Pulsa Terbuat dari Apa? Ketahui Jawabannya di Sini!

Lihat Foto
Sumber Gambar: Freepik.com
Pulsa Terbuat dari Apa
Rujukan artikel ini:
Terbongkar Cara Gila Meledakkan Bisnis…
Pengarang: Victa Etriany
Penulis Okky Olivia
|
Editor: Ratih Widiastuty

Semakin ramainya kehadiran ponsel di industri elektronik pada akhirnya membuat aksesoris pendukungnya mau tidak mau juga ikut dihadirkan.

Diantara banyaknya aksesoris pendukung ponsel, kamu pasti sudah sering mendengar kata pulsa dan kuota internet, karena sebuah ponsel tidak akan pernah lengkap tanpa didukung kedua aksesoris tersebut.

Meski sudah menjadi salah satu kebutuhan utama, kita sebenarnya tidak pernah benar-benar tahu apa yang dimaksud dengan pulsa dan kuota internet, serta terbuat dari apakah keduanya?

Daripada bingung, kamu bisa temukan jawaban lengkapnya berikut ini.

Pengertian Pulsa dan Kuota Internet

1. Pengertian Pulsa

Menurut KBBI, pulsa adalah media yang digunakan untuk menghubungkan komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh.

Pada awalnya, banyak provider di Indonesia yang menggunakan istilah voucher untuk mengartikan ‘mengisi ulang kembali saldo ke nomor telepon’, namun istilah ini kemudian beralih menjadi pulsa agar lebih familiar dan mudah untuk diingat.

Saat ini saldo pulsa tidak hanya digunakan untuk telepon atau sms saja, melainkan juga bisa digunakan untuk membeli kuota internet.

2. Pengertian Kuota Internet

Selain pulsa, kamu pasti juga tidak asing dengan kuota internet yang saat ini sangat dibutuhkan untuk bisa mengakses jaringan internet.

Menurut KBBI, kuota bisa diartikan sebagai jumlah limit pemakaian internet yang telah ditentukan, kuota ini biasanya memiliki berbagai macam varian yang akan disesuaikan dengan nominal paket dan harga paketnya.

Varian kuota internet yang beragam ini biasanya disediakan oleh provider, misalnya seperti kuota utama, kuota aplikasi, kuota malam, kuota unlimited, dan masih banyak lagi.

Pulsa dan Kuota Internet Terbuat dari Apa?

Baik pulsa maupun kuota internet sebenarnya tidak memiliki wujud dalam bentuk fisik, jadi bisa dikatakan kalau keduanya terbuat dari suatu jaringan elektronik yang bisa disebarkan secara luas, dan biasanya digunakan untuk pembayaran dan penggunaan internet.

Sama seperti uang elektronik yang tidak berwujud fisik tapi memiliki nilai dan nominal, pulsa dan kuota internet juga terbuat dari jaringan dan pemrograman database yang sama, untuk kemudian disebarluaskan dan dipasarkan kemana-mana.

Kesimpulannya, baik pulsa maupun kuota internet tidak memiliki wujud, tapi berbentuk seperti jaringan seperti sinyal listrik, sinyal optik, atau gelombang radio.

Jenis-Jenis Pulsa

1. Pulsa Telepon

Pulsa telepon biasanya digunakan untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh maupun dekat melalui sambungan suara.

Sesuai dengan namanya, pulsa telepon ini khusus digunakan untuk semua jenis ponsel, tidak harus smartphone atau ponsel pintar saja.

2. Pulsa SMS

Jenis pulsa ini bisa digunakan untuk mengirim pesan teks berupa sms, sementara biayanya akan dikurangi dari nominal pulsa yang kamu punya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pulsa sms ini sebenarnya sudah mulai ditinggalkan oleh banyak orang karena dianggap sudah ketinggalan zaman, dan sudah tergantikan dengan aplikasi pesan yang lebih sering menggunakan kuota internet.

3. Pulsa Listrik

Jika pulsa telepon dan pulsa sms biasanya digunakan untuk berkomunikasi, pulsa listrik hanya khusus digunakan untuk membayar tagihan listrik, kamu tinggal melakukan isi ulang pulsanya untuk bisa menikmati layanan listrik PLN setiap bulannya.

4. Voucher Fisik

Pulsa voucher fisik biasanya berbentuk seperti kartu perdana ataupun voucher belanja yang di dalamnya terdapat beberapa digit angka, yang kemudian kamu bisa gunakan untuk mengisi ulang pulsa telepon maupun pulsa sms.

5. Pulsa Elektrik

Berbeda dengan voucher fisik yang memiliki bentuk fisik, pulsa elektrik tentu tidak ada bentuk fisiknya, karena isi ulangnya hanya dapat di top up melalui chip khusus provider seperti MKIOS dan MTRONIK.

Pulsa elektrik ini biasanya disediakan oleh konter pulsa, kamu hanya tinggal menulis nomor telepon dan jumlah nominal saldo yang kamu inginkan.

Saat ini kamu juga bisa mengisi pulsa elektrik melalui aplikasi provider maupun e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, ataupun Lazada.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pulsa dan kuota internet yang bisa menjawab rasa penasaranmu.

Tapi selain digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan keluarga ataupun teman, pulsa dan kuota internet juga bisa kamu gunakan sebagai modal awal untuk memulai bisnis melalui online.

Melalui buku Terbongkar Cara Gila Meledakkan Bisnis Online karya Victa Etriany, kamu akan belajar bagaimana caranya memulai bisnis melalui online.

Di era digitalisasi, bisnis online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meraih kesuksesan, kamu tidak harus memiliki modal yang besar hanya untuk sekadar membuat suatu produk ataupun menyewa kios.

Hanya dengan berbekal sebuah smartphone, pulsa, dan kuota internet, kamu sudah bisa menjalankan sebuah bisnis online.

Buku ini akan mengupas tuntas mengenai berbagai metode untuk membangun etalase digital yang menarik, bagaimana cara menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan, dan teknik-teknik cerdas yang bisa digunakan untuk promosi.

Buku ini akan sangat tepat untuk kamu gunakan sebagai panduan sebelum nantinya benar-benar terjun ke dunia bisnis sebagai pemula.

Buku Terbongkar Cara Gila Meledakkan Bisnis Online sudah bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi