Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Urutan Penggunaan Make Up yang Benar agar Tahan Lama? Pelajari di Sini Yuk!

Kompas.com - 29/05/2023, 18:00 WIB
Urutan Make Up yang Benar agar Tahan Lama Sumber Gambar: Freepik.com Urutan Make Up yang Benar agar Tahan Lama
Rujukan artikel ini:
Skincare 101
Pengarang: Wardah Nafisah, dr. Mufti…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Make up adalah salah satu bagian dari seni merias diri yang bisa mempercantik penampilan dengan bantuan alat-alat kosmetik.

Dalam penampilan sehari-hari, make up menjadi sangat penting untuk para wanita karena selain bisa mempercantik penampilan, make up juga bisa membantu menutupi flek hitam dan bekas jerawat pada wajah.

Dalam hal make up, setiap perempuan biasanya memiliki gayanya tersendiri, tapi untuk membuat riasannya tampak cantik dalam waktu yang lama, para perempuan harus memahami urutan penggunaan make up dengan benar.

Menggunakan make up secara asal-asalan akan membuat produknya tidak menempel atau tidak rata, sekaligus membuat penampilanmu tampak jauh lebih buruk.

Oleh karena itu, berikut adalah urutan penggunaan make up yang bisa kamu ikuti agar riasannya bisa tahan lebih lama.

Urutan Penggunaan Make Up agar Tahan Lama

1. Membersihkan Wajah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan area wajah dengan menggunakan micellar water dan facial wash.

Langkah ini bisa membantu melunturkan kotoran dan sel kulit mati yang tertinggal di wajah sehingga nantinya tidak menyumbat pori-pori yang akan menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

2. Gunakan Pelembab atau Moisturizer

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa gunakan pelembab atau moisturizer yang sesuai dengan kondisi kulit.

Pelembab adalah hal yang wajib digunakan sebelum menggunakan make up agar foundation dan bedak kamu bisa menyatu dengan kulit.

Tidak hanya itu, pelembab juga bisa membuat kulit lebih terhidrasi sekaligus bisa mengontrol produksi minyak di kulit wajah.

3. Gunakan Sunscreen

Sunscreen memiliki kandungan bahan yang bisa membantu melindungi kulitmu dari sinar matahari, UV, dan sekaligus bisa menangkal radikal bebas.

Selain itu, sunscreen juga bisa membantu melembabkan kulit dan menghindari kulit dari iritasi saat menggunakan make up.

4. Gunakan Primer

Primer berbentuk seperti krim atau gel halus yang berfungsi untuk mengisi garis dan pori-pori wajah, menghaluskan tekstur wajah yang tidak rata, dan tentunya bisa membuat riasan make up menjadi tahan lama.

5. Gunakan Foundation

Bagi pemula, coba cari tahu jenis kulit wajahmu terlebih dahulu sehingga kamu bisa menentukan produk foundation yang sesuai.

Disarankan untuk memilih foundation yang tone warnanya setingkat lebih cerah dari warna kulit aslimu.

Hal ini bertujuan agar setelah beberapa jam penggunaannya, foundation bisa tetap menyatu dengan warna kulit asli karena mengalami oksidasi.

6. Tambahkan Concealer

Ada 2 tipe concealer yang bisa kamu pilih, yakni cair dan padat.

Concealer cair bisa memberikan hasil akhir yang ringan terutama pada bagian area kerutan di sekitar mulut dan mata, sementara concealer padat akan menampilkan hasil yang lebih berat pada area wajah yang lebih spesifik.

Sama seperti foundation, usahakan memilih concealer dengan warna 2 tingkat lebih cerah dibandingkan warna kulit aslimu, tujuannya untuk menutupi bagian yang gelap seperti bawah mata atau bekas jerawat.

Tak hanya itu, concealer juga bisa membantu menonjolkan bagian wajah yang lain seperti dahi, tulang pipi, dan tulang hidung.

7. Gunakan Bedak

Selesai mengaplikasikan foundation dan concealer, kamu bisa gunakan bedak untuk mengunci kedua produk tersebut sehingga tidak mudah bergeser, dan membantu mengontrol produksi minyak pada wajah.

