Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Tahu Pengertian dan Contoh Gerak Non Lokomotor Berikut Ini

Kompas.com - 10/07/2023, 13:00 WIB
Contoh Gerak Non Lokomotor Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Gerak Non Lokomotor
Rujukan artikel ini:
Yuk, Stretching Sekarang! Panduan Peregangan…
Pengarang: dr. Adrian Setiaji
|
Editor Puteri

Dalam setiap aktivitas sehari-hari tentunya diperlukan kontribusi pergerakan otot dan sendi untuk memudahkan berbagai hal yang kita lakukan.

Beberapa anggota tubuh yang sering bergerak antara lain seperti kaki, tangan, kepala, hingga tubuh sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kita.

Tak terkecuali, olahraga juga merupakan salah satu aktivitas yang membutuhkan pergerakan otot dan sendi untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, seperti berjalan, berlari, hingga melompat.

Namun, ternyata, pergerakan dalam olahraga juga bisa dilakukan saat sedang berdiam di satu tempat saja, contohnya ketika melakukan senam lantai, yoga, maupun stretching.

Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika tengah melakukan yoga maupun senam lantai biasanya hanya dilakukan dengan diam di satu tempat saja.

Gerakan ini biasa dikenal dengan sebutan gerak non lokomotor, yaitu aktivitas olahraga yang dilakukan melibatkan seluruh bagian anggota tubuh, namun tidak membuat tubuh berpindah tempat.

Gerak non lokomotor bisa dijadikan alternatif untuk melakukan olahraga tanpa memerlukan ruangan yang luas sehingga meskipun hanya diam di satu tempat, tapi seluruh bagian tubuh masih bisa bergerak.

Olahraga menggunakan gerak non lokomotor sendiri dapat dilakukan di rumah dan tentunya efektif menggerakkan otot dan sendi agar bisa lebih sehat.

Agar lebih memahami gerak non lokomotor, simak penjelasan dan contohnya berikut ini.

Pengertian Gerak Non Lokomotor

Gerak non lokomotor merupakan gerakan yang dilakukan tanpa harus berpindah tempat, yakni cukup dengan bergerak pada posisi yang sama.

Biasanya posisi yang dilakukan pada gerak non lokomotor adalah berusaha untuk mempertahankan keseimbangan tubuh agar tetap stabil serta tidak terjatuh.

Tujuan dari gerak non lokomotor adalah untuk melatih keseimbangan anggota tubuh supaya tidak mudah jatuh dan dapat bertahan meski dalam posisi yang tidak sempurna.

Ada tiga gerakan yang masuk ke dalam kemampuan motorik seorang anak, salah satunya adalah gerak non lokomotor itu sendiri.

Gerakan non lokomotor akan berkaitan dengan beberapa aktivitas seperti mengangkat, menarik, mendorong, memutar, getar, dan menurunkan.

Gerakan non lokomotor tentunya bisa berubah-ubah sejalan dengan tumbuh kembang seorang anak dari masih bayi sampai beranjak dewasa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu, kemampuan dalam melakukan gerakan non lokomotor mesti dilatih supaya dapat tetap optimal dan berkembang dengan baik.

Gerak Dasar Non Lokomotor

1. Geleng Kepala

Geleng kepala merupakan gerakan kepala yang diarahkan ke kiri dan ke kanan.

Biasanya gerakan yang satu ini dilakukan saat sedang stretching sebelum melakukan olahraga berat.

2. Menunduk

Gerakan ini dilakukan dengan menggerakkan kepala ke arah bawah dan masuk ke dalam gerak non lokomotor karena hanya kepala saja yang bergerak.

3. Menoleh

Menoleh hampir mirip seperti geleng kepala, tapi bergerak satu arah saja tidak berulang-ulang seperti gerakan geleng kepala.

4. Mengayun

Gerakan mengayun bisa dilakukan dengan cara mengayunkan lengan sebagai pemanasan atau stretching sebelum melakukan olahraga.

5. Memutar

Gerakan memutar bisa dicoba dengan memutarkan lengan, pinggang, pergelangan kaki, hingga tubuh.

6. Membungkuk

Membungkuk merupakan gerakan menunduk dengan memosisikan tubuh menjadi 90 derajat dan menghadap ke bawah.

7. Menekuk

Menekuk merupakan gerakan melipat bagian anggota tubuh yang tidak jarang pula digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

8. Memuntir Tubuh

Gerakan ini bisa dicoba dengan memutar sebagian tubuh, namun posisi kaki tetap tidak bergerak.

Gerak non lokomotor memang kerap kita temukan juga pada gerakan-gerakan pemanasan atau stretching sebelum melakukan olahraga.

Jika ingin mengetahui variasi gerakan-gerakan stretching lainnya, buku Yuk, Stretching Sekarang!: Panduan Peregangan untuk Kesehatan Anda bisa menjadi opsi mencari informasi yang sesuai.

Buku ini berisi tentang masalah struktur otot dan stretching yang akan sangat bermanfaat untuk tetap menjaga kesehatan anggota tubuh dengan melakukan gerakan yang tepat dan akurat.

Stretching sendiri sangat berguna untuk mengatasi otot yang kaku, mencegah terjadinya cedera otot, serta memperbaiki posisi dan postur tubuh yang salah.

Segera pesan dan beli bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com