Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Mainan dari Kardus, Alternatif Pembelajaran yang Menyenangkan Bagi Anak

Kompas.com - 10/05/2023, 13:00 WIB
Cara Membuat Mainan dari Kardus Sumber Gambar: Freepik.com Cara Membuat Mainan dari Kardus
Rujukan artikel ini:
Anak Baik, Pandai Merawat Barang…
Pengarang: Stefi Budi Fauziah
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Kehidupan anak-anak zaman sekarang rasanya hampir tidak akan pernah bisa dilepaskan dari gadget dan media sosial.

Tidak bisa dipungkiri, kebiasaan tersebut nantinya bisa saja membuat anak-anak menjadi anti sosial, sulit beradaptasi dengan lingkungan, sekaligus juga bisa memengaruhi penglihatan anak.

Dalam hal ini, peran orang tua menjadi sangat penting, salah satu cara untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget adalah dengan memberikannya berbagai jenis mainan yang menarik.

Tidak ada salahnya jika kamu membuatkan sendiri mainan untuk mereka dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, misalnya kardus bekas.

Selain dapat menghemat keuangan, membuat mainan dari kardus bekas juga lebih ramah lingkungan sekaligus memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Berikut ini adalah beberapa contoh mainan anak-anak yang terbuat dari kardus dan cara pembuatannya yang bisa langsung dipraktekkan.

7 Cara Membuat Mainan dari Kardus untuk Anak

1. Akuarium Kecil dari Kardus

Kalau kamu punya kardus bekas sereal yang tidak terpakai, kamu bisa ajak si kecil untuk membuat akuarium yang bisa dijadikan mainan sekaligus pajangan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka kardus, lipat, berikan lem ke arah yang sebaliknya sehingga bagian dalam kardus akan menjadi bagian luar.
  • Gunting salah satu sisi kardus agar bentuknya menyerupai jendela.
  • Tempelkan kertas berwarna biru sebagai hiasan air di bagian dalam.
  • Lipat beberapa kertas menjadi bentuk ikan kemudian tempel ikan-ikan tersebut ke dalam kertas panjang yang lebarnya sekitar 1 sampai 2 cm.
  • Agar terlihat seperti nyata, kamu bisa kaitkan kertas panjang tersebut di bagian atas kardus sehingga hiasan ikannya bisa terasa seperti berjalan-jalan saat kertasnya digeser.

2. Mesin Cuci

Anak-anak perempuan biasanya sangat menyukai mainan yang berbau peralatan rumah tangga, salah satunya adalah mesin cuci.

Daripada harus main mesin cuci sungguhan, kamu bisa ajak si kecil untuk membuat mainan mesin cuci simpel yang terbuat dari kardus.

Cara membuatnya cukup mudah:

  • Sediakan kardus dengan ukuran yang agak besar, buat bentuknya menyerupai mesin cuci, kemudian bolongi bagian tengahnya.
  • Jika sudah terbentuk, buatlah beberapa detail lain seperti tombol-tombol agar bentuknya mirip seperti mesin cuci sungguhan.
  • Selesai, kamu tinggal ajak main si kecil dengan mesin cuci mininya.

3. Kotak Surat

Kegiatan surat menyurat saat ini tentu sudah tergantikan dengan adanya gadget dan media sosial.

Namun, tidak ada salahnya untuk mengenalkan si kecil pada sebuah benda yang keberadaannya sangat penting pada zamannya, yakni kotak surat.

Ikuti langkah-langkah pembuatan kotak surat dari kardus bekas berikut ini:

  • Biarkan kardus tetap berbentuk persegi supaya bisa menampung surat-surat yang masuk.
  • Tambahkan kardus berbentuk setengah lingkaran yang berfungsi sebagai penutup bagian atas, dan buan lubang berbentuk persegi panjang yang berfungsi untuk memasukkan surat.
  • Hiaslah kotak surat tersebut sesuai dengan imajinasi si kecil.
  • Pada bagian belakang atau bawah kotak surat tersebut, kamu bisa buat sebuah lubang yang cukup besar agar si kecil bisa mengeluarkan surat-suratnya.

