Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Untuk Mengamalkan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil yang Tepat

Kompas.com - 04/07/2023, 15:30 WIB
Cara Untuk Mengamalkan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Sumber: pexels/Abdulmeilk Aldawsari Cara Untuk Mengamalkan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil
Rujukan artikel ini:
Dzikir Pagi & Petang
Pengarang: UST. FADLI RAMADHAN
|
Editor Rahmad

Salah satu bacaan dzikir yang mempunyai banyak keutamaan di dalamnya adalah hasbunallah wanikmal wakil.

Dalam dzikir tersebut memiliki makna yang begitu dahsyat. Sebab, makna yang ada di dalam bacaan dzikir tersebut menegaskan tentang semangat tauhid pada diri kaum mukmin.

Tahukah kamu? dengan kita mengucapkan dzikir, maka bisa menjadi sebuah amalan ibadah yang mempunyai pahala yang sangat berlimpah, kemudian kita juga bisa diselamatkan oleh Allah SWT dalam menjalankan segala urusan.

Nah, tentunya kita perlu juga untuk mengetahui cara mengamalkan dzikir hasbunallah wanikmal wakil dengan tepat.

Dengan membacanya secara tepat, maka kita bisa mendapatkan pahala yang mengalir dengan deras dan mampu meresapi makna dari dzikir tersebut.

Jadi, gimana cara mengamalkan dzikir hasbunallah wanikmal wakil yang tepat? Berikut penjelasannya.

Cara Mengamalkan Hasbiallah Wanikmal Wakil yang Tepat

1. Membacanya secara rutin

Cara mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil yang tepat, pertama kita bisa membacanya secara rutin.

Sebab, mengingat Allah tentunya tidak hanya pada saat keadaan tertentu saja.

Maka dari itu, kita dianjurkan untuk mengingat Allah di dalam keadaan apa saja. Sebagaimana yang sudah dijelaskan juga di dalam Al-Quran, dalam surat An-Nisa ayat 103, yang artinya sebagai berikut:

“Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Jadi, dengan mengamalkan bacaan dzikir hasbunallah wanikmal wakil, bisa memberikan khasiat yang dahsyat jika kita membacanya secara rutin dan istikomah.

2. Dibaca sebanyak 450 kali

Biasanya, kita melantunkan dzikir tasbih, takbir, tahlil, dan tahmid sebanyak 33 kali sehabis sholat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Nah, kita bisa menambahkan dengan dzikir dan amalan hasbunallah wanikmal wakil, nikmal maula wanikman nasir yang kalau kita amalkan dengan jumlah tertentu, maka bisa membawa mustajab.

Nabis Muhammad SAW pernah bersabda bahwa Nabi membaca istigfar dalam suatu hari sebanyak 100 kali.

“Al Agharr, salah seorang sahabat Rasulullah, memberitahukan Ibnu Umar (w. 73 H), bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah, karena aku bertaubat seratus kali dalam sehari.’” H.R. Muslim (875 H).

Dzikir hasbunallah wanikmal wakil ini juga bisa menjadi wirid Hasbunallah untuk kekayaan. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan banyak rezeki, maka lakukanlah dzikir hasbunallah wanikmal wakil untuk mendapat kekayaan rezeki.

3. Membacanya di waktu mustajab

Cara mengamalkan hasbunallah wanikmal wakil ini bisa kamu baca juga disaat waktu-waktu mustajab. Berikut adalah waktu yang tepat untuk membaca hasbunallah wanikmal wakil yang mustajab:

  • Setelah melakukan shalat fardhu, ketika sedang berdzikir
  • Seusai melakukan sholat sunnah
  • Di waktu bersujud
  • Saat sepertiga malam ketika bertahajud
  • Ketika sedang turun hujan

Nah, itulah cara yang tepat dalam mengamalkan bacaan dzikir hasbunallah wanikmal wakil supaya kamu bisa memperoleh Rahmat saat membacanya.

Membaca dzikir atau nama-nama pujian kepada Allah bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, pada pengamalannya harus disertai juga dengan niat yang bersih saat membacanya.

Manfaat dzikir di waktu pagi dan petang memang sangatlah banyak. Dzikir pagi dan petang adalah salah satu cara bagi kita untuk bisa mendekatkan diri dan senantiasa mendapatkan perlindungand ari Allah SWT, seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Manfaat dari dzikir pagi dan petang bisa diambil dan kita lakukan baik itu setelah sholat, saat berdiam diri. Kamu bisa mempelajari tentang dzikir pagi dan petang ini melalui buku yang berjudul Dzikir Pagi & Petang karya Ust. Fadli Ramadhan.

Buku yang terdiri dari 209 halaman ini, secara lengkap membahas tentang dzikir, ditinjau dari sudut pengertian dzikir itu sendiri, adab, macam-macam dzikir, dan lengkap juga dengan keutamaan dari masing-masing dzikir tersebut. Melalui buku ini, maka kamu bisa mengetahui bacaan dzikir yang tepat.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com