Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai 5000 mAh Tahan Berapa Lama? Simak Penjelasannya Sekaligus Cara Menjaga Baterai HP Agar Tidak Boros

Kompas.com - 01/07/2022, 17:00 WIB
Baterai 5000 mAH Tahan Berapa Lama Sumber Gambar: Freepik.com Baterai 5000 mAH Tahan Berapa Lama
Rujukan artikel ini:
Step by Step Membuat Toko…
Pengarang: Dedik Kurniawan
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Di zaman sekarang, penggunaan smartphone sudah seperti kebutuhan sehari-hari yang sangat sulit untuk dilewatkan.

Berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan, berbelanja, sampai hiburan kini semua bisa dilakukan hanya melalui smartphone saja.

Melihat begitu banyaknya fungsi dan kegunaan smartphone, tidak heran membuat banyak perusahaan membuat inovasi baru dengan menciptakan smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi, salah satunya dari segi kapasitas baterai.

Sejak beberapa tahun kebelakang, sudah banyak sekali smartphone yang menyediakan kapasitas baterai berukuran besar, untuk bisa menunjang kelancaran aktivitas para penggunanya.

Jika melihat di beberapa situs jual-beli smartphone, banyak diantaranya yang ternyata sudah memiliki kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, dengan harga yang berbeda-beda tergantung dari merek dan spesifikasi lainnya.

Mengalami kenaikan yang signifikan dari banyak smartphone lain yang telah dirilis pada tahun-tahun sebelumnya, seberapa lamakah ketahanan daya baterai 5000 mAh? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baterai 5000 mAh Tahan Berapa Lama?

Dalam sebuah perangkat smartphone, besaran kapasitas baterai tentunya menjadi patokan yang menentukan ketahanan baterai saat digunakan.

Menurut beberapa reviewer smartphone yang telah melakukan beberapa eksperimen, mereka menemukan bahwa ketahanan baterai 5000 mAh bisa mencapai 16 jam, jadi dalam sehari kamu hanya membutuhkan 1 kali pengisian daya saja.

Daya tahan selama 16 jam ini didapatkan jika smartphone digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti streaming video, sosial media, dan bermain game.

Sedangkan jika hanya digunakan seperlunya, baterainya bisa tahan jauh lebih lama, yakni sekitar 48 jam.

Tapi selain dari segi pemakaian, ketahanan baterai ini sebenarnya juga tergantung dari merek smartphone, karena setiap merek memiliki ketahanan yang berbeda-beda.

Meskipun sama-sama berkapasitas 5000 mAh, ketahanan baterai smartphone merek Vivo Y50 tentu saja berbeda dengan Samsung Galaxy A31.

Vivo Y50 yang diluncurkan pertama kali pada April 2020 memiliki waktu stand by sampai 34 jam jika digunakan seperlunya, dan 12 jam jika digunakan secara terus menerus untuk bermain games dan sosial media.

Sedangkan Samsung Galaxy A31 yang diluncurkan pada Maret 2020 ternyata memiliki ketahanan baterai yang jauh lebih baik, yakni 24 jam atau seharian penuh, padahal baik Vivo maupun Samsung tersebut sama-sama memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh.

Kesimpulannya, daya tahan baterai 5000 mAh bisa digunakan sampai seharian penuh, namun itu semua juga tetap bergantung pada lamanya penggunaan aplikasi, dan merek smartphone itu sendiri.

Tapi yang jelas, berapapun kapasitas baterai yang dimiliki oleh suatu perangkat elektronik, lama kelamaan juga akan mengalami penurunan daya tahan setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini cukup wajar, mengingat smartphone pada dasarnya juga memiliki masa penggunaannya masing-masing.

Tapi kalau kamu masih terlalu sayang dengan smartphone yang sedang kamu gunakan saat ini, dan tidak ingin daya tahan baterainya cepat habis, cobalah ikuti beberapa cara menjaga ketahanan baterainya berikut ini.

Cara Menjaga Ketahanan Baterai HP agar Tidak Boros

1. Hindari Pemakaian HP Saat Sedang Mengisi Daya

Menggunakan HP saat sedang mengisi daya bisa meningkatkan temperatur pada baterai yang nantinya akan berpengaruh besar terhadap daya hidup dan efektivitas baterai.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka dari itu, cobalah untuk tidak menggunakan HP saat sedang mengisi daya untuk menjaga baterainya tetap awet dan tahan lama.

Selain itu, jangan meletakkan HP di bawah bantal, dasbor mobil, atau diatas mesin elektronik lainnya karena bisa menaikkan temperatur HP secara tiba-tiba.

2. Gunakan Charger Bawaan Ori

Pengisi daya atau charger juga memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan baterai HP, jadi usahakan untuk tetap menggunakan pengisi daya bawaan yang sudah ada sejak pertama kali kamu membeli ponsel tersebut.

Sayangnya, charger bawaan biasanya memiliki rentang usia yang lebih pendek dibandingkan ponselnya, hal ini biasanya terjadi karena penggunaan atau cara penyimpanannya yang kurang dijaga dengan baik.

Menggunakan charger yang bukan bawaan HP perlahan-lahan akan merusak ponsel atau memperlambat kinerja baterai HP secara keseluruhan.

3. Jangan Isi Daya Ponsel Semalaman

Setelah memainkan ponsel di malam hari, seseorang biasanya akan mengisi daya untuk memastikan besok pagi baterainya sudah terisi penuh, padahal hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan baterai ponsel.

Beberapa baterai bahkan sering mengalami bengkak atau menggelembung karena daya yang masuk terlalu over setelah mengalami pengisian dalam waktu yang lama.

4. Jangan Membiarkan HP dalam Keadaan Lowbatt

Penggunaan ponsel secara terus menerus akan membuat daya tahan baterai berkurang, jika terus dibiarkan maka baterai akan berada pada fase low battery.

Hal ini tidak akan baik bagi kesehatan baterai, jadi usahakan untuk mengisi daya baterai sebelum dibawah angka 20 persen, untuk tetap menjaga ketahanan baterai.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga ketahanan daya baterai smartphone supaya tetap awet dan tidak boros, sehingga kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Selain untuk bermain games atau mengakses sosial media, smartphone juga memiliki banyak fungsi lain yang tidak kalah penting, misalnya untuk berjualan online.

Membuka bisnis online kini jauh lebih mudah karena kamu hanya membutuhkan sebuah smartphone dan paket internet saja, tidak harus memiliki toko offline atau jumlah pengikut yang banyak.

Untuk membantumu melancarkan ide bisnis online, kamu bisa coba membaca buku Step by Step Membuat Toko Online yang dibuat oleh Dedik Kurniawan.

Buku ini akan menuntun dan mengajarkan kamu mengenai cara membangun dan menjalankan bisnis melalui online.

Saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuat toko online seperti OpenCart, Prestashop, Virtuemart, dan Blogger.

Selain membuat toko online, kamu juga akan diajarkan untuk merancang dan menjalankan toko melalui blogger, cara membuat halaman checkout, cara mengatur data shopping cart, dan masih banyak lagi.

Melalui buku ini kamu akan memahami bagaimana caranya menjalankan sebuah bisnis melalui online dengan mudah, terpercaya, dan mampu mendatangkan banyak pelanggan.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com