Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Sambal Paling Populer Di Indonesia, Banyak Dicari Dan Disukai

Kompas.com - 19/05/2023, 10:30 WIB
Jenis Sambal Paling Populer di Indonesia Photo by phuonghoangthuy on Pixabay Jenis Sambal Paling Populer di Indonesia
Rujukan artikel ini:
Sambal Maknyus Warisan Nusantara Bikin…
Pengarang: Tiya A. M.
|
Editor Rahmad

Selera pedang orang Indonesia pasti tidak jauh-jauh dari berbagai sambal. Itulah sebabnya, ada berbagai jenis sambal khas Indonesia di setiap hidangan makanan.

Dari beberapa jenis tersebut, ada jenis sambal paling populer di Indonesia karena cita rasanya yang khas.

Jenis sambal tersebut pasti sudah tidak asing bagi mereka pecinta pedas dan sangat mudah ditemukan di kedai-kedai makanan. Bahkan, ada sambal yang jadi menu wajib di meja makan.

Jenis Sambal Paling Populer di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan variasi masakan, termasuk sambal.

Sambal adalah saus pedas khas Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan seperti cabe, bawang, dan bahan-bahan tambahan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis sambal paling populer di Indonesia dengan cita rasanya yang khas dan banyak diburu orang:

1. Sambal Terasi

Sambal terasi dibuat dengan cara mencampurkan terasi (pasta udang yang dibuat dengan cara fermentasi) dengan bahan-bahan seperti cabe, bawang, dan gula merah. Jenis sambal ini memiliki rasa yang khas dan pedas yang sangat populer di Indonesia.

Sambal terasi juga cocok dicocol dengan makanan utama lainnya. Baik dipadukan lauk atau sayuran yang berkuah sekalipun. Itulah sebabnya, jenis sambel ini jadi favorit banyak orang.

2. Sambal Bajak

Sambal bajak terbuat dari cabe, bawang putih, bawang merah, kemiri, terasi, dan gula merah yang dicampurkan dan dihaluskan.

Sambal ini memiliki rasa yang pedas, gurih dan segar karena bahannya di ulek mentah.

3. Sambal Matah

Sambal matah berasal dari Bali dan terbuat dari bahan-bahan seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, serai, dan jeruk nipis yang diiris tipis.

Sambal ini memiliki rasa yang segar dan pedas yang cocok untuk disajikan dengan ikan atau ayam.

4. Sambal Petis

Sambal petis dibuat dengan cara mencampurkan petis (pasta udang yang dibuat dengan cara difermentasi) dengan cabe, bawang, dan gula merah. Sambal ini memiliki rasa yang asin, manis, dan pedas yang khas.

5. Sambal Roa

Sambal roa berasal dari Manado dan terbuat dari ikan roa yang dihaluskan dan dicampurkan dengan cabe, bawang putih, bawang merah, kemiri, dan minyak kelapa. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan asin yang khas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Sambal Goreng

Sambal goreng terbuat dari cabe, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah, dan bahan-bahan lain yang dihaluskan dan digoreng.

Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan gurih serta bisa dimasak dengan toping sebagai menu makanan utama.

Contohnya yang paling populer adalah sambal goreng kentang ati yang juga bisa dicampur dengan petai. Resep sambal goreng kentang ati ini mudah dibuat namun rasanya juara untuk menggugah selera makan.

7. Sambal Ijo

Sambal ijo berasal dari Sulawesi Selatan dan terbuat dari bahan-bahan seperti cabe hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat yang dihaluskan.

Sambal ini memiliki rasa yang segar dan pedas yang cocok untuk disajikan dengan ikan atau ayam.

8. Sambal Kemangi

Sambal kemangi terbuat dari bahan-bahan seperti cabe, bawang merah, bawang putih, kemangi, dan gula merah yang dihaluskan.

Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan segar yang cocok untuk disajikan dengan makanan laut.

9. Sambal Kecap

Sambal kecap terbuat dari bahan-bahan seperti cabe, bawang putih, kecap manis, dan bahan-bahan lain yang dihaluskan.

Sambal ini memiliki rasa yang manis, pedas, dan gurih yang cocok untuk disajikan dengan nasi goreng atau mie goreng.

10. Sambal Bawang

Sambal bawang sangat populer di Indonesia dan biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan berbagai hidangan lainnya.

Sambal bawang memiliki rasa pedas dan sedikit asam, serta aroma yang khas dari bawang merah yang digunakan sebagai bahan utamanya.

Banyak orang di Indonesia yang sangat menyukai sambal bawang dan bahkan menjadikannya sebagai saus wajib yang harus ada di setiap hidangan mereka.

Jika kamu tertarik mengetahui lebih banyak tentang jenis sambal paling populer di Indonesia seperti diatas, maka bisa baca buku Sambal Maknyus Warisan Nusantara Bikin Ketagihan ini. Buku ini juga akan memberi panduan lengkap bagaimana cara membuatnya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com