Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mukjizat Nabi Ibrahim, Salah Satunya Tidak Hangus Terbakar Api!

Kompas.com - 08/05/2023, 11:30 WIB
mukjizat nabi ibrahim Sumber: pixabay.com/Kranich17  mukjizat nabi ibrahim
Rujukan artikel ini:
Ibrahim Bapak Semua Agama
Pengarang: Iqbal Harahap
|
Editor Rahmad

Allah SWT selalu menunjukkan mukjizatnya yang luar biasa kepada para nabi dan rasulnya, termasuk kepada Nabi Ibrahim AS.

Kisah Nabi Ibrahim tentang mukjizat yang dimilikinya sangatlah banyak, salah satunya yang paling terkenal adalah mukjizatnya yang selamat pada saat dibakar oleh Raja Namrud.

Nabi Ibrahim sendiri disebut sebagai bapak dari para Nabi, karena keturunannya banyak yang diangkat menjadi utusan Allah, termasuk Rasulullah SAW.

Apa saja mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim? Berikut ulasan tentang kisah mukjizat yang dimiliki Nabi Ibrahim yang perlu kamu ketahui.

Kisah Mukjizat Nabi Ibrahim

1. Jari Nabi Ibrahim yang mampu mengeluarkan susu dan madu

Pada saat Nabi Ibrahim lahir, dirinya berada pada saat pemerintahan Namrud bin Kan’an yang mengeluarkan kebijakan bahwa jika ada seorang bayi laki-laki yang lahir, maka harus dibunuh, sehingga, ibu dari nabi Ibrahim lahir secara sembunyi-sembunyi.

Pada saat ingin melahirkan Nabi Ibrahim, sang ibu disembunyikan disebuah gua supaya tidak diketahui oleh tentara Namrud yang kejam.

Pada saat itulah, malaikat Jibril datang kemudian mengangkat tangan bayi itu.

Pada saat bayi tersebut menghisap tangannya sendiri, maka Allah SWT menghendaki madu dan susu yang keluar silih berganti dari jari itu supaya Nabi Ibrahim tidak kelaparan.

2. Selamat dari kobaran api

Kisah Nabi Ibrahim yang selanjutnya yang paling terkenal adalah mukjizat Nabi Ibrahim yang tidak terbakar oleh api. Hal ini terjadi pada saat raja Namrud menghukum Ibrahim karena dianggap berbuat kurang ajar.

Nabi Ibrahim dinilai sudah melakukan pelecehan kepada agama dari kaum Namrud. Saat api berkobar dan membara, Nabi Ibrahim diikat di dalam gunung kayu, lalu Allah SWT berfirman di dalam surat Al-Anbiya ayat 69, yang artinya:

"(Allah) berfirman, "Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!"

3. Melihat burung mati yang dihidupkan

Nabi Ibrahim tumbuh dengan semakin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.

Ketika dirinya tumbuh dewasa, beliau bermunajat kepada Allah supaya diizinkan untuk bisa melihat bagaimana Allah SWT menghidupkan yang mati, lalu bagaimana menciptakan makhluk, serta mengetahui proses penciptaan.

Kemudian, Allah SWT mengabulkan doa dari Nabi Ibrahim, dan memperlihatkannya mengenai empat ekor burung yang dihidupkan Kembali.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kejadian ini juga terdapat di dalam salah satu surat di dalam Al-Quran, yaitu pada surat al-Baqarah, ayat 260.

4. Mengubah pasir menjadi sebuah makanan

Pada saat Nabi Ibrahim berkunjung ke Namrud untuk meminta makanan, ia pun pulang ke rumah sambal membawa pasir yang diberikan oleh Namrud.

Lalu, pada keesokan harinya, kantong yang penuh dengan pasir itu berubah menjadi sebuah masakan seperti sayuran dan daging.

Mukjizat Nabi Ibrahim ini menjadi suatu hal yang bisa membantunya dalam hal menunjukkan kebenaran akan seruannya.

Jika tidak ada mukjizat tersebut, maka kebenaran Tuhan tidak akan pernah tersampaikan kepada umatnya.

5. Perintah menyembelih anaknya

Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembeli putranya yang bernama Ismail. Akan tetapi, beliau ragu tentang mimpinya itu, apakah itu berasal dari Allah SWT atau hanya tipu daya setan.

Kemudian, nabi Ismail mendengar bahwa ayahnya menerima perintah untuk menyembelihnya, saat itu, Ismail menyanggupinya dan meyakinkan bahwa itu adalah perintah Allah SWT.

Saat itulah kejadian mengejutkan tiba sebagai sebuah balasan akan ketaatannya dalam memenuhi anjuran Allah. Pada saat pisau dihunuskan tepat di leher Ismail, secara tiba-tiba tubuh Ismail digantikan dengan seekor domba yang sangat gemuk oleh Allah SWT.

Hal ini juga terdapat di dalam Al-Quran, tepatnya pada surat As-saffat ayat 103-103 sebagai sebuah bukti tentang ketaatan Nabi Ibrahim beserta keluarganya, sekaligus juga sebagai dalil tentang disyariatnya berkurban bagi umat muslim di bulan Dzulhijjah.

Begitu banyak mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk menunjukkan keesaan-Nya, bukan?

Masih ada lagi mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Ibrahim, yang kisahnya bisa kamu dapatkan melalui buku Ibrahim Bapak Semua Agama karya Iqbal Harahap.

Buku ini ditulis sebagai bentuk upaya dalam rekonstruksi sejarah dari kenabian Nabi Ibrahim, memperjelas tentang ketokohan dari Nabi Ibrahim, sekaligus meluruskan segala kekeliruan yang ada sebagaimana yang tertuang di dalam sumber utama berupa kitab suci Al-Quran.

Buku ini sangat tepat untuk menjadi rujukan kita dalam mengetahui lebih jauh lagi kisah Nabi Ibrahim. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com