Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Cara Charge HP yang Benar dan Aman

Kompas.com - 02/04/2023, 18:00 WIB
Cara Charge HP yang Benar Sumber Gambar: Freepik.com Cara Charge HP yang Benar
Rujukan artikel ini:
Ibo dan Ponsel Misterius
Pengarang: Veronica Gabriella
|
Editor Ratih Widiastuty

Di zaman yang sudah serba canggih ini banyak sekali orang yang sudah memiliki handphone, bahkan tidak jarang lagi jika ada yang memiliki lebih dari satu perangkat handphone.

Saat ini banyak sekali aktivitas yang membutuhkan handphone, seperti bekerja, belajar, dan bermain media sosial.

Bahkan ada pula yang memanfaatkan handphone sebagai alat untuk mencari uang, seperti video vlogger dan lain sebagainya.

Seiring meningkatnya penggunaan handphone, banyak terdapat keluhan seperti charger yang lama dan berbagai keluhan lainnya.

Beriringan dengan perkembangan handphone yang ada, charger juga kini ikut berkembang, seperti fast charging dan wireless charging.

Ketika baterai semakin lemah, secara signifikan arus tersebut beroperasi pada tegangan yang lebih tinggi, itu membuat kinerja handphone kalian akan terasa lambat.

Tegangan tersebut perlahan akan optimal dengan pengisian yang tepat dan akurat di angka 70% hingga penuh.

Pengisian tersebut juga harus stabil karena banyak sekali kasus handphone yang tidak cocok dengan charger-nya tetapi tetap dipaksa dan akhirnya mengalami kerusakan yang fatal.

Maka dari itu, pengisian daya baterai harus lebih berhati-hati agar handphone kalian bisa awet dipakai.

Banyak juga orang-orang yang secara sengaja tetap memainkan handphone-nya pada saat pengisian berlangsung padahal hal itu akan menurunkan kualitas dari baterai itu sendiri bahkan bisa sampai terjadi kebocoran baterai.

Jika sudah seperti itu maka baterai tersebut harus diganti dan tidak bisa diperbaiki kembali.

Pada dasarnya pengguna handphone pasti akan mengisi daya sampai 100 persen, tetapi hal tersebut sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan baterai handphone itu sendiri.

Alasan ilmiahnya adalah ketika baterai sedang terisi dari kosong ke penuh akan mengalami kenaikan arus secara konstan dan mengurangi lithium metalik yang lama kelamaan dapat mengurangi stabilitas baterai itu sendiri.

Nah, lantas bagaimana cara pengisian daya handphone yang benar? Simak ulasan berikut ini.

Cara Charge HP yang Benar

Nah, pada ulasan kali ini kami akan memberikan beberapa cara mengisi baterai handphone dengan benar agar baterai handphone tahan lama.

1. Matikan Handphone Saat Proses Charging

Pada saat mengisi ulang, sangat disarankan untuk mematikan handphone dan lakukanlah aktivitas lain yang tidak menggunakan jejaring sosial.

Hal tersebut dilakukan untuk membuat baterai handphone kamu lebih awet dan tahan lama, setidaknya sampai baterai handphone kamu sampai di angka 70%.

Agar lebih efektif, kamu juga bisa melakukannya pada saat kamu hendak tidur pada saat malam.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Hindari Pemakaian Power Bank Terlalu Sering

Terlalu sering menggunakan power bank dapat mengurangi daya tahan dari umur baterai itu sendiri, meskipun power bank adalah penyelamat yang hebat di kala sedang bepergian.

Batasi pemakaian power bank untuk memperpanjang usia baterai handphone kamu.

3. Menurunkan Kontras Handphone

Jika ada keperluan mendesak yang mengharuskan kamu untuk mengisi daya handphone saat aktif, kamu hanya perlu mengurangi kontras layarnya saja.

Kontras layar yang terlalu tinggi akan menyebabkan penurunan daya baterai handphone, dan akan sangat lemot saat digunakan.

Oleh karena itu, agar proses pengisian daya berjalan lancar dan cepat, kamu perlu mengurangi kontras pada layar ponsel.

4. Pakailah Charger yang Original

Ini merupakan hal yang paling penting karena dengan charger bawaan dari pabrik biasanya mempunyai komponen yang sesuai dengan mesin handphone.

Biasanya jika kamu menggunakan charger selain dari bawaan aslinya, maka handphone kamu akan terasa cepat panas karena mesin handphone tersebut dipaksa bekerja lebih keras dan akan menyebabkan penurunan daya baterai.

Kemungkinan terburuk lainnya adalah kerusakan port USB pada handphone karena durasi dari pengisian daya yang tidak sesuai.

5. Hindari Pengisian sampai 100%

Jika biasanya kita tidak boleh mengisi daya baterai handphone saat di bawah 30%, maka untuk pengisian maksimal, baterai handphone juga tidak boleh penuh atau 100%.

Ini juga dapat menyebabkan penurunan masa pakai baterai ponsel.

Banyak orang melakukan kesalahan dengan membiarkan baterai ponsel terisi penuh.

Disarankan untuk melepas baterai dari ponsel saat baterai mencapai 80% karena dengan cara ini baterai ponselmu akan bertahan lama.

Nah, itulah 5 cara efektif untuk mengisi daya ponsel dengan benar agar baterai tetap bekerja dalam waktu lama.

Belakangan ini banyak sekali generasi muda yang aktif sekali dalam menggunakan ponsel dalam kesehariannya, terlepas dari perkembangan zaman yang ada, ponsel juga bisa menjadi pengaruh buruk untuk generasi-generasi penerus.

Buku Ibo dan Ponsel Misterius yang ditulis oleh Veronica Gabriella ini sangat cocok untuk dibaca anak-anak yang sering sekali aktif di depan layar HP.

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi warna-warni seru yang bisa memicu imajinasi anak.

Kisah buku Ibo dan Ponsel Misterius juga mengandung unsur pesan yang baik, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar anak-anak memiliki kepribadian yang baik.

Dapatkan buku tersebut hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com