Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Makanan Khas Jawa Timur yang Dijamin Mampu Menggoyangkan Lidah Kamu!

Kompas.com - 04/05/2023, 09:30 WIB
makanan khas jawa timur unsplash.com/Aldrin Rachman Pradana makanan khas jawa timur
Rujukan artikel ini:
Budaya dan Kuliner: Memoar Tentang…
Pengarang: PAUL FREEDMAN, KOO SIU…
|
Editor Rahmad

Keanekaragaman pada makanan khas Jawa Timur sangat disayangkan kalau kamu lewatkan begitu saja.

Biasanya, makanan tradisional khas Jawa Timur ini mempunyai cita rasa yang gurih dan biasanya cenderung pedas.

Banyaknya makanan khas Jawa Timur ni tidak terlepas dari Indonesia yang memiliki aneka ragam budaya di setiap daerahnya.

Jadi, terdapat budaya dari tiap daerah yang ikut andil dalam mempengaruhi cita rasa makanan khas masing-masing daerah itu sendiri.

Nah, kalau kamu sedang ada di daerah Jawa Timur, maka tidak ada salahnya untuk mencicipi berbagai makanan khas Jawa Timur, dijamin bisa membuat kamu ketagihan.

Makanan Khas Jawa Timur yang Paling Populer

1. Soto Lamongan

Sebenarnya, bukan hanya di Jawa Timur kamu bisa menemukan makanan soto, tetapi, di beberapa daerah di Jawa Timur memiliki ciri masing-masing untuk makanan soto. Misalnya saja soto lamongan, memiliki taburan koya di atasnya.

Soto ala Jawa Timur biasanya memiliki jenis kuah yang bening dan tidak menggunakan santan.

2. Rawon

Makanan khas Jawa Timur yang satu ini identic dengan kuah hitam yang dimilikinya. Warna hitam pada soto rawon itu berasal dari bumbu khasnya, yaitu kluwek.

Rasa dari rawon ini sangat ramah untuk kamu yang tidak menyukai rasa pedas. Makanan khas Jawa Timur ini akan semakin terasa lebih nikmat lagi jika disantap bersama dengan nasi putih, kerupuk, dan lauk pelengkap seperti telur asin.

3. Rujak cingur

Rujak Cingur ini berasal dari kota Surabaya. Cingur sebetulnya adalah daging yang ada pada bagian mulut sapi, yang kemudian direbus, lalu campurkan dengan irisan tempe, tahu, nanas, timun, sayuran, lontong, serta bumbu kacang dan petis.

Biasanya, penjual rujak cingur ini mengolah bumbu kacang dan petis untuk rujak di dalam sebuah cobek batu dengan ukuran yang sangat besar.

Lalu, seluruh bahannya di letakkan di tengah cobek dan diaduk sampai merata.

4. Tahu campur

Selain menjadi makanan khas Jawa Timur, seperti Surabaya dan Lamongan, ternyata tahu campur cukup populer juga di Magelang, Jawa Tengah.

Hidangan tahu campur ini terdiri dari selada, lontong, tauge, mi kuning, tahu, dan potongan lentho singkong.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setelah itu, bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah kaldu tetelan sapi yang gurih.

5. Pecel Madiun

Makanan khas Jawa Timur yang ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus dan diberi bumbu sambal kacang.

Jenis sayuran yang ada di makanan ini antara lain tauge, kacang panjang, daun singkong, dan timun, serta yang tidak boleh ketinggalan adalah peyek kacang.

6. Lontong Balap

Kuliner asli Surabaya ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, dan kecap, kemudian disiram dengan menggunakan kuah gurih yang khas.

Lontong balap sendiri biasanya disajikan juga bersama dengan sate kerang dan lentho. Lentho sendiri adalah gorengan yang terbuat dari kacang tolo.

7. Lontong Kupang

Kamu tidak akan sulit menemukan makanan khas Jawa Timur yang satu ini di Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan.

Makanan ini terdiri dari potongan lontong dan taburan kupang putih, yang kemudian disiram dengan kuah yang penuh rempah.

Kupang putih adalah sejenis kerang yang biasanya ditemukan di laut. Lontong kupang ini akan terasa lebih nikmat lagi kalau dimakan dengan sate kerrang.

8. Nasi Krawu

Nasi krawu adalah kudapan lezat yang berasal dari Gresik. Isi dari makanan ini adalah nasi putih, daging sapi suwir, potongan telur, lalu tidak lupa ditambah taburan serundeng yang dibungkus dengan daun pisang.

Nah, itulah beberapa makanan khas Jawa Timur yang mampu menggugah selera makan kamu.

Akan sangat menarik juga jika selain menikmati makanan khas Jawa Timur, sekaligus mempelajari tentang makanan khas daerah itu sendiri. Baik dari sisi sejarahnya maupun resepnya.

Buku Budaya dan Kuliner: Memoar Tentang Peranakan Dapur China Peranakan di Jawa Timur karya paul Freedman dan Koo Siu Ling membahas tentang makanan dari Jawa Timur. Di mana buku tersebut adalah gabungan dari sejarah budaya dan resep masakan.

Buku ini terdiri lebih dari 80 resep dari buku penulis dan dari buku masak lainnya yang ditulis oleh tulisan tangan dari para perempuan peranakan.

Buku ini berisikan catatan resep dari anggota keluarga juga yang resepnya telah diuji coba di dapur tua milik leluhur penulis. Menarik bukan?

Tidak hanya mendapatkan resep saja, tetapi juga kamu bisa mendapat sejarah tentang makanan khas Jawa Timur. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com