Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Arti dari Dasa Darma Pramuka 1-10 Berikut Ini

Kompas.com - 26/06/2023, 13:00 WIB
 Dasa Darma Pramuka 1-10 Sumber Gambar: Freepik.com Dasa Darma Pramuka 1-10
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Pramuka
Pengarang: Team Dap
|
Editor Puteri

Praja Muda Karana atau yang biasa kita kenal dengan Pramuka merupakan suatu organisasi penggerak rakyat yang aktif untuk mengajarkan masyarakat untuk lebih bermoral, berakhlak, budi pekerti luhur, dan berjiwa kepemimpinan yang tegas.

Pramuka memiliki arti filosofi berupa rakyat muda gemar berkarya yang berpegang teguh pada pedoman dasa darma.

Secara bahasa, dasa darma merupakan penggabungan dari dua kata, yaitu dasa dan darma.

Dasa artinya sepuluh, dan darma artinya sebuah perbuatan terpuji, bermoral, dan mulia.

Dengan begitu, dasa darma adalah sepuluh tindakan yang terpuji, bermoral, dan mulia yang terus diajarkan dalam ajaran Pramuka.

Seseorang yang sudah mengabdikan hidupnya pada ajaran pramuka, pasti memiliki dasa darma untuk menjalani hidup karena selalu mampu menanamkan nilai-nilai pekerti yang baik dan bermanfaat bagi orang banyak.

Arti Dasa Darma Pramuka 1-10

Dari tahun 1961 sampai sekarang, dasa darma selalu mempunyai perubahan-perubahan signifikan yang ada pada isi darma itu sendiri.

Perubahan-perubahan isi dasa darma selalu berubah atas dasar kesepakatan dari beberapa musyawarah yang dilakukan sejak tahun 1961.

Kemudian kesepakatan itu berakhir pada tahun 2009 dan berhasil bertahan hingga saat ini.

Berikut ini isi rumusan dasa darma hasil akhir dari musyawarah panjang dari tahun 1961 hingga saat ini beserta arti makna yang terkandung di dalamnya.

1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa

Anggota pramuka harus selalu mempunyai sifat takwa kepada Tuhan dan harus selalu menjunjung tinggi derajat serta martabat sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia.

Setiap anggota pramuka harus selalu menjalankan perintah Tuhan dan selalu menjauhi semua larangannya, serta selalu beribadah sesuai kepercayaan masing-masing anggota.

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Selanjutnya adalah selalu mencintai alam dan selalu memiliki kasih sayang kepada sesama manusia.

Dengan memiliki rasa cinta dan kasih, maka manusia akan mampu mewujudkan ketentraman dalam hidup, serta mampu mewujudkan kehidupan yang aman dan nyaman.

3. Patriot yang Sopan dan Kesatria

Poin ketiga merupakan ajaran kepada setiap anggota bahwa pramuka selalu mempunyai sifat seorang patriot dan kesatria yang tangguh.

Hal tersebut memiliki tanda bahwa setiap anggota pramuka harus selalu memiliki sifat sopan santun dan berjiwa patriot untuk mencerminkan bahwa ia adalah anggota pramuka sejati.

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah

Pada setiap anggota pramuka patut memiliki sifat yang selalu patuh pada perintah yang diberikan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam pembagian tugas, seorang anggota pramuka wajib memiliki sifat tegas dalam bermusyawarah karena dalam mencapai mufakat, setiap anggota harus punya pendiriannya masing-masing.

5. Rela Menolong dan Tabah

Pramuka selalu mengajarkan kepada anggotanya bahwa manusia harus memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi agar bisa menolong setiap makhluk hidup yang ada.

6. Rajin, Terampil dan Gembira

Setiap anggota pramuka harus memiliki kepribadian yang rajin, selalu terampil dalam berbagai hal, dan wajib bergembira dalam setiap momen yang ada.

7. Hemat, Cermat, dan Bersahaja

Anggota pramuka harus selalu pintar dalam menghemat agar mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang terdesak.

Selain itu, anggota pramuka juga harus selalu cermat dalam melakukan perbuatan yang tidak mengganggu asusila, dan harus selalu bersahaja dalam setiap hal.

8. Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya

Setiap anggota pramuka harus memiliki jiwa yang bertanggung jawab besar dan dapat dipercaya ketika diberikan tugas yang berat sekalipun.

9. Disiplin, Berani, dan Setia

Mereka yang berada di bawah naungan pramuka harus selalu disiplin dalam melakukan perintah, berani dalam mengambil suatu keputusan, dan harus selalu setia kepada perintah yang dimilikinya.

10. Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan

Setiap anggota pramuka harus memiliki jiwa yang suci agar bisa selalu berpikir dengan positif.

Pramuka juga harus selalu berhati-hati dalam melakukan perkataan dan perbuatan.

Susunan rumus dasa darma di atas telah dicantumkan dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka yang berdasar pada keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 tahun 2009.

Setiap anggota pramuka wajib menghafal dan mencermati isi makna dari dasa darma pramuka sebagai landasan berorganisasi yang baik dan benar.

Bagi kamu yang bukan bagian dari pramuka juga perlu turut mengamalkan dan menjalankan ajaran-ajaran yang terancang dalam rumusan dasa darma pramuka karena kebaikan yang diajarkannya akan membuat hidup selalu dalam keadaan damai dan tentram.

Jika ingin mempelajari lebih jauh tentang sejarah yang terbentuk dalam organisasi pramuka, kamu bisa membaca Buku Pintar Pramuka yang ditulis oleh Team Dap.

Pada dasarnya kegiatan Pramuka bertujuan untuk melatih generasi muda untuk memaksimalkan segala potensi yang ada dalam dirinya, baik secara intelektual, mental, sosial maupun fisik.

Selain itu, tujuan Pramuka lainnya yaitu membentuk sifat/kepribadian dan akhlak generasi muda yang baik, menularkan cinta tanah air, menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan generasi muda agar menjadi pribadi yang berguna bagi masyarakat dan negara.

Buku ini berisi sejarah Pramuka Indonesia, wawasan umum serta pengetahuan populer Pramuka yang bisa kamu pelajari.

Dapatkan segera Buku Pintar Pramuka hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com