Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 5 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia yang Bisa Dijadikan Pilihan

Kompas.com - 22/05/2023, 10:00 WIB
Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Sumber Gambar: Freepik.com Kampus Swasta Terbaik di Indonesia
Rujukan artikel ini:
Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Pengarang: Ana Widyastuti, M.pd
|
Editor Puteri

Bagi calon mahasiswa yang mau melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi tentunya harus mencari tahu terlebih dahulu perguruan tinggi terbaik mana saja yang ada di Indonesia, tak terkecuali perguruan tinggi swasta.

Ketatnya persaingan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri akan menjadikan perguruan tinggi swasta sebuah pilihan yang tepat untuk bisa melanjutkan pendidikan karena secara mutu pun tidak jauh berbeda.

Apalagi, khususnya bagi siswa dan siswi yang sudah mendaftarkan diri di tahun ajaran 2023/2024 tentunya menginginkan kuliah di perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia.

Salah satu lembaga pemeringkat internasional, Scimago Institutions Ranking (SIR), mengurutkan sejumlah perguruan tinggi swasta yang berhasil masuk ke dalam ranking mereka.

Scimago Institutions Ranking sendiri adalah pengklasifikasi lembaga pendidikan yang terkait penelitian dengan menggabungkan tiga indikator, yaitu inovasi, dampak sosial, dan kinerja penelitian.

SIR pun bekerja sama dengan Elsevier yang menerbitkan peringkat jurnal-jurnal di seluruh dunia, yakni Scimago Journal Ranking (SJR).

Di tahun 2023 terdapat sebanyak 59 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik di Indonesia.

Ini menandakan jika kualitas perguruan tinggi swasta pun tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri, sehingga masih bisa dijadikan opsi untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Perguruan tinggi swasta apa saja yang masuk ke dalam daftar ranking SIR?

Berikut 5 kampus swasta terbaik di Indonesia berdasarkan ranking SIR.

5 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia

1. Universitas Bina Nusantara (Binus University)

Binus University mempunyai lokasi yang tersebar di beberapa daerah, seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, dan Malang.

Selain sudah mendapatkan akreditasi ‘Unggul' dari BAN-PT, Binus University juga sukses menyabet gelar “World 5-Star University” dari QS.

Binus University memberikan berbagai macam program dan kegiatan internasional untuk membekali mahasiswa melalui international experience, beberpa programnya sendiri meliputi student exchange, double degree program, internship aboard, hingga international workshop.

Binus University juga populer dengan keahliannya di bidang teknologi dengan program andalannya ialah Apple Developer Academy.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan adalah pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta.

Hingga saat ini, Universitas Ahmad Dahlan mempunyai 11 fakultas dengan lebih dari 50 pilihan program jurusan yang sudah terakreditasi A dan B.

Tidak hanya itu, Universitas Ahmad Dahlan pun mempunyai koneksi kerja sama dengan berbagai universitas ternama di kawasan Asia.

Para mahasiswa pun dapat mengikuti beberapa kegiatan berskala internasional, seperti double degree, student exchange, sampai kegiatan pertukaran budaya.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Terdapat beberapa alasan mengapa Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini mempunyai kelebihan yang patut diperhitungkan, salah satunya adalah letaknya yang berada di jantung kota pelajar Yogyakarta.

Selain itu, dari sisi kualitas, Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga sudah tersertifikasi ISO 9001:2015 per Agustus 2018 bagi sebagian program studi yang dimilikinya.

Dengan slogan “Serviens in lumine veritatis” atau “Melayani dlam cahaya kebenaran, Universitas Atma Jaya Yogyakarta menjadi perguruan tinggi Katolik yang mempunyai proses pendidikan dalam konteks iman Kristiani.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan membantu mempersiapkan masa depan yang lebih cerah untuk para mahasiswanya.

4. Universitas Surabaya (Ubaya)

Universitas Surabaya mempunyai 9 fakultas serta 27 program studi dengan akreditasi A dan berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi seperti Indonesia Green Award (IGA) dalam kategori Green Campus 2016.

5. Universitas Telkom (Tel-U)

Telkom University merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom.

Kampus yang berlokasi di kota Bandung ini mempunyai akreditasi UNGGUL serta menempati peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia versi Kemenristekdikti.

Pilihan-pilihan kampus swasta ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih perguruan tinggi yang tepat sebagai tempat menimba ilmu untuk masa depan yang lebih cerah.

Namun, tentunya terdapat tantangan sendiri apabila telah lulus dari perguruan tinggi di era baru 4.0 ini.

Maka, untuk dapat lebih memahaminya, buku Merdeka Belajar Kampus Merdeka akan membahas era 4.0, di mana perguruan tinggi dituntut untuk merancang serta melaksanakan proses pembelajaran yang menyediakan ruang dan fleksibilitas yang luas bagi mahasiswa dalam menyiapkan dirinya menghadapi dunia kerja.

Pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com