Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lagi Kesepian, Tahun Baru 2022 akan Bertabur Buku Seru Untuk Menemani Harimu

Kompas.com - 31/12/2021, 13:09 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Petualangan Jack & Piggy Natal
Pengarang: J.k. Rowling
Penulis Andi Tarigan
|
Editor Ratih Widiastuty

Pandemi telah usai. Masker, cuci tangan, jaga jarak, dan segala macam pembatasan mulai terlihat ujung akhirnya.

Pengembangan vaksin dan anti-virus terus menapakkan kemajuan dan semakin efektif menghalau berbagai mutasi virus.

Tahun-tahun penuh kecemasan akan segera terlewati.

Perjumpaan dengan keluarga dan para sahabat yang telah sekian lama tertunda mulai direncanakan. Takkan ada lagi penyekatan dan perintah untuk “wajib tinggal di rumah”.

Itulah sejujur-jujurnya harapan sebagian besar orang di muka bumi ini.



Buku Menjadi Pengobat Kesepian Saat Dunia Terisolasi

Bicara soal harapan, seorang kawan pernah menceritakan salah satu pengalaman kelamnya selama pandemi.

Satu malam, ketika merasa teramat kesepian, dia ingin segera mengakhiri hidupnya. Kesendirian itu menakutkan, begitu dia bercerita.

Dalam keadaan terisolasi, berbagai suara aneh muncul di pikirannya, mengacak-acak perasaannya, menguak kembali masa lalunya, mengobrak-abrik masa depan yang dibayangkannya.

Beruntung, niat untuk menyudahi hidup itu tak terjadi. Semua itu adalah karena buku. Buku menjadi penolongku, benar-benar penolong yang membuatku mengurungkan niat untuk mengakhiri semuanya. Begitu dia bercerita.

Buku menjadi kawan yang menemani dan menghiburnya ketika dia tak tahu harus bicara dengan siapa pun.

Baginya, buku sekaligus menjadi guru yang mengajarinya untuk tetap hidup sehat dan waras di masa-masa penuh kesimpang-siuran.

Seorang kawan lain berkisah bahwa gejolak perasaan yang sebelumnya sulit diungkapkan akhirnya menemukan kalimatnya setelah dia membaca buku.

Lembar-lembar yang dibacanya telah mendorongnya untuk jujur pada diri sendiri. Krisis dan kesendirian bukan akhir dari segalanya, begitu seorang kawan menyimpulkannya.

Bagi yang lain, buku merangsang ide-ide brilian yang akan dia lakukan setelah pandemi ini berlalu.

Satu hal yang paling mengasyikkan baginya adalah ketika dia bisa mencoba berbagai menu masakan terkini dari buku-buku resep.

2022 Akan Bertabur Buku Seru Untuk Semarakkan Harimu

Berbagai kisah itu muncul ketika Penerbit Gramedia Pustaka Utama menyelenggarakan sayembara penulisan dan video bertajuk “buku dan pengalamanku selama pandemi”.

Tak ketinggalan juga kisah beberapa kawan yang kehilangan pekerjaan, kemudian mulai mempelajari keterampilan baru dari buku, dan berhasil mempertahankan hidup keluarganya.

Ada begitu banyak kisah yang menyentuh sekaligus mencerahkan. Benang merah dari kisah itu jelas sekali: kehadiran buku telah menghibur, membesarkan hati, dan memberikan harapan.

Membaca kisah-kisah tersebut, sebagai penerbit buku, Gramedia Pustaka Utama merasa semakin mantap dengan jalan yang telah dipilih dan ditempuh selama hampir 50 tahun ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam semangat “badai pasti berlalu,” kami telah memilihkan judul-judul yang semoga dapat menjadi kawan seperjalanan di tahun 2022.

Di kategori anak, di awal tahun, tim redaksi telah menyiapkan karya J.K. Rowling yang telah lama ditunggu, Petualangan Jack and Piggy Natal.