4. Permainan Football Mini

Untuk anak laki-laki yang menyukai sepak bola, kamu bisa ajarkan mereka untuk membuat kreasi mainan sepak bola mini dengan menggunakan kardus bekas.

Permainan football mini akan tampak jauh lebih menarik jika kardusnya memiliki motif, tapi kalau kardusnya polos, kamu tentu bisa gunakan cara lain agar tampilannya terlihat cantik.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu melubangi tiap sisi kardus, kemudian masukkan sedotan berbagai warna.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pasang beberapa clip di sepanjang sedotan yang akan menggambarkan para pemain, kemudian buat bola kecil dari bahan kertas, setelah selesai, football mini siap dimainkan.

5. Kostum Robot

Tak hanya untuk anak-anak, kostum robot ini juga bisa dibuat versi orang dewasa sehingga para orang tua bisa ikut bermain bersama si kecil.

Ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

  • Siapkan 3 sampai 5 buah kotak kardus besar dengan ukuran sedang dan besar, satu kotak kardus besar ini harus seukuran dengan tubuh anak sementara kardus sedang digunakan untuk bagian lengan.
  • Buat 2 lubang pada 2 sisi yang berseberangan di bagian kardus besar, lubang ini berfungsi sebagai tempat keluarnya tangan si kecil saat mengenakan kostum.
  • Buah bentuk kotak atau tabung memanjang sebanyak 2 buah untuk digunakan di bagian lengan.
  • Jangan lupa hias kostumnya sekreatif mungkin, bisa juga ditambahkan dengan topeng robot agar hasil akhirnya terlihat lebih maksimal.

6. Televisi

Selain gadget, televisi juga bisa menjadi sarana hiburan yang menyenangkan, tapi penggunaannya tetap harus dibatasi terutama untuk anak-anak.

Agar terlihat lebih unik, kamu bisa ajak si kecil untuk membuat TV tiruan yang terbuat dari kardus bekas.

Kamu bisa memanfaatkan kardus dengan ukuran yang besar, kemudian hias dengan beberapa tombol dan antena agar terlihat seperti TV sungguhan.

Setelah selesai, anak bisa membuat berbagai macam pertunjukkan yang menyenangkan dan berperan seolah-olah sedang menjadi tokoh yang ada di TV.

7. Gitar

Jika si kecil menyukai musik, kamu bisa buatkan mainan alat musik sederhana yang terbuat dari kardus, salah satunya adalah gitar.

Cara membuatnya cukup mudah, sediakan satu lembar kardus dengan ukuran yang agak panjang dan lebar.

Pada permukaan kardus, gambarlah pola gitar yang lengkap dengan tangkai gitarnya, buat semirip mungkin dengan aslinya.

Jika sudah terbentuk, kamu tinggal gunting bagian yang tidak terpakai, kemudian buat beberapa detail akhir sebagai tambahan seperti senar gitar.

Nah, itu dia cara-cara pembuatan mainan dari kardus yang bisa dijadikan sebagai media hiburan sekaligus media pembelajaran yang menyenangkan untuk anak.

Saat membuat kreasinya, usahakan ajak si kecil untuk ikut membantu agar mereka juga bisa mempelajari hal-hal baru.

Setelah berhasil membuat berbagai kreasi dari kardus, kamu bisa lanjut mengajari si kecil agar mereka bisa merawat dan menjaga barang-barang tersebut dengan baik.

Buku Anak Baik, Pandai Merawat Barang Kesayangan bisa kamu jadikan panduan untuk mengajari anak-anak tentang bagaimana cara merawat berbagai barang kesayangannya.

Buku ini berisi 5 kisah unik mengenai barang-barang kesayangan yang ternyata bisa merasa sedih saat tidak dirawat dengan baik oleh para pemiliknya.

Kisah-kisah tersebut sengaja dibuat untuk menginspirasi para anak-anak, agar nantinya mereka bisa jauh lebih pandai dalam merawat dan menjaga barang-barang pribadinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Buku ini bisa kamu miliki dengan membelinya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com