghadirkan sudut pandang yang sama sekali berbeda.

Dalam komik ini, kita berkenalan dengan banyak dokter dari beragam spesialisasi, mulai dari dokter anak, dokter jiwa, dokter mata, dokter penyakit dalam, termasuk juga perawat yang bertugas membantu dokter.

Masalah dan beban yang mereka hadapi berbeda-beda, mulai dari pasien yang sulit diatur, hingga ancaman maut yang mengintai setiap saat.

Tapi para dokter dan perawat tetap bersemangat memberikan yang terbaik, selalu siaga menolong orang yang butuh bantuan segera.

Tiap episode mengangkat dokter dari spesialisasi khusus, dan diakhiri dengan penjelasan yang cukup rinci mengenai penyakit yang berkenaan dengan spesialisasi tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Penuturan dibuat sesederhana mungkin agar bisa dimengerti anak-anak.

Tapi agar pembaca bisa memahami tanpa menemui banyak kesulitan, memang sebaiknya anak-anak didampingi oleh orang dewasa saat membacanya.

Ada episode khusus yang menarik perhatian lebih besar, karena sangat berkaitan erat dengan kondisi masyarakat sekarang, yaitu episode penyakit menular.

Semua dokter termasuk dokter kepala rumah sakit pontang panting bahu membahu mengatasi penyebaran penyakit ini, apalagi mereka juga tak luput dari incaran penyakit menular.

Kita langsung diingatkan pada pandemi corona yang sudah melanda dunia selama lebih dari 2 tahun, apalagi di bagian akhir episode juga dijelaskan aneka penyakit menular melalui pernapasan, seperti SARS dan COVID.

Saat membaca episode ini, mau tak mau mata kita terbuka melihat betapa besarnya pengabdian para pejuang medis dalam menyelamatkan masyarakat dari penyakit mematikan ini.

Usai membaca buku ini, diharapkan anak-anak bisa lebih memahami tugas, kewajiban dan beban yang harus ditanggung seorang pejuang medis.

Karena menjadi seorang dokter bukan hanya untuk mengejar gengsi dan penampilan keren semata, melainkan demi menyelamatkan nyawa sesama manusia.

Spesialisasi apa pun yang dipilih anak-anak saat terjun ke dunia kedokteran kelak, semoga mereka bisa menjadi pejuang medis yang baik dan mengutamakan keselamatan sesamanya.

Komik Seri Profesi Dokter, Koki, Polisi bisa kalian dapatkan secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kalian pakai tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini dan dapatkan voucher gratisnya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com