Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku agar Kita Jago Matematika, Langkah Mudah Memahami Beragam Rumus

Kompas.com - 04/03/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Kamus Matematika
Pengarang: Mugy Mustamant ; penyunting,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Bagi sebagian pelajar, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dan paling menakutkan di antara mata pelajaran lain.

Dalam satu kelas, mungkin hanya ada sedikit siswa yang benar-benar menyukai dan bisa memahami berbagai macam rumus yang disajikan dalam setiap soal matematika.

Walaupun rasanya sangat menyulitkan, tapi para siswa tetap tidak boleh menghindari matematika karena nilainya menjadi salah satu syarat kelulusan sekolah, bahkan di beberapa perguruan tinggi juga sangat diperhitungkan.

Sebenarnya apa sih pengertian matematika dan apa yang membuat mata pelajaran yang satu ini menjadi sangat penting untuk dipelajari?

Menurut Cambridge Dictionary, matematika merupakan suatu ilmu mengenai logika yang berhubungan langsung dengan angka, bentuk, dan ruang.

Mata pelajaran yang satu ini menjadi sangat penting karena matematika sebenarnya bisa disamakan dengan sebuah konstruksi pemikiran dan pengamatan empiris terhadap dunia nyata, sehingga mempelajari matematika merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, biar kamu bisa lebih memahami berbagai macam rumus yang ada dalam matematika, kamu bisa coba membaca beberapa rekomendasi bukunya berikut ini.

Rekomendasi Buku agar Kita Jago Matematika

1. Kamus Matematika – Mugy Mustamant

Matematika adalah sebuah ilmu pasti yang juga menjadi dasar dari ilmu lain, jadi melalui matematika, seseorang bisa belajar lebih mandiri, mampu mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, dan mampu mengatur pengeluaran dengan baik.

Dengan mempelajari matematika, secara tidak langsung juga akan melatih kemampuan seseorang untuk bisa selalu berpikir rasional, kritis, logis, dan sistematis dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini berisi banyak sekali istilah-istilah dalam dunia matematika yang akan mempermudah kamu memahami materi dengan baik dan menunjang pembelajaran menjadi lebih mudah.

2. Super Complete Rumus Matematika SMA 10,11,12 – Tim Guru Inspiratif

Jika kamu saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas dan ingin lebih jago memahami matematika, kamu bisa menjadikan buku ini sebagai sumber belajarmu.

Buku ini disusun dan disesuaikan dengan kurikulum terbaru, dan tidak hanya diisi dengan berbagai macam rumus saja, tapi buku ini juga dilengkapi dengan beragam contoh soal dan pembahasan yang bisa membantumu memahami materi dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, buku ini juga dibuat sebagai solusi untuk membantu kamu menghadapi berbagai ujian yang sudah menanti di depan mata.

3. Master Trick ala Bimbel Matematika SMA – Tim Tentor Master

Saat kamu sudah memasuki tahun terakhir SMA tapi masih belum memahami banyak materi matematika, buku ini bisa jadi solusi yang tepat.

Bukan hanya materi saja, buku ini juga menyediakan banyak contoh soal yang disesuaikan dengan kumpulan soal ujian nasional, SBMPTN, SIMAK UI, UM, dan UGM, sehingga kamu bisa membayangkan dan memahami bentuk-bentuk soal yang akan keluar di ujian nanti.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan beragam metode belajar yang praktis sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mendaftar bimbel.

4. Note Studygram Matematika SD/MI Kelas 4,5,6 – Meity Mudikawaty

Untuk bisa memahami dunia matematika yang dikenal rumit, seseorang memang disarankan untuk mempelajarinya sejak dini, misalnya ketika masih ada di usia sekolah dasar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tapi sayangnya, tidak semua anak suka belajar, terutama jika media atau sumber belajarnya kurang bisa menjelaskan materinya dengan baik.

Oleh karena itu, para orang tua harus ikut andil juga dalam mencari dan menemukan cara belajar yang menyenangkan bagi anak, misalnya dengan metode studygram yang contohnya disajikan dalam buku ini.

Buku ini akan menjelaskan setiap inti materi dan rumus dengan lebih sistematis dan tidak bertele-tele, sehingga para siswa bisa cepat memahami dan menguasai matematika tanpa harus melalui bimbel.

Metode studygram akan membuat siswa betah berlama-lama dalam belajar karena buku ini menyajikan tampilan yang menarik, estetik, dan penuh dengan warna, ditambah juga dengan bonus stiker dan sticky notes yang akan menambah semangat siswa dalam belajar.

5. Kartun Kalkulus – Larry Gonick

Sebagai seorang kartunis lulusan matematika, Larry Gonick ingin mencoba menyajikan materi kalkulus dengan metode yang menyenangkan, yaitu dengan menggunakan gambar-gambar yang bisa menarik perhatian pembaca.

Dalam buku ini, Larry menyajikan berbagai materi kalkulus mulai dari fungsi, limit, turunan, dan integral menggunakan beragam ilustrasi yang juga dilengkapi dengan kombinasi latihan soal dan pembahasannya.

Dengan konsep yang menarik, buku ini akan membuat proses pembelajaran dan pemahaman matematika menjadi lebih menyenangkan.

6. Kartun Aljabar - Larry Gonick

Aljabar sering dianggap sebagai salah satu materi matematika yang paling sulit karena banyak menggabungkan angka dan huruf di setiap soalnya.

Tapi melalui buku ini, anggapan mengenai aljabar tersebut sepertinya bisa sedikit berkurang karena penulis mampu menjelaskan bagaimana operasi dasar, konsep persamaan, sampai grafik aljabar dengan baik dan tidak lupa juga dilengkapi dengan berbagai kartun dan humor yang segar sehingga cocok untuk digunakan oleh semua kalangan.

7. Kartun Statistik – Larry Gonick

Tidak hanya digunakan sebagai ilmu hitung-hitungan, statistik ini juga bisa membantu manusia untuk membaca data, melihat pola dan peluang dari beberapa fakta yang ada.

Dalam buku ini, kamu akan diberikan pemahaman berbagai konsep dasar statistik, mulai dari cara mencari dan menyajikan data, probabilitas, cara mengambil sampel, cara menguji hipotesis, sampai desain eksperimen.

Walaupun terdengar sulit dan rumit, tapi Larry Gonick sebagai penulis berhasil menyajikan berbagai materi ini dengan sangat sederhana dan tetap disertai dengan berbagai ilustrasi yang kocak, sehingga kamu bisa tetap belajar matematika dengan menyenangkan.

Walaupun disebut sebagai salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, tapi kamu sebenarnya tidak harus menghafal seluruh rumus yang ada dalam matematika karena akan membuat kamu bingung.

Untuk bisa menjadi orang yang jago matematika, kamu hanya perlu memahami rumus dan metode perhitungannya dengan baik, sehingga kamu bisa mengerjakan setiap soal yang diberikan dalam ujian nanti.

Untuk mendapatkan berbagai macam rekomendasi buku ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com atau membeli versi e-booknya di Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com