Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 7 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

Kompas.com - 26/01/2022, 17:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Make It Happen, Now!
Pengarang: Prita Hapsari Ghozie
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Mencapai kesuksesan di usia muda menjadi salah satu impian banyak orang, walaupun ini bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Sebagai anak muda, kamu harus memiliki ketekunan dan kerja keras untuk menaiki tangga kesuksesan, karena semakin kamu ada di posisi atas maka proses menuju pintu kesuksesan juga akan semakin terbuka.

Tapi sayangnya, tidak sedikit juga orang-orang yang harus jatuh berkali-kali sebelum mereka berhasil mewujudkan impiannya.

Kalau berbicara mengenai sukses di usia muda, “pengusaha” sepertinya masih menjadi salah satu profesi yang diminati banyak orang, karena kamu tidak harus terikat pada orang lain atau sebuah instansi dan bisa menjalankan bisnismu sendiri.

Menjadi seorang pengusaha muda juga tetap membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit.

Saat teman-teman sebaya kamu masih bebas melakukan banyak hal, kamu sendiri harus lebih fokus untuk mengejar impian.

Tapi dengan fokus dan kerja keras, kamu bisa selangkah lebih maju dibanding teman-temanmu yang lain karena kamu sudah lebih dulu terjun dalam dunia kerja, bahkan mungkin kamu sudah berhasil memiliki bisnis sendiri.

Untuk lebih lengkapnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses berikut ini.

7 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Usia Muda

1. Menetapkan Tujuan Hidup

Tujuan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dimiliki oleh para pengusaha muda, karena orang yang sukses biasanya sudah memiliki keinginan yang kuat dan tujuan hidup yang jelas.

Tapi sayangnya, masih banyak anak-anak muda yang memilih untuk menghabiskan masa mudanya hanya untuk bersenang-senang tanpa memikirkan dampaknya di kemudian hari.

Padahal, kesenangan ini hanya bersifat sementara.

Untuk itu, lebih baik kamu menginvestasikan waktu luang yang kamu punya untuk menetapkan tujuan hidup kamu dalam 10 atau 20 tahun ke depan.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan hidup kamu hari ini akan memengaruhi jalan hidupmu di masa depan.

Jadi cobalah untuk fokus menjalani dan menghadapi tantangan yang ada saat ini supaya kamu bisa menikmati kesuksesan di masa depan.

2. Memiliki Sikap Pantang Menyerah

Dalam menetapkan tujuan hidup, sikap pantang menyerah juga tidak boleh ketinggalan, karena saat kamu mengalami kegagalan, kamu tidak akan berhenti dan menjadikannya sebagai sebuah pelajaran yang berharga.

Setiap pengusaha pasti akan mengalami masa jatuh bangun dalam mengembangkan bisnisnya, tapi sebagai anak muda yang punya mimpi untuk sukses, kamu harus selalu menanamkan pikiran yang positif dan memiliki sikap pantang menyerah dalam diri kamu.

3. Jangan Takut untuk Memulai

Banyak orang yang merasa kesulitan untuk keluar dari zona nyaman dan merasa takut akan gagal bahkan sebelum memulai pertandingan, padahal pikiran negatif inilah yang akan membuat kamu sulit untuk maju dan berkembang.

Padahal, selama kamu tidak melakukan sesuatu yang merugikan orang lain, maka lakukanlah impianmu dengan segera dan jangan pernah takut untuk memulainya, karena semua yang kamu kerjakan ini tidak akan sia-sia, jadi jangan pernah takut untuk memulai sesuatu.

4. Memilih Jenis Bisnis yang Sesuai dengan Minat

Dengan memilih jenis usaha atau bisnis yang sesuai dengan minat kamu, maka kamu tidak akan setengah-setengah dalam menjalaninya walaupun dihadapkan dengan banyak kompetitor.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jadi, jangan sekadar berbisnis dengan ikut-ikutan tren, karena hal ini biasanya tidak akan bertahan lama dan malah membuat kamu jadi tidak percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki.

