Mengenal Kehidupan Kita dalam Data Melalui ‘Why? Big Data’

Kompas.com - 17/02/2022, 10:00 WIB
Sumber Foto: Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
Why? Big Data - Mahadata
Pengarang: Yearim dang
Penulis Dina Chandra
|
Editor Almira Rahma Natasya

Apakah kalian pernah mendengar tentang big data?

Big data adalah teknologi yang secara efektif memproses dan menganalisis data yang ada di dunia ini.

Kedengarannya mungkin seperti teknologi rumit dan mungkin tidak terlalu berpengaruh dalam kehidupan kita, tapi sebenarnya big data selalu menyertai kita ke mana pun kita berada.

Di zaman sekarang, sebagian besar orang selalu membawa smartphone.

Mereka melakukan berbagai macam aktivitas melalui smartphone tersebut, seperti memeriksa prediksi cuaca harian, memeriksa jadwal keberangkatan transportasi publik, mencari jalan melalui aplikasi maps, atau menggunakan layanan jejaring sosial untuk berbagi cerita.

Big data mencakup semua teks, gambar, dan video yang ada, misalnya informasi yang datang dari layanan jejaring sosial yang kita gunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

Big data juga menyediakan informasi baru berdasarkan berbagai macam informasi tersebut.

Big data bahkan bisa merekomendasikan film, drama, atau produk yang kita sukai, memberikan informasi kapan kita harus membeli barang yang kita butuhkan, dan lain-lain.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi informasi, big data akan semakin banyak digunakan di kehidupan kita.

Oleh karena itu, kita harus mengenal lebih dalam tentang big data agar kita dapat bersiap dan beradaptasi dengan kehidupan masa depan maju yang tidak lama lagi akan segera datang.

PT Elex Media Komputindo telah menerbitkan buku komik pendidikan yang mengangkat tema tentang big data, yakni Why? Big Data – Mahadata.

Ulasan Buku Why? Big Data

Buku yang berisi 160 halaman berwarna ini telah diterbitkan pada tanggal 30 September 2019 dan menjadi buku dengan penjualan terbaik untuk kategori komik pendidikan di PT Elex Media Komputindo.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku ini menceritakan tentang seorang anak bernama Komji yang informasi pribadinya dicuri dan digunakan tanpa izin oleh orang yang tidak dia kenal.

Demi mencari pelakunya, Komji dan temannya, Omji, bekerja sama dengan Mr. Kay, seorang penyelidik khusus tim investigasi dunia maya yang ahli dalam big data, dan BigTa, yang merupakan robot kecerdasan buatan dan asisten Mr. Kay.

Selama prosesnya, Komji dan Omji belajar lebih dalam tentang big data dan segala informasi teknologi yang terkait di dalamnya, seperti peretasan, kejahatan dunia maya, serta berbagai bidang lain yang memanfaatkan big data, misalnya olahraga, investigasi kriminal, terjemahan, meteorologi, dan lain-lain.

Buku ini mengajak anak-anak untuk belajar tentang teknologi masa kini, khususnya big data, melalui cerita yang jenaka dan mendidik.

Anak-anak cenderung mudah bosan jika mempelajari pengetahuan baru melalui bacaan yang penuh dengan tulisan.

Oleh karena itu, PT Elex Media Komputindo menyediakan seri komik pendidikan yang menyajikan berbagai macam informasi bagi anak-anak, tapi tidak membuat mereka mudah bosan.

Seri ‘Why?’ adalah salah satu seri komik pendidikan yang memiliki penjualan terbaik di Indonesia.

Seri ini mengangkat berbagai macam topik, mulai dari sains, sosial, tokoh panutan, dan lain-lain.

Diharapkan dengan adanya seri komik pendidikan ini, anak-anak dapat memperoleh berbagai macam informasi yang berguna dalam kehidupan mereka, baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Informasi dan topik yang sulit dirangkum menjadi komik dengan alur cerita yang menghibur agar semua yang membacanya tidak merasa kesulitan untuk memahaminya.

Seluruh seri Why? bisa kalian dapatkan secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, juga ada gratis voucher diskon yang dapat kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, klik di sini untuk ambil gratis vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.