Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Film Luar Angkasa yang Seru dan Menegangkan, Wajib Ditonton!

Kompas.com - 07/06/2023, 16:00 WIB
 Film Luar Angkasa Sumber Gambar: Freepik.com Film Luar Angkasa
Rujukan artikel ini:
Science Wonder Quest : Jelajahi…
Pengarang: GAKKEN PLUS
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Apakah kamu penikmat film-film sci-fi, terutama yang mengambil tema cerita tentang planet dan kehidupan di luar angkasa?

Selain genre romantis, komedi, horor, dan misteri, sub-genre luar angkasa juga masih menjadi favorit banyak orang karena dinilai bisa memberikan pengalaman menonton yang seru sekaligus menegangkan.

Tak hanya itu, film-film tentang planet dan luar angkasa juga bisa membantu menambah wawasan mengenai alam semesta dan isinya yang pastinya belum kamu ketahui sepenuhnya.

Kisah-kisah yang diangkat dalam ceritanya pun cenderung beragam, tidak lupa ditambahkan dengan cerita romantis, action, atau mungkin drama yang tentunya akan membuat kamu penasaran dengan jalan ceritanya.

Berikut ini adalah beberapa film bertema luar angkasa yang seru untuk ditonton.

7 Film Luar Angkasa yang Seru

1. Ad Astra (2019)

Film Ad Astra menampilkan kisah petualangan yang seru dan penuh dengan misteri.

Menceritakan tentang seorang Astronot bernama Roy McBride (Brad Pitt) yang melakukan perjalanan ke bagian tepi luar tata surya.

Perjalanan ini dilakukan untuk menemukan jejak ayahnya yang hilang, sekaligus juga untuk mengungkap misteri yang diduga akan mengancam kelangsungan hidup manusia di planet bumi.

Film ini akan menambah pengetahuan sekaligus membuat penonton kembali berpikir ulang mengenai peran manusia di alam semesta.

2. The Midnight Sky (2020)

Merupakan film fiksi ilmiah milik Amerika Serikat yang di adaptasi dari novel Good Morning, Midnight karya Lily Brooks-Dalton.

Film ini diambil dari 2 sudut pandang yang berbeda, yakni dari sudut pandang seorang ilmuwan tua yang sakit-sakitan bernama Augustine (George Clooney) dan seorang astronot yang sedang hamil tua bernama Sully (Felicity Jones).

Augustine tengah berusaha menghubungi para awak pesawat yang berada di luar angkasa mengenai keadaan planet bumi yang sudah tidak layak huni, di sisi lain, para awak pesawat juga berada di situasi yang penuh ketegangan.

3. Don't Look Up (2021)

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang mahasiswi jurusan astronomi bernama Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) dan profesornya yakni Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio).

Pada awalnya mereka sedang melakukan penelitian mengenai pergerakan benda-benda di luar angkasa, namun kemudian Kate menyadari bahwa ada komet yang bergerak ke arah bumi dan berpotensi membahayakan dalam kurun waktu 6 bulan saja.

Sayangnya, tidak ada satupun orang yang mempercayai penglihatan mereka sehingga keduanya memutuskan untuk memberi tahu kabar ini ke media.

4. Chaos Walking (2021)

Film Chaos Walking merupakan bentuk adaptasi dari novel terkenal The Knife Letting Go karya Patrick Ness.

Film fiksi fantasi ini mengisahkan tentang kehidupan di masa depan yang menyebabkan sebuah kejadian hilangnya kaum wanita dari muka bumi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sampai suatu ketika, Todd Hewitt (Tom Holland) bertemu dengan Viola (Daisy Ridley) di sebuah pesawat yang terdampar.

Sebagai satu-satunya wanita yang tersisa, Viola menjadi target utama serbuan musuh yang tidak diketahui asal-usulnya, dengan bantuan dari Todd, Viola berusaha menyelamatkan diri dan mengungkap misteri yang ada.

5. Moonfall (2022)

Film ini mengisahkan tentang kekuatan misterius yang secara tiba-tiba mampu mendorong bulan untuk mendekati planet bumi.

Peristiwa ini menyebabkan terjadinya revolusi bulan yang lama-kelamaan bisa menyerempet bumi dan menghancurkan kehidupan seluruh manusia yang ada di dalamnya.

Seorang ahli teori konspirasi bernama KC Houseman (John Bradley) berusaha untuk menghubungi NASA untuk melaporkan masalah ini, tapi usahanya selalu menemukan kegagalan.

Di satu sisi, seorang astronot bernama Jo Fowler (Halle Berry) berusaha untuk terbang ke bulan dan menyelesaikan masalah ini, sekaligus juga untuk memberantas makhluk misterius yang mengganggu pergerakan planet-planet di tata surya.

6. Apollo 10 1/2: Space Age Childhood (2022)

Film ini merupakan film animasi yang berlatar luar angkasa, menceritakan tentang kisah pendaratan pesawat Apollo 11 yang ternyata mampu mempengaruhi imajinasi anak-anak tentang kehidupan di luar angkasa.

Film ini akan mengajak penonton untuk mengikuti kehidupan Stanley, seorang anak biasa yang harus merubah dirinya setelah ia mendapatkan tugas dari NASA untuk menjadi astronot yang mendarat di bulan.

Akibatnya, Stan harus menjalani latihan layaknya astronot dewasa, supaya ia bisa memahami seluk-beluk dunia luar angkasa, sayangnya, ia tidak boleh memberi tahu pada siapapun terkait hal ini dan tetap harus menjalani aktivitas layaknya anak-anak pada umumnya.

7. 65 (2023)

Film bertema luar angkasa yang baru saja tayang pada bulan Maret 2023 ini mengisahkan tentang seorang pilot dan astronot bernama Dan Mills (Adam Driver) yang tengah menjalankan sebuah ekspedisi luar angkasa selama 2 tahun.

Meski mengendarai pesawat jet dengan teknologi super canggih, Mills tidak menyadari kalau pesawat tersebut mengalami gangguan sistem yang membuatnya harus menabrak sebuah asteroid dan terdampar di sebuah planet misterius.

Tanpa sadar, Mills sebenarnya mendarat di planet bumi yang pada saat itu masih berada dalam periode Cretaceous (± 65 juta tahun yang lalu), ia kemudian berusaha menjelajahi planet tersebut bersama dengan Koa (Ariana Greenblatt), seorang penyintas yang juga sedang tersesat.

Nah, itulah beberapa daftar film tentang planet dan ruang angkasa yang tentunya seru untuk ditonton sendiri atau bersama keluarga.

Tak hanya film, ada banyak media lain yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu seluk beluk luar angkasa, salah satunya melalui media buku.

Salah satu buku yang bisa kamu pilih adalah buku Science Wonder Quest: Jelajahi Luar Angkasa!.

Buku komik pendidikan ini bisa dinikmati oleh siapa saja, terutama untuk anak-anak dan remaja yang ingin tahu lebih banyak tentang luar angkasa dan kehidupan yang ada di planet tata surya.

Menceritakan tentang perjalanan Seiichi dan July yang terombang-ambing di luar angkasa dan kemudian diselamatkan oleh Crown, makhluk hidup yang misterius.

Mereka akan mengajak para pembaca untuk berpetualang mengelilingi berbagai planet, sampai akhirnya tiba ke dalam sebuah black hole penuh misteri.

Kalau penasaran dengan kelanjutan ceritanya, buku ini bisa kamu dapatkan di toko buku Gramedia dan Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com