5 Cara Berlatih TOEFL dengan Mudah dan Efisien

Lihat Foto
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Super ITP TOEFL Tricks Skor…
Pengarang: Subandi Ruslani
|
Editor: Almira Rahma Natasya

Cara berlatih TOEFL yang praktis dan efisien sangat diperlukan untuk memudahkan kamu melakukan tes yang biasanya akan terasa sulit bagi orang yang belum memiliki kemampuan berbahasa Inggris, sehingga dengan berlatih TOEFL bisa menjadi bentuk persiapan yang membantu.

Sertifikat TOEFL sendiri akan sangat dibutuhkan dan berguna untuk berbagai keperluan, seperti syarat untuk melamar pekerjaan, syarat untuk mengikuti beasiswa, hingga syarat untuk lulus kuliah.

Apalagi bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri, TOEFL diperlukan sebagai salah satu persyaratan untuk diterima masuk kuliah untuk hampir seluruh universitas di luar negeri, seperti Eropa, Australia, hingga Amerika.

Agar mampu mendapatkan score TOEFL yang tinggi, maka kamu harus mempersiapkan diri secara maksimal sebelum menghadapi tes dengan cara berlatih dan belajar dengan giat, salah satunya adalah dengan cara mengikuti kursus TOEFL.

Namun, jika kamu memilih cara atau alternatif lain sebagai metode berlatih TOEFL tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih lanjut, maka kamu harus menemukan tips berlatih dan belajar TOEFL yang terasa efektif untuk membantu kamu mempersiapkan diri.

Berikut lima cara berlatih TOEFL dengan mudah dan efisien yang bisa kamu coba terapkan di rumah.

5 Cara Berlatih TOEFL yang Mudah dan Efisien

1. Membaca Buku

Agar mampu mengerjakan berbagai tes TOEFL, maka dibutuhkan wawasan yang luas tentang vocabulary. Baca selengkapnya terkait Rekomendasi Buku TOEFL.

Semakin banyak menguasai perbendaharaan kosakata bahasa Inggris, semakin mudah pula bagi kamu untuk mengerjakan tes TOEFL dan berpotensi mendapatkan score yang tinggi.

Salah satu siasat untuk menambah perbendaharaan kosakata bahasa Inggris adalah dengan cara rajin membaca buku berbahasa Inggris, baik fiksi maupun nonfiksi.

Ketika membaca buku, biasanya kamu akan dengan mudah dapat menemukan beberapa kata yang terdengar unik dan menarik sebagai tambahan wawasan vocabulary yang kamu kuasai.

2. Perbanyak Latihan Percakapan Menggunakan Bahasa Inggris

Sebelum tes dimulai, kamu bisa membiasakan diri untuk mencoba menggunakan bahasa Inggris sebagai cara berkomunikasi dalam percakapan sehari-hari dengan kerabat yang jago bahasa Inggris sebagai bentuk latihan TOEFL yang efektif.

Jangan merasa malu atau ragu ketika akan mencoba melakukan percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris, karena hanya akan menghambat potensi yang kamu miliki untuk mendapatkan score tinggi dalam tes TOEFL.

3. Menonton Film

Selain menghibur, menonton film berbahasa Inggris juga bisa kamu pergunakan sebagai sarana berlatih TOEFL yang efektif, karena percakapan yang dihadirkan dalam film tersebut akan mampu mengasah kemampuan listening yang kamu butuhkan untuk menghadapi tes.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika memungkinkan, catat setiap kosakata bahasa Inggris yang baru kamu dengar di sebuah notes khusus untuk menambah perbendaharaan vocabulary yang kamu miliki.

4. Mendengarkan Musik

Tidak hanya menonton film saja yang dapat kamu gunakan sebagai media berlatih TOEFL, tapi mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk belajar kosakata bahasa Inggris.

Dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, kemampuan listening kamu pun turut terasah dengan baik.

Jangan lupa juga untuk menuliskan beberapa kosakata yang kamu anggap baru dan menarik sebagai tambahan vocabulary yang kamu miliki.

5. Mengerjakan Latihan Soal

Cara mudah dan efektif yang terakhir dalam berlatih TOEFL adalah dengan mengerjakan latihan soal TOEFL yang bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber, seperti buku latihan, website, hingga aplikasi yang kini bisa diunduh melalui smartphone yang kamu miliki.

Semakin kamu giat dalam mengerjakan soal latihan TOEFL, kamu akan semakin mudah dan terbiasa dalam mengerjakan soal tes TOEFL yang sesungguhnya, sehingga membuat peluang kamu untuk memperoleh score tinggi semakin terbuka lebar.

Jika kamu memilih untuk berlatih TOEFL dengan cara mengerjakan soal latihan, buku berikut ini mungkin dapat menjadi solusi praktis sebagai media yang tepat untuk kamu coba.

Buku Super ITP TOEFL Trick Skor 600++ adalah buku yang tepat untuk dijadikan sumber berlatih TOEFL yang efektif, karena sudah mencakup berbagai hal yang kamu perlukan dalam menghadapi tes TOEFL. Temukan pula latihan soal lainnya pada Buku Tes TOEFL.

Di buku ini kamu akan mendapatkan tips dan trik yang ditulis secara runut, agar memudahkan pemula yang baru akan mengikuti tes TOEFL bisa menjadi lebih paham dan mengerti.

Buku ini berisi soal-soal tes TOEFL, trik dalam mengerjakan soal TOEFL, 10 trik kunci meraih hasil yang optimal, hingga bedah soal-soal TOEFL yang kerap muncul setiap tahunnya.

Buku Super ITP TOEFL Trick Skor 600++ bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi