Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Kampus Terbaik di Dunia Berikut Ini

Kompas.com - 31/03/2023, 13:00 WIB
Kampus Terbaik di Dunia Sumber Gambar: Pexels.com Kampus Terbaik di Dunia
Rujukan artikel ini:
English Daily Conversation
Pengarang: IRA ATMAJA
|
Editor Puteri

Bagi beberapa orang, dapat merasakan bangku kuliah di universitas terbaik di dunia merupakan cita-cita dan impian untuk dicapai.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika semakin banyak calon mahasiswa dan mahasiswi yang semakin ambisius untuk mempersiapkan segala sesuatunya demi dapat berkuliah di kampus terbaik di dunia.

Tidak hanya dibutuhkan pengetahuan yang matang, kemampuan dalam bahasa Inggris pun mutlak diperlukan jika ingin merasakan bangku kuliah di universitas terbaik di dunia.

Maka dari itu, mulai dari sekarang perlu menyiapkan segala sesuatunya untuk bisa diterima menjadi mahasiswa di salah satu kampus terbaik di dunia karena pastinya persaingannya akan sangat ketat.

Untuk bisa masuk ke universitas negeri di Indonesia saja rasanya sudah sangat begitu sulit, apalagi kini incarannya adalah universitas terbaik di dunia.

Tentunya akan ada banyak tantangan yang menghadang di depan mata agar bisa mengenyam pendidikan di negeri orang melalui persiapan yang matang dan terencana.

Mencari tahu kampus mana saja yang mempunyai reputasi terbaik di dunia akan sangat membantu kita untuk menentukan pilihan yang tepat demi merancang rencana pendidikan.

Pasalnya, terdapat beberapa kampus terbaik di dunia yang pastinya akan membuat bingung siapa saja untuk menentukan pilihan.

Kampus apa saja yang mempunyai reputasi terbaik di dunia? Berikut lima kampus terbaik di dunia.

5 Kampus Terbaik di Dunia

1. University of Oxford

Mungkin sebagian besar orang sudah tidak asing lagi mendengar nama universitas ini karena memang menjadi universitas legendaris yang mempunyai sejarah sangat panjang pada awal berdirinya.

University of Oxford sendiri selalu mencetak prestasi serta sumbangsih yang besar pada dunia pendidikan dan keilmuan di dunia.

Desain arsitektur yang ada di University of Oxford pun tampak sangat klasik dan ikonik layaknya bangunan-bangunan di awal kerajaan Inggris.

Terdapat beberapa pilihan jurusan yang banyak diminati, seperti Fakultas Bisnis dan Manajemen, Fakultas Pertanian dan Kedokteran Hewan, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Desain dan Seni Rupa, dan masih banyak lagi.

2. Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology atau yang lebih dikenal dengan MIT ini sudah berdiri sejak tahun 1861.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Massachusetts Institute of Technology pada mulanya adalah sebuah institut yang berfokus pada pendidikan di bidang sains dan teknologi saja.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Massachusetts Institute of Technology juga mulai membuka fakultas-fakultas lainnya yang tidak kalah pamornya, seperti ekonomi, manajemen, biologi, sampai ilmu politik.

Beberapa jurusan yang banyak diminati antara lain seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin, Arsitektur, Rekayasa Biologi, Ilmu Komputer, dan masih banyak lagi.

3. California Institute of Technology

California Institute of Technology dikenal juga dengan sebutan Caltech telah berdiri sejak tahun 1891 dan sudah mempunyai andil yang besar dalam menyumbangkan berbagai macam riset kemajuan teknologi di Amerika Serikat.

Caltech sendiri sudah menelurkan sejumlah ilmuwan paling berbakat di bidangnya yang mampu mengoperasikan sistem penerbangan luar angkasa.

Terdapat beberapa bidang jurusan di masing-masing departemennya seperti Mathematics and Astronomy, Chemistry and Chemical Engineering, Biology and Biological Engineering, dan masih banyak lagi.

4. Standford University

Standford University atau yang dikenal sebagai Standford adalah universitas swasta yang terletak di California, Amerika Serikat, dan telah berdiri sejak tahun 1891.

Mampu bersaing dengan jajaran universitas legendaris lainnya, Standford dapat dibilang sebagai kampus cukup muda untuk menjadi salah satu universitas terbaik di dunia.

5. Harvard University

Siapa yang tidak mengenal salah satu universitas terbaik di dunia ini karena popularitasnya sudah sangat eksis lebih dari belasan dekade.

Universitas tertua di Amerika Serikat ini telah menelurkan begitu banyak ilmuwan berbakat