Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita, Bisa Mencegah Penuaan Dini dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kompas.com - 14/08/2023, 09:00 WIB
Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita Sumber Gambar: Kompas.com Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita
Rujukan artikel ini:
Penyakit - Obat Herbalnya -…
Pengarang: Taufik Hidayat
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Sirsak adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari karena rasanya yang enak dan cara pengolahannya yang mudah, bisa dimakan langsung atau dibuat menjadi jus.

Selain daging buahnya yang diklaim mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan, daun sirsak juga sudah sejak lama digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat daun sirsak dan bagaimana cara pengolahannya agar bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah daftar manfaat daun sirsak khusus untuk wanita dan cara pengolahannya agar berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

7 Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun sirsak mengandung senyawa-senyawa yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan juga meningkatkan kesehatan pada bagian pembuluh darah.

Selain itu, daun sirsak juga memiliki efek kardioprotektif, yang bisa melindungi jantung dari kerusakan, sekaligus membantu mencegah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

2. Mencegah Penuaan Dini

Daun sirsak mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat seperti vitamin C dan E yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, kandungan Vitamin C dan asam askorbat yang terdapat pada daun sirsak juga memiliki senyawa yang bisa membantu mencegah penuaan dini, menjaga kulit agar tetap sehat dan bebas dari keriput.

3. Menurunkan Berat Badan

Setiap orang pada umumnya ingin memiliki berat badan yang ideal, sampai banyak yang melakukan berbagai macam usaha mulai dari olahraga sampai mengatur pola makan.

Daun sirsak ini dipercaya bisa membantu melancarkan pencernaan sehingga berat badan juga bisa ikut terkontrol.

Serat yang terdapat pada daun sirsak bisa membantu para wanita dalam memanajemen berat badan, sekaligus membantu mengurangi keinginan untuk makan snack yang kurang sehat dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Mengatasi Masalah Rambut

Daun sirsak mengandung senyawa yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut seperti vitamin C, vitamin B, dan juga zat besi.

Menggunakan ekstrak daun sirsak pada rambut dipercaya bisa membantu memperkuat akar rambut, mencegah kerontokan, mencegah ketombe, dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Mengatasi Gangguan Menstruasi

Daun sirsak sudah lama digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan reproduksi wanita, khususnya masalah menstruasi.

Daun sirsak ini diklaim mengandung senyawa acetogenins yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Senyawa tersebut akan membantu mengurangi nyeri saat menstruasi, mengurangi kram pada perut, dan meningkatkan keseimbangan hormon.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Senyawa bioaktif yang terkandung di dalam daun sirsak memiliki efek stimulasi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa-senyawa ini akan membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan datangnya infeksi atau penyakit tertentu.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan, daun sirsak juga dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan, khususnya dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat, peradangan, dan infeksi kulit.

Daun sirsak memiliki sifat antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, mengurangi produksi minyak berlebih, dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat.

Cara Pengolahan Daun Sirsak

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam mengolah daun sirsak agar tidak menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, dan gangguan pencernaan.

Berikut adalah cara pengolahan daun sirsak yang benar:

  1. Siapkan air di dalam panci dan rebus sampai mendidih.
  2. Masukkan beberapa lembar daun sirsak satu persatu dan mulai kecilkan api.
  3. Rebus daun sirsak selama 10 sampai 20 menit.
  4. Tuang air rebusan daun sirsak ke dalam teko atau gelas dan jangan lupa matikan kompor.
  5. Biarkan air rebusannya dingin terlebih dulu.
  6. Minum air rebusan tersebut setidaknya 30 sampai 40 menit sebelum makan.
  7. Rebusan air daun sirsak ini bisa diminum secara rutin, minimal 2 sampai 3 gelas dalam sehari.

Selain daun sirsak, masih banyak jenis tumbuhan lain yang berkhasiat sebagai obat dan bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Melalui buku Penyakit - Obat Herbalnya - Cara Membuatnya – Khasiatnya, kamu akan mengenal berbagai jenis tanaman obat beserta kandungan dan khasiatnya bagi kesehatan.

Tidak hanya itu saja, buku ini juga akan membagikan tips mengolah tanaman obat yang benar agar tidak menyebabkan efek samping yang justru akan berbahaya bagi tubuh.

Meski tahap penyembuhannya memerlukan kesabaran, tanaman obat bisa dijadikan salah satu alternatif pengobatan herbal yang murah karena bisa dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita.

Kalau ingin tahu isi bukunya lebih lanjut, kamu bisa beli buku ini di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com