Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supaya Tidak Membosankan, Ikuti 7 Tips Kenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak

Kompas.com - 10/05/2023, 11:30 WIB
tips kenalkan huruf hijaiyah pada anak pixabay.com/aichbus  tips kenalkan huruf hijaiyah pada anak
Rujukan artikel ini:
Buku Aktivitas: Ayo Mengenal Huruf…
Pengarang: Nova Yenti
|
Editor Rahmad

Sebagai orang tua, pernahkah membayangkan kelak anak-anak bisa dengan fasih melantunkan ayat suci al-quran dengan merdu?

Pastinya membanggakan sekali, ya. Nah, semua itu harus diawali dengan mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak sejak dini.

Mengenalkan huruf hijaiyah pada anak menjadi hal yang penting karena menjadi dasar untuk bisa membaca kitab suci Al-Quran.

Sebab, alfabet pada Bahasa Arab, huruf hijaiyah sangatlah berbeda dengan huruf dalam bahasa Indonesia. Sehingga menjadi hal yang cukup menantang untuk mengajarkan kepada anak.

Tapi, jangan khawatir, berikut ini rangkuman cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk membantu anak dalam mengenalkan huruf hijaiyah ke anak. Dijamin anak tidak akan merasa bosan.

Tips Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak

1. Gunakan flash card untuk mengenalkan huruf hijaiyah

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengenalkan huruf hijaiyah adalah menggunakan flash card.

Flash card adalah kartu-kartu yang mempunyai gambar dan kata-kata. Kartu tersebut sering digunakan untuk menjadi salah satu sarana belajar balita.

Saat ini, sudah banyak yang menjual flash card huruf hijaiyah, kok. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukannya.

2. Berikan ilustrasi gambaran bentuk dari huruf hijaiyah

Huruf hijaiyah berjumlah 30 dan semuanya memiliki bentuk yang berbeda-beda. Nah, supaya anak bisa dengan mudah menghafal bentuknya dengan cepat, cobalah untuk memberikannya ilustrasi dengan objek yang mirip.

Misalnya, kamu bisa mengenalkan huruf “Alif” dengan memberikan gambaran kalau huruf tersebut berdiri tegak seperti tongkat begitu pula dengan huruf-huruf lainnya.

3. Mengajak bermain puzzle

Anak akan lebih mudah dalam mengingat huruf hijaiyah jika menggunakan metode belajar yang tidak membosankan. Nah, salah satu kiat yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak anak bermain puzzle.

Nantinya, si kecil akan memasukkan setiap huruf hijaiyah ke tempat yang sesuai dengan bentuk puzzle tersebut. Kalau dengan cara seperti itu, pasti anak nggak akan mau nolak belajar, deh!

4. Nonton video edukasi di YouTube

Cara mengenalkan huruf hijaiyah ke anak yang selanjutnya adalah dengan menyaksikan video edukasi melalui internet, yaitu melalui video yang ada di YouTube.

Terdapat banyak konten yang secara khusus menyajikan video tentang pengenalan huruf hijaiyah ke anak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak tanggung-tanggung, banyak juga yang sengaja membuat video edukasi pengenalan huruf hijaiyah dalam bentuk animasi kartun. Hal itu bertujuan supaya anak bisa terhibur sekaligus belajar.

5. Melalui lagu

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengenalkan kepada anak melalui lagu-lagu tentang huruf hijaiyah.

Metode ni terbilang sangat efektif karena alunan irama dan nada yang ada dapat dengan mudah membekas di benak si kecil.

Nah, kamu tidak perlu repot-repot untuk menciptakan lagu khusus mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak.

Sebab, saat ini juga sudah banyak video di internet yang berisikan lagu-lagu tentang mengenalkan dan menghafal huruf hijaiyah.

6. Bermain games bersama

Bermain games juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan huruf hijaiyah pada anak.

Pastinya, anak akan merasa senang jika melakukan permainan. Kamu bisa menyelipkan pelajaran huruf hijaiyah saat bermain bersama anak.

Bisa melakukan tebak-tebakan huruf, bermain mencari harta karun dari huruf hijaiyah misalnya, dan lain sebagainya. Pokoknya, libatkan anak supaya bergerak aktif.

7. Melalui buku bergambar

Selain flash card yang penuh dengan gambar, kamu juga bisa memberikan anak buku bergambar huruf hijaiyah. Dengan begitu, anak juga bisa sekaligus berlatih tentang caranya menulis huruf hijaiyah dengan baik dan benar.

Kamu bisa membelikan Buku Aktivitas: Ayo Mengenal Huruf Hijaiyah karya Nova Yeti untuk anak. Karena, buku tersebut dilengkapi juga dengan penjelasan tentang menulis huruf hijaiyah.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang lucu dan kreatif sehingga bisa meningkatkan keinginan anak untuk belajar huruf hijaiyah.

Buku tersebut bisa membantu dalam mengembangkan otak anak, membantu merangsang serta menstimulasi daya ingat anak dan bisa melatih konsentrasi.

Jadi, buku ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk orang tua dalam membantu anak mengenal huruf hijaiyah. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk mengenalkan huruf hijaiyah supaya tidak membosankan. Selamat mencoba, ya!

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com