Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Familia Ante Omnia, 37 Tahun Elex Media Komputindo

Kompas.com - 15/01/2022, 09:18 WIB
Dok. Elex Media Komputindo
Rujukan artikel ini:
Better Me: Sebuah Seni untuk…
Pengarang: Anna Silvia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Januari 2021 - Dunia saat ini masih dibayangi oleh potensi pandemi berkepanjangan. Jika pandemi Covid-19 itu sendiri diklaim banyak pihak sudah mulai dapat diatasi, tetapi setidaknya dampaknya masih akan kita rasakan dalam beberapa tahun ke depan, terutama dalam bidang ekonomi dan sosial.

Situasi menjadi tidak pasti, dan ketidakpastian ini adalah musuh dari industri-industri yang selama ini sudah mapan, terberangus dalam zona nyamannya.

Elex Media Komputindo sebagai salah satu dari industri tersebut, yang telah 37 tahun malang melintang di dunia penerbitan buku di Indonesia, juga menyadari hal tersebut.

Untuk itulah, justru di tengah situasi serba tidak menentu ini, kami membuat sebuah keputusan penting, yakni meredefinisi arah penerbitan kami dengan sebuah tujuan yang baru, yakni “penerbit konten berbasis keluarga” (family–based content publishing).

Familia Ante Omnia

Familia ante omnia, adalah sebuah frasa latin yang mendasari sekaligus menyadarkan kami untuk mempertajam fokus ke arah keluarga. “Keluarga (dulu) sebelum yang lainnya”, kira-kira demikian makna frasa tersebut, dan untuk situasi dan kondisi masyarakat saat ini hingga seterusnya, makna tersebut akan selalu kontekstual.

Kami sadar bahwa selama 37 tahun ini kami telah menjangkau semua anggota keluarga di Indonesia melalui buku-buku kami, mulai dari buku anak, komik, buku pengetahuan anak, buku kesehatan, buku pengasuhan anak (parenting), hingga buku bisnis, komputer, sosial, sejarah, bahkan buku spiritualitas dan agama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Semua variasi tema tersebut nantinya tidak lagi hanya muncul dalam rupa buku, baik cetak maupun digital (e-book), melainkan lebih ke arah multimedia, multiplatform, dan multichannel.

Inilah yang disebut sebagai konsep “content publishing”, yakni sebuah penerbit yang menjadi “rumah” untuk mewadahi berbagai ide bersama antara penulis, editor, desainer, serta komunitas pembaca, yang berpotensi melahirkan berbagai macam produk melalui beraneka ragam platform.

Dengan konsep tersebut, nantinya kami akan mempertajam fokus untuk turut semakin mencerdaskan sekaligus menjadi sahabat semua keluarga Indonesia dengan konsep home edutainment berbasis konten-konten kami yang edukatif dan menghibur, sesuai dengan platform yang diterima oleh generasi kini dan nanti.

Harapan Elex Media Komputindo

Sekali lagi, Elex Media menyambut lembaran baru ini dengan sukacita, sebagai keluarga besar industri pengetahuan dan hiburan, yang beranggotakan pula para penulis, pembaca setia kami hingga para partner bisnis kami.

Ini pula yang menjadi inspirasi tema “New Home As A Family” di hari ulang tahun Elex Media yang ke-37.

Dengan konsep family-based content publishing, harapannya, Elex Media dapat semakin menyebarkan kebaikan melalui pendidikan, pengetahuan dan hiburan.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com