Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doa Nabi Yunus yang Bisa Diamalkan

Kompas.com - 12/03/2024, 16:00 WIB
Doa Nabi Yunus  Sumber Gambar: Freepik.com Doa Nabi Yunus 
Rujukan artikel ini:
Doa & Dzikir Harian Sesuai…
Pengarang: Romy Hernadi & Assyifa…
|
Editor Puteri

Kisah Nabi Yunus ketika ditelan ikan paus merupakan satu di antara pelajaran paling berharga untuk kehidupan umat manusia, khususnya saat umat muslim tengah didera berbagai musibah atau cobaan.

Kisah Nabi Yunus ini sampai tertulis dalam Al-Quran surah Al-Anbiya ayat 87, yakni dikisahkan Nabi Yunus berada di dalam perut ikan paus selama 40 hari.

Saat dihadapkan pada situasi yang mengancam tersebut, Nabi Yunus senantiasa selalu memanjatkan doa secara terus-menerus dengan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT agar dapat terbebas dari persoalan yang sedang dihadapinya.

Melalui kehendak serta kuasa Allah SWT, Nabi Yunus masih bisa bertahan hidup dan keluar dari perut ikan paus dalam kondisi masih bernapas.

Melalui kisah Nabi Yunus ini mampu mengajarkan pada kita semua tentang kesabaran serta ketabahan saat dilanda permasalahan yang datang secara bertubi-tubi.

Oleh karena itu, doa Nabi Yunus amatlah penting untuk diketahui oleh umat muslim agar bisa berserah diri kepada Allah SWT untuk meminta pertikaian ketika diterpa musibah.

Meskipun banyak sekali cara yang bisa dilakukan saat diterpa musibah maupun permasalahan hidup, selain berikhtiar kita juga dianjurkan untuk turut memanjatkan doa.

Salah satu doa yang bisa dibaca ketika diterpa masalah adalah doa Nabi Yunus.

Berikut doa Nabi Yunus yang bisa dipanjatkan saat menghadapi permasalahan duniawi.

Doa Nabi Yunus Beserta Artinya

Doa Nabi Yunus menjadi salah satu doa yang paling mustajab dan tertulis dalam kitab suci Al-Quran.

Doa ini diamalkan oleh Nabi Yunus AS ketika ditelan paus untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Beliau memanjatkan doa yang berasal dari potongan ayat ke 87 surah Al-Anbiya yang berbunyi:

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

Laa ilaaha illa Anta, subhanka innii kuntu minaz zalimim

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”. (QS. Al Anbiya: 87).

Nabi Yunus sendiri terjebak selama 40 hari di dalam perut ikan paus, dan selama itu pula ia memohon pengampunan kepada Allah SWT.

Akibat kesungguhannya, Allah SWT mengabulkan serta mengeluarkan Nabi Yunus dari dalam perut ikan paus dalam keadaan hidup.

Tafsir Doa Nabi Yunus

Kisah Nabi Yunus yang berhasil keluar dan selamat dari dalam perut ikan paus merupakan suatu bukti dari kebesaran dan kuasa Allah SWT.

Sebelum mengalami peristiwa tersebut, Nabi Yunus pergi meninggalkan umatnya yang keras kepala.

Mereka terus berpaling dan menyekutukan Allah SWT.

Allah SWT pun menegur sikap acuh tersebut yang tercantum dalam firman-Nya di surah Al Anbiya ayat 87 yang berbunyi:

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

Wa zan-nuni iz zahaba mugadiban fa zanna allan naqdira ‘alaihi fa nada fiz-zulumati alla ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minaz-zalimin.

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), saat ia pergi dalam kondisi marah, kemudian ia menduga jika Kami tak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia berseru dalam keadaan sangat gelap: ‘Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang zalim.”

Selain doa Nabi Yunus, kamu juga bisa membaca dan mempelajari doa dan dzikir lainnya melalui buku Doa & Dzikir Harian Sesuai Sunnah Nabi yang akan cocok dibaca untuk memperdalam hafalan doa.

Buku ini berisi kumpulan doa sehari-hari yang wajib untuk diketahui oleh umat muslim.

Doa-doa yang ada di dalam buku ini adalah doa yang dikutip dari hadis Rasulullah SAW, lengkap dengan tulisan Arab, latin, terjemahan, hingga penjelasannya.

Tampilan halamannya yang menarik serta ditambah dengan ilustrasi sebagai pelengkap, menjadikan buku ini cocok dibaca oleh siapa saja.

Yuk, tunggu apa lagi, segera pesan dan dapatkan buku Doa & Dzikir Harian Sesuai Sunnah Nabi di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com