Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdapat 4 Jenis IP Address yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja Itu?

Kompas.com - 21/07/2023, 10:30 WIB
jenis ip address Sumber: pixabay/jamesmarkosborne jenis ip address
Rujukan artikel ini:
Jaringan Komputer Dengan TCP/IP Edisi…
Pengarang: Winarno Sugeng
|
Editor Rahmad

Tahukah kamu, kalau setiap perangkat pasti selalu mempunyai IP Address?

Walaupun sering kita abaikan, IP Address ternyata mempunyai peranan yang sangat penting lho. Singkatnya, IP Address merupakan sebuah alamat jaringan yang juga sekaligus identifikasi host.

IP Address adalah sebuah kode yang berisikan angka tertentu dengan cara kerja sama seperti halnya alamat rumah seseorang yang berfungsi untuk mengantar surat.

Tanpa adanya IP Address, maka seseorang akan mustahil untuk bisa mengakses layanan internet.

Biasanya, IP Address dalam format yang sama memiliki angka 32-bit, ditampilkan sebagai empat angka desimal yang masing-masing mempunyai rentang 0 sampai 255, dipisahkan oleh titik. Kemudian, setiap titik rangkaian tiga angkanya disebut dengan octet.

IP Address terdiri dari beberapa jenis. Apa saja itu? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Jenis-jenis IP Address

1. IP Address Publik

Alamat IP Address public merupakan alamat dari Internet Protocol yang dienkripsikan oleh berbagai server atau suatu perangkat.

IP Address ini yang akan digunakan oleh semua perangkat yang ada di luar jaringan internet untuk bisa mengenali jaringan tersebut.

IP Address publik yang ada di internet adalah IP Address yang bisa diakses melalui internet secara lebih luas.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sama halnya dengan alamat pos yang digunakan untuk mengirimkan surat ke rumah, maka IP Address public merupakan suatu alamat Internet Protocol yang memiliki skala internasional, yang berbeda-beda yang ditetapkan ke setiap perangkat komputer.

Server web, server e-mail, dan juga perangkat server jenis apapun yang mempunyai akses langsung ke internet publik merupakan server yang akan memasukkan IP Address mereka ke IP Address public.

2. IP Address Pribadi

Segala hal yang berkaitan dengan jaringan internet tentunya mempunyai IP Address pribadi.

Tidak hanya termasuk komputer, tablet, dan juga smartphone saja, tetapi juga semua perangkat yang mendukung Bluetooth seperti smart TV, speaker, maupun printer juga mempunyai IP Address.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Semakin berkembangnya internet, maka jumlah IP Address milik pribadi juga cenderung meningkat. Router jaringan memerlukan sebuah cara supaya bisa mengidentifikasi hal-hal ini secara terpisah dan Sebagian besar memerlukan cara untuk bisa saling mengenal.

Oleh karena itu, router yang ada di rumah akan menghasilkan IP Address pribadi, yang merupakan pengidentifikasi unik dari setiap perangkat yang kemudian memisahkan jaringan tersebut.

3. Address Statis

IP Address statis merupakan alamat yang tetap dan konisten. Setelah jaringan memberikan IP Address, amak alamat tersebut akan tetap sama dan tidak bisa diubah.

IP Address statis memastikan bahwa situs web serta alamat e-mail yang terkait akan mempunyai IP Address yang konsisten. Maka, penting untuk suatu perusahaan ingin perangkat lain, dapat menemukannya secara konsisten di web.

4. IP Address Dinamis

IP Address dinamis adalah IP Address yang bisa berubah secara otomatis dan juga teratur. Internet Service Provider (ISP) membeli kumpulan besar IP Address dan menetapkannya secara otomatis ke dalam system pelanggan mereka.

Secara berkala, mereka menetapkan ulang serta memasukkan kembali IP Address lama ke dalam kumpulan untuk bisa digunakan bagi pelanggan lainnya.

Alasan dari pendekatan ini adalah untuk bisa menghasilkan penghematan biaya ISP.

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis dari IP Address.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut lagi tentang jaringan komputer atau IP Address, kamu bisa mempelajarinya melalui buku berjudul Jaringan Komputer Dengan TCP/IP Edisi Revisi karya Winarno Sugeng.

Buku tersebut membahas mulai dari konsep dasar dari jaringan komputer, sejarahnya, konsep dasar protocol, pengalamatan internet protocol, Domain Name System (DNS), dan juga routing yang merupakan sebuah dasar dari teori penunjang dalam memahami permasalahan dalam jaringan komputer.

Tidak hanya berisi teori saja, buku ini juga dilengkapi dengan model uji jaringan komputer dengan panduan perencanaan sistem, gambar dari instalasi dilanjutkannya res uji jaringan.

Lengkapnya pembahasan di dalam buku ini diharapkan bisa memudahkan siapa saja yang akan langsung melakukan perencanaan sistem jaringan komputer dengan protocol TPC/IP.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com