Bersamaan dengan itu juga telah disiapkan enam judul My First Encyclopedia yang hadir dengan kecanggihan teknologi augmented reality.

Di kategori fiksi, tim redaksi telah menyiapkan judul-judul terkini dari genre Asian Literature. Judul unggulan yang termasuk dalam kategori ini adalah Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama, karya Keigo Higashino, yang sebelumnya telah sukses dengan Keajaiban Toko Kelontong Namiya.

Tak hanya itu, judul-judul baru dari penulis-penulis keren, seperti Almira Bestari, Ika Natassa, Jessica Jung, aliaZalea, dan Lexie Xu, juga telah disiapkan untuk segera terbit.

Tak ketinggalan, di bidang sastra, karya penulis perempuan seperti Cyntha Hariadi, Ratih Kumala, Ramayda Akmal, dan Inggit Putria Marga akan mewarnai judul-judul di tahun 2022.

Di awal tahun, kita akan dapat menikmati kumpulan puisi dan cerpen karya Joko Pinurbo. Setelahnya, novel terbaru Eka Kurniawan akan terbit, yang judulnya akan menjadi kejutan bagi semua.

Di kategori nonfiksi, sebagai pembuka, tim redaksi telah menyiapkan tema besar tentang “pengendalian dan kesadaran diri.”

Beberapa judul yang telah disiapkan adalah How to be Stoic (Stoik: Apa dan Bagaimana) karya Massimo Pigliucci yang menjadi rujukan untuk memahami Stoikisme.

Juga, Everyday Stoic (Setiap Hari Stoik) karya Ryan Holiday, yang podcast-nya telah diunduh 70 juta kali.

Tak ketinggalan Things Left Behind karya Kim Sae Byul & Jeon Ae Won, juga judul terbaru Simon Sinek, The Infinite Game, yang sebelumnya telah merajai peringkat buku laris dengan judul Start with Why, Find your Why, dan Leaders eat Last.

Mengulangi kesuksesan Atomic Habits, tim redaksi juga telah menyiapkan judul Tiny Habits (BJ Fog), Think Again (Adam Grant), dan Noise (Daniel Kahneman).

Sebagai kejutan, tim redaksi juga telah menyiapkan dua judul yang telah dinanti-nanti oleh para penggemar garis keras buku gizi anak dan masakan.

Dua judul itu adalah seri Mommyclopedia karya Dr. dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K) dan Xander’s Kitchen karya Junita.

Keduanya akan saling melengkapi: Mommyclopedia menjadi panduan nutrisi untuk menu anak 2–5 tahun, Home Cooking ala Xander’s Kitchen menjadi rujukan untuk menu keluarga yang nikmat dan mudah dibuat. Kedua judul ini digadang-gadang akan menjadi “the next megabestseller”.

Jika seluruh kategori digabungkan, yang terentang dari kategori fiksi remaja, dewasa, dan anak, pengembangan diri, bisnis dan ekonomi, biografi, hingga puisi, Gramedia Pustaka Utama merencanakan sekitar tiga ratusan judul pilihan di 2022.

Dari judul-judul yang telah disiapkan itu, tim redaksi sepakat untuk menyodorkan tema-tema yang menghibur, menantang, sekaligus mencerahkan untuk melangkah mantap di tahun yang penuh dengan petualangan baru.

Mengutip kata-kata di buku terbaru Matt Haig, The Comfort Book, “Inilah buku yang bisa kita baca selagi kita membutuhkan kebijaksanaan seorang teman, kenyamanan sebuah pelukan, atau pengingat bahwa harapan datang dari tempat-tempat yang tidak terduga. Tiada yang lebih kuat daripada harapan kecil yang tak akan menyerah.”

Semua buku terbaru dari Gramedia Pustaka Utama bisa didapatkan di www.gramedia.com dan seluruh toko buku Gramedia di kotamu.

Selamat tahun baru, pecinta buku.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com