Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romankasa: Komedi Romantis antara Cewek Cuek-Polos dengan Cowok Galak-Perfeksionis

Kompas.com - 03/02/2022, 15:00 WIB
Sumber Foto: Dok. Redaksi M&C!
Rujukan artikel ini:
Romankasa
Pengarang: KILLMILL
Penulis Redaksi M&C!
|
Editor Almira Rahma Natasya

Tema komedi romantis, atau biasa disebut romcoms memang tidak ada matinya bagi pembaca novel, khususnya bagi pembaca wanita.

Cerita yang membuat deg-degan, gemas, dan gregetan serta bumbu komedi yang menghibur menjadi bagian favorit para penggemar tema ini.

Saking favoritnya cerita romcoms, tidak jarang banyak judul yang memiliki premis sama sehingga sebagian besar ceritanya sangat mudah ditebak.

Namun, sepertinya hal tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Selain karena adegan romantis serta bumbu komedi, cerita romcoms yang begitu ringan dan klise membuat pembaca tak perlu banyak mikir ketika membacanya.

Benar-benar novel yang cocok untuk hiburan dan melepas penat setelah bekerja atau belajar.

Dari sekian banyak novel bertema romcoms, ada satu judul yang baru saja diterbitkan oleh Penerbit Clover, bagian dari Penerbit M&C!, di bulan Juli 2021 lalu.

Judul ini sangat populer di platform baca online Wattpad hingga termasuk dalam judul yang mendapatkan penghargaan tahunan oleh Wattpad, yaitu Wattys 2019.

Sejak kemunculannya di platform tersebut, judul ini sudah dibaca sebanyak lebih dari 6 juta kali dan mendapat lebih dari 350.000 vote.

Ya, novel ini adalah Romankasa yang ditulis oleh Killmill.

Sinopsis Novel Romankasa

Sama seperti novel romcoms pada umumnya yang ringan, menghibur, dan mudah dibaca, novel ini menceritakan kisah romantis sang tokoh utama yaitu seorang gadis bernama Clarissa.

Sasa, sapaan akrab Clarissa, memiliki saudara kembar bernama Clarinna.

Meski kembar, perlakuan yang mereka terima dari sang ayah sangat berbeda.

Sejak kecil, Nana, panggilan akrab Clarinna, adalah seorang anak yang sempurna di mata ayah mereka.

Pintar, supel, punya banyak teman, berprestasi dalam banyak bidang.

Sedangkan Sasa adalah gadis cuek dan tertutup yang selalu sibuk dalam dunianya sendiri, yaitu buku-buku roman favoritnya.

Karena itulah, sejak kecil sang ayah selalu menuntut Sasa untuk bisa seperti kembarannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Awalnya, Sasa selalu bisa melarikan diri ke dunia novel romannya.

Namun lama-kelamaan, Sasa tidak tahan lagi dan memutuskan untuk berhenti melarikan diri ke novelnya, tapi benar-benar melarikan diri dari rumah.

Sasa bertekad berjuang dan hidup sendiri jauh dari keluarganya agar bisa membuktikan pada sang ayah kalau dia bukanlah bayang-bayang Nana, kalau dia bisa sukses dengan hal yang dia sukai sendiri.

Sayangnya, semua tidak semudah cerita yang dia baca di novel roman kesayangannya.

Sasa yang selama ini selalu sibuk dengan dunianya sendiri dan tidak pernah mau bersosialisasi dengan orang lain, harus mulai mempersilakan orang lain masuk dalam dunianya, dalam kesehariannya.

Ditambah lagi, demi menghidupi dirinya, Sasa harus mau bekerja menjadi asisten seorang aktor galak dan perfeksionis bernama Daniel.

Mau tidak mau, dia tidak hanya harus mengurus dirinya sendiri, tapi juga Daniel.

Sasa juga dipaksa melakukan semua tugasnya dengan sempurna, karena kalau tidak, dia akan disambut omelan dari Daniel—yang hampir setiap hari diterimanya selama bekerja.

Tapi ternyata, meski galak dan bersikap dingin pada orang lain di depan umum, Daniel adalah seorang laki-laki yang sangat peduli dan perhatian dengan orang-orang di sekitarnya.

Ini sangat bertolak belakang dengan Sasa yang bisa dibilang tidak terlalu peduli dengan apa pun kecuali dirinya dan novel-novel romannya.

Dari Daniel, Sasa juga mulai bisa memandang dunia dengan cara yang berbeda.

Adegan romantis dan unyu-unyu ditambah bumbu-bumbu komedi membuat interaksi antara Sasa dan Daniel dijamin akan membuat pembaca nyengir-nyengir dan gemas sendiri.

Ditambah lagi, novel ini sangat ringan dibaca sehingga bisa menjadi hiburan di sela-sela rutinitas.

Namun, meski ringan untuk dibaca, banyak pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini, mulai dari soal pentingnya komunikasi dalam keluarga, perjuangan mengejar mimpi, belajar untuk menghadapi dan tidak lari dari masalah.

Penasaran dengan cerita selanjutnya? Kamu bisa membeli buku Romankasa di Gramedia.com atau kamu bisa membelinya di Toko Gramedia terdekat.

Selain itu, kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang dapat kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk segera dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com