Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan Khas Aceh Terpopuler yang Ikonik dengan Kelezatannya

Kompas.com - 19/06/2023, 12:30 WIB
Makanan Khas aceh Terpopuler Photo by NI Luh Made Pertiwi F on Kompas.com Makanan Khas aceh Terpopuler
Rujukan artikel ini:
Seri Budaya Kuliner: Telisik Kuliner…
Pengarang: Litbang Kompas
|
Editor Rahmad

Indonesia memang terkenal dengan makanan tradisional yang lezat dari berbagai daerah, termasuk makanan khas Aceh. Ada banyak kuliner Aceh yang populer dan ikonik dengan kelezatannya.

Rempah dan bumbu yang khas membuat kuliner Aceh berbeda dari kuliner daerah lain. Apalagi jika kamu sedang berkunjung ke Aceh, wajib coba makanan khas seperti berikut ini:

Makanan Khas aceh Terpopuler

Apakah kamu punya makanan favorit dari Aceh? Nah, simak penjelasan berikut ini tentang apa saja makanan khas Aceh yang populer dan recomended untuk kamu coba:

1. Mie Aceh

Mie Aceh adalah hidangan olahan mie dengan bumbu khas Aceh yang terkenal dengan rasa pedasnya. Mie ini biasanya disajikan dengan kuah kental yang dibumbui dengan rempah-rempah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan rempah lainnya.

Mie Aceh dapat disajikan dengan berbagai jenis daging, seperti daging sapi, daging ayam, atau daging kepiting.

2. Nasi Gurih Aceh

Nasi Gurih Aceh adalah hidangan nasi khas Aceh yang dihidangkan dengan berbagai lauk-pauk khas seperti gulai kambing, ayam tangkap, rendang, ikan goreng, dan sambal. Nasi Gurih Aceh memiliki aroma yang harum dan rasanya yang lezat.

3. Rujak Aceh

Rujak Aceh adalah hidangan salad buah khas Aceh yang memiliki cita rasa unik. Buah-buahan segar seperti mangga, jambu biji, nanas, dan mentimun dicampur dengan bumbu rujak khas Aceh yang terdiri dari cabai, bawang merah, gula merah, dan air asam.

4. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap adalah hidangan ayam khas Aceh yang digoreng hingga renyah. Ayam ini dibumbui dengan rempah-rempah khas Aceh seperti lengkuas, serai, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Ayam Tangkap memiliki aroma dan rasa yang khas.

5. Sate Matang

Sate Matang adalah hidangan sate khas Aceh yang terbuat dari daging sapi, daging ayam, atau daging kambing.

Sate ini memiliki cita rasa yang unik karena dibumbui dengan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Sate Matang disajikan dengan kuah kacang khas Aceh.

6. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U adalah hidangan sup khas Aceh yang terbuat dari bahan dasar tulang sapi atau kambing. Sup ini disajikan dengan daun kari, serai, jahe, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Kuah Pliek U memiliki cita rasa yang gurih dan kaya rempah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

7. Roti Cane

Roti Cane adalah roti pipih khas Aceh yang mirip dengan roti prata. Roti ini biasanya disajikan dengan kuah kari atau sambal kacang. Roti Cane memiliki tekstur yang lembut di bagian dalam dan renyah di bagian luar.

8. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong adalah hidangan sup khas Aceh yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dimasak dengan kuah bening.

Sup ini ditambahkan dengan sayuran seperti kubis, daun bawang, dan daun ketumbar. Kuah Beulangong memiliki rasa yang segar dan lezat.

9. Keumamah

Keumamah adalah salah satu makanan khas Aceh yang terkenal dan populer. Makanan ini merupakan varian masakan gulai yang menggunakan bahan utama berupa daging sapi, ayam, atau ikan yang dimasak dengan bumbu khas Aceh.

Keumamah memiliki ciri khas kuah yang kental dan kaya rempah. Bumbu-bumbu yang umum digunakan dalam Keumamah antara lain serai, daun jeruk purut, jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Rempah-rempah ini memberikan cita rasa yang khas dan aroma yang harum pada makanan Keumamah.

10. Sambal Ganja

Meski namanya ganja, bukan berarti sambal ini benar-benar terbuat dari ganja ya. Kata ganja ini berkaitan anggapan bahwa siapapun yang memakan makanan ini pasti akan ketagihan.

Sambal ganja ini terbuat dari udang segar tanpa kepala yang dikupas kupas, bawang merah, belimbing, cabai rawit, serai, belimbing, dan garam.

Nah, itulah beberapa makanan khas Aceh terpopuler yang recomended kamu coba. Ada kuliner favoritmu?

Yap, beberapa makanan khas kota Serambi Mekkah di atas juga banyak ditemukan di daerah lain karena kepopulerannya.

Ketahui lebih banyak tentang makanan khas Aceh lewat buku Seri Budaya Kuliner: Telisik Kuliner Aceh. Buku ini akan memberimu banyak informasi tentang kelezatan kuliner Aceh dalam bentuk liputan lengkap yang menarik.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com