Untuk pemilik kulit berminyak, kamu bisa gunakan bedak tabur yang bisa menyerap residu minyak dan membuat hasil make up terlihat lebih maksimal.

8. Gunakan Bronzer

Bronzer bisa membuat tampilan kulitmu tampak bersinar, kamu bisa gunakan bronzer yang tone warnanya lebih gelap 2 tingkat dari warna kulit aslimu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Aplikasikan bronzer dalam bentuk angka 3 di kedua sisi wajah, mulai dari bagian dahi, kemudian pipi, rahang, sampai ke bagian dagu dan area leher.

9. Gunakan Pensil Alis

Kalau kamu memiliki alis yang tipis, kamu bisa gunakan pensil alis untuk membuat area mata dan wajahmu lebih menonjol.

Pensil alis memiliki banyak pilihan jenis mulai dari yang gel, powder, dan pensil, kamu bisa pakai alis dengan warna yang natural dan buatlah dengan mengikuti bentuk alis mu yang alami.

10. Gunakan Eyeshadow

Eyeshadow akan membuat make up terlihat jauh lebih hidup, terutama pada bagian mata.

Untuk hasil make up yang natural, kamu bisa gunakan eyeshadow berwarna peach, pink, atau cokelat.

Jangan lupa untuk gunakan concealer di area kelopak mata agar hasil warnanya lebih menyala dan tahan lama.

11. Gunakan Eyeliner

Setelah eyeshadow, kamu bisa gunakan eyeliner untuk semakin mempertegas bentuk mata sekaligus membuat mata terlihat lebih tajam dan cantik saat dilihat secara langsung.

Bagi pemula, eyeliner termasuk jenis make up yang sulit untuk digunakan sehingga dibutuhkan banyak latihan agar hasilnya bisa sesuai dengan keinginan.

12. Gunakan Maskara

Setelah eyeliner, tidak lengkap rasanya kalau tidak menggunakan maskara untuk memberikan efek tebal dan bervolume pada bagian bulu mata.

Pemakaian mascara ini juga membutuhkan banyak latihan agar tidak berantakan ke daerah kelopak mata dan pastinya akan mengganggu penampilan.

13. Gunakan Blush On

Menambahkan blush on di bagian pipi bisa membuat rona wajah terlihat lebih segar dan cerah.

Blush on ini memiliki beberapa tekstur yang bisa kamu pilih, mulai dari yang cair, krim, dan padat.

14. Gunakan Lipstik

Lipstik tentunya bisa membantu mempercantik warna bibir dan membuat penampilanmu jauh dari kata pucat.

Sebelum menggunakan lipstik, kamu bisa gunakan lip balm atau pelembab lipstik, tujuannya untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Ada banyak warna lipstik yang bisa kamu pilih, tinggal kamu sesuaikan saja dengan acara yang akan kamu datangi.

15. Gunakan Setting Spray

Sering dilupakan tapi sebenarnya penting, setting spray ini bisa membuat tampilan make up kamu menjadi lebih tahan lama.

Semprotkan setting spray setidaknya 20 cm dari wajah secara merata, tunggu sampai produknya menyerap dan mengering, maka tampilan make up kamu akan lebih sempurna.

Nah, itulah urutan penggunaan make up agar lebih tahan lama yang bisa langsung kamu praktekkan.

Selain make up, skincare juga merupakan step awal yang tidak kalah penting, penggunaan skincare yang tepat akan membuat kulit wajahmu tampak lebih sehat sehingga bisa membantu make up tahan lebih lama.

Untuk mempelajari dan memahami dunia skincare, kamu bisa baca buku Skincare 101 yang ditulis oleh Wardah Nafisah.

Dari buku ini kamu akan mempelajari cara merawat kulit wajah sesuai jenis kulitnya, cara membuat skincare alami di rumah, serta cara menggunakan skincare agar kulit tampak sehat dan jauh lebih muda.

Tidak hanya itu, buku ini juga membagikan rekomendasi makanan yang bisa menutrisi kulit sekaligus memberikan panduan perawatan kulit yang cocok untuk semua jenis kulit.

Buku Skincare 101 ini bisa kamu temukan di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com