Contohnya, kamu punya ide untuk berjualan makanan karena melihat keadaan pasar yang sedang ramai pada usaha makanan, padahal kamu sendiri tidak suka dan tidak punya keahlian memasak, maka hal ini nantinya malah akan menimbulkan masalah.

Sebaliknya, kamu memiliki minat dan bakat dalam menulis berbagai macam artikel, dan kamu menjadikan ini sebagai ladang bisnis, maka kamu bisa senang menjalaninya dan bahkan bisa mendapatkan banyak keuntungan.

5. Membuat Target Tertentu

Saat kamu membuka sebuah bisnis, kamu juga wajib memiliki target yang harus kamu tempuh dalam 6 bulan sampai 1 tahun ke depan.

Karena jika tidak, maka bisnis yang kamu jalankan hanya akan berjalan di tempat dan tidak memiliki perkembangan yang signifikan, jadi penentuan target dalam jangka pendek maupun jangka panjang akan sangat dibutuhkan.

Kamu bisa mencatat berbagai pencapaian yang kamu raih dalam jangka waktu tersebut, jika semuanya tercapai maka target kamu bisa dikatakan berhasil, namun jika tidak, maka kamu harus mencoba mempertimbangkan banyak hal sebelum memperbaharui target bisnis kamu.

6. Memperluas Jaringan atau Relasi

Jaringan atau relasi juga menjadi salah satu hal yang penting bagi kesuksesan para pengusaha muda, apalagi untuk kamu yang tidak memiliki banyak modal.

Jadi jangan pernah ragu untuk menjalin hubungan baik dengan banyak orang dari berbagai kalangan, karena kamu tidak tahu siapa dari mereka yang akan membantu kamu dalam mencapai kesuksesan dalam bisnismu.

7. Jangan Lupa untuk Menyisihkan Pendapatan

Setelah berbagai proses panjang yang harus kamu lewati, maka kamu akan menyadari bahwa tidak ada orang yang sukses hanya dengan hidup berfoya-foya saja, jadi menyisihkan uang untuk ditabung adalah salah satu hal yang sangat penting.

Saat bisnis kamu berhasil mendapatkan keuntungan yang melebihi target, maka kamu harus segera memanfaatkannya untuk membayar lunas tagihan bulanan kamu, dan jangan lupa menyisihkan sekian persen untuk tabungan dan investasi.

Kamu bisa membuat rekening khusus yang menjadi tempat untuk menyimpan uang tabungan kamu, jadi pengelolaan keuangannya bisa lebih tertata dan kamu juga tidak akan mudah tergoda dan sembarangan dalam menggunakan uang yang kamu punya.

Tidak peduli tua atau muda, setiap orang memang berhak untuk meraih kesuksesan, jadi jangan hanya bermimpi saja, tapi kamu juga harus bisa untuk mencoba mewujudkannya.

Untuk itu, kamu bisa coba untuk membaca buku Make It Happen, Now! yang ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie.

Keuangan menjadi salah satu aspek yang paling penting dalam berbagai hal, salah satunya dalam menciptakan sebuah bisnis.

Buku ini akan merangkum berbagai tahapan perencanaan keuangan yang akan membantu kamu membangun bisnis atau mewujudkan banyak impian kamu yang lainnya, karena anak muda saat ini tidak boleh hanya berdiam diri saja tanpa melakukan apa-apa.

Dengan bahasa yang santai dan ilustrasi yang menarik, buku ini juga berhasil memberikan gambaran mengenai kisah-kisah anak muda yang berhasil dan sukses dalam bidangnya masing-masing, sehingga akan membuat kita termotivasi untuk ikut menjadi salah satu bagian dari mereka.

Jadi, tunggu apalagi? Kamu bisa mendapatkan buku yang satu ini dengan membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa ada minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk dapatkan voucher nya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com