Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Contoh Kompetisi dalam Kebaikan yang Harus Ditiru

Kompas.com - 27/02/2024, 12:00 WIB
 Contoh Kompetisi dalam Kebaikan  Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Kompetisi dalam Kebaikan 
Rujukan artikel ini:
Chicken Soup For The Soul:…
Pengarang: Amy Newmark
|
Editor Ratih Widiastuty

Sebagai umat manusia tentunya kita selalu ingin berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan sesuai dengan perintah agama.

Meskipun kompetisi dalam kebaikan sering dikaitkan dengan persaingan untuk mendapatkan keuntungan atau kemenangan, tapi kompetisi juga bisa dipakai sebagai media untuk mendorong kolaborasi, kemajuan, serta tujuan bersama.

Kompetisi dalam kebaikan sendiri dapat diartikan sebagai adu kemampuan atau persaingan yang bertujuan untuk mencapai hasil positif serta menguntungkan, baik bagi individu maupun kelompok.

Kompetisi dalam kebaikan juga harus dilakukan sesuai dengan etika dan kejujuran sehingga usaha dalam mencapai tujuan tidak merugikan orang lain ataupun lingkungan.

Kompetisi yang dijalankan dengan fair play tanpa adanya usaha kecurangan, pastinya akan menjadikan semua pihak yang terlibat dapat memperoleh manfaat dari proses tersebut.

Kompetisi dalam kebaikan akan memicu motivasi individu maupun kelompok untuk berkontribusi terhadap masyarakat serta lingkungan lewat cara yang positif.

Kompetisi dalam hal kebaikan merupakan proses persaingan yang bertujuan demi mencapai hasil yang positif bagi individu, masyarakat, atau lingkungan, sesuai dengan koridor yang tidak merugikan siapa pun.

Lalu, apa saja contoh kompetisi dan kebaikan yang bisa diimplementasikan? Berikut beberapa contoh kompetisi kebaikan yang dapat ditiru.

5 Contoh Kompetisi dalam Kebaikan

1. Berbagi Rezeki

Bersedekah dapat menjadi kompetisi dalam kebaikan yang selain mampu membantu orang-orang yang sedang membutuhkan, sedekah juga bisa memberikan kebahagiaan.

Bersedekah tidak hanya dapat diberikan pada sesama manusia saja, tapi berbagi rezeki pada makhluk hidup lainnya pun dapat dilakukan.

Contohnya dengan memberikan makanan dan minuman pada kucing jalanan bisa menjadi pilihan.

Tidak hanya melakukan street feeding, melakukan steril pada kucing jalanan juga dapat membantu mengontrol populasi kucing yang membludak.

2. Menuntut Ilmu

Berkompetisi dalam hal menuntut ilmu merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan wawasan sekaligus sudut pandang yang luas.

Ilmu dan wawasan yang luas tentunya akan membuat kualitas hidup menjadi jauh lebih baik sehingga mampu melihat setiap masalah dengan kepala yang dingin.

Melalui belajar akan membukakan peluang dan kesempatan yang besar untuk memperoleh kehidupan yang jauh lebih baik.

Menuntut ilmu sampai di penghujung usia tentunya mampu membentuk pribadi yang tidak cuman sekedar cerdas, tapi juga berbudi pekerti.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Menjaga Lingkungan

Kondisi Bumi yang sekarang ini boleh dibilang semakin memprihatinkan tentunya sudah menjadi alarm bagi kita sebagai manusia untuk mulai berkompetisi dalam menjaga lingkungan.

Menjaga tempat tinggal dari kehancuran tentunya adalah langkah yang akan membantu generasi selanjutnya.

Membuang sampah pada tempatnya, tidak konsumtif, sampai menanam pohon adalah langkah kecil yang bisa dilakukan dalam menjaga lingkungan.

Pasalnya, lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat Bumi menjadi lebih panjang umur dalam menampung kehidupan umat manusia.

4. Menyebarkan Kebaikan

Menyebarkan kebaikan merupakan salah satu bentuk ibadah yang akan membuat kehidupan terasa jauh lebih layak untuk dijalani.

Berkompetisi dalam menyebarkan kebaikan akan menjadikan kita pribadi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Berbagai kebaikan bisa berupa memberikan pertolongan, bersedekah, atau membagikan ilmu pada sesama.

Berbagi kebaikan akan membuat hati kita semakin kaya dan damai.

5. Bekerja Keras

Berkompetisi dalam hal kerja keras akan membentuk mental yang lebih kuat dan tangguh lagi.

Kerja keras akan memberikan hasil yang sepadan apabila dijalankan dengan sepenuh hati.

Melalui kerja keras, hidup akan terasa lebih berarti untuk diperjuangkan.

Apalagi jika mengingat untuk siapa kerja keras yang kita lakukan selama ini selain bagi diri sendiri dan orang-orang tercinta.

Jika membutuhkan inspirasi dalam berbuat kebaikan, maka buku Chicken Soup for the Soul: Berbagi Kebaikan adalah buku yang tepat untuk dibaca.

Buku ini berisi 101 kisah inspiratif mengenai belas kasih dan tindak kebaikan secara acak.

Buku ini dapat membantu untuk melihat keindahan dalam aksi kecil penuh makna yang bisa membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain.

Terdapat 101 cerita hidup mengenai kelembutan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, dalam buku ini merupakan keindahan dari apa yang kita lakukan.

Pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com