Berikut Fungsi Daun Telinga yang Mesti Kamu Tahu

Lihat Foto
Sumber Gambar: Pexels.com
Fungsi Daun Telinga
Rujukan artikel ini:
Ayo Rawat Telinga, Hidung, dan…
Pengarang: Dian Kristiani
|
Editor: Puteri

Fungsi daun telinga mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena bisa menjadi media untuk menangkap suara agar dapat memahami komunikasi antar sesama dengan jauh lebih efektif dan efisien.

Gelombang suara yang ada di dalam kehidupan akan masuk dan ditangkap melalui daun telinga untuk memudahkan kita menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti berkomunikasi, mendengarkan lagu, hingga mendengar suara alam.

Tidak hanya itu, bagian terluar dari telinga ini juga bukan hanya sekedar pajangan atau aksesoris yang bisa ditempelkan anting atau dikaitkan tali masker, tapi juga mengandung suplai darah yang besar dengan banyaknya ujung saraf.

Meskipun fungsi biologisnya belum banyak diketahui, tapi suplai darah yang besar dalam daun telinga mampu membantu menjaga telinga supaya tetap hangat.

Pertumbuhan daun telinga pun akan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya usia yang bisa meregang dan melorot, sehingga terlihat lebih panjang atau lebih besar.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan daun telinga yang biasanya dibersihkan menggunakan cottonbud oleh sebagian besar orang, walaupun hal tersebut tidak dianjurkan secara medis.

Di balik keberadaannya yang cukup mencolok, ternyata fungsi utama dari daun telinga sendiri adalah untuk membantu menjaga keseimbangan serta menghangatkan telinga.

Daun telinga berfokus untuk mengumpulkan gelombang suara untuk menyalurkannya ke saluran telinga, sehingga kita bisa mendengar.

Lantas, apa saja fungsi daun telinga yang mesti diketahui? Simak beberapa fungsi daun telinga berikut ini.

Fungsi Daun Telinga

1. Menjaga Keseimbangan dan Menyalurkan Gelombang Suara

Fungsi inti dari daun telinga adalah untuk menjaga keseimbangan serta menghangatkan telinga melalui asupan darah yang banyak.

Daun telinga yang merupakan bagian terluar dari telinga juga berfungsi untuk mengumpulkan dan menyalurkan gelombang suara ke saluran telinga untuk bisa didengar.

Kesimpulannya ialah gelombang suara masuk melalui telinga bagian luar (termasuk daun telinga di dalamnya), meluncur ke telinga bagian tengah, dan terakhir sampai pada telinga bagian dalam dan jaringan saraf, kanal, tulang, serta sel-sel lainnya.

Hingga pada akhirnya, gelombang yang masuk tersebut pun diolah menjadi sebuah suara yang bisa kita dengar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Menjaga Telinga Supaya Tetap Hangat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun telinga mempunyai suplai darah yang banyak, sehingga di saat cuaca dingin pasokan darah ini mampu menjaga telinga agar tetap hangat.

3. Melindungi Telinga Bagian Dalam

Daun telinga diciptakan bukan hanya sebagai pelengkap penampilan, tapi ada fungsi yang cukup penting, yakni untuk melindungi telinga bagian dalam.

Daun telinga mampu menjaga telinga bagian dalam supaya terhindar dari infeksi.

Selain itu, daun telinga juga yang akan menjaga telinga bagian dalam dari sentuhan langsung oleh udara ataupun keringat yang kotor.

Maka dari itu, telinga bagian dalam pun akan terlindungi dan terhindar dari infeksi akibat proteksi dari daun telinga.

4. Titik Rangsangan Seksual

Siapa yang sangka jika ternyata daun telinga merupakan area rangsangan seksual di tubuh.

Kulit daun telinga yang tipis dan banyaknya ujung saraf di telinga bagian luar ini ternyata bisa memicu sensasi seksual saat diraba, dicium atau bahkan digigit secara lembut.

5. Menyaring Udara Kotor

Daun telinga hadir sebagai penyaring kotoran yang akan melindungi telinga bagian dalam dari debu, udara kotor, hingga binatang.

Tidak hanya itu, kehadiran folikel rambut juga berperan untuk menyaring zat asing yang akan masuk ke telinga bagian dalam.

Ternyata kehadiran daun telinga sebagai anatomi tubuh manusia memiliki banyak fungsi dan peran.

Nah, untuk mengajarkan anak-anak mengenai hal ini tentang bagaimana menjaga kebersihan dari anatomi yang dimiliki tubuh kita, maka buku Ayo Rawat Telinga, Hidung dan Tenggorokanmu bisa dijadikan sumber edukasi yang tidak hanya menambah ilmu, tapi juga menyenangkan untuk dibaca.

Dalam buku ini anak-anak akan diajarkan bahwa telinga, hidung dan tenggorokan memiliki keterhubungan yang tidak dapat dipisahkan.

Tidak hanya itu, kita juga akan diberitahu mengenai benda-benda apa saja yang berbahaya bagi hidung, cara mengatasi hidung yang mimisan, dan masih banyak lagi.

Segera pesan dan miliki bukunya melalui Gramedia.com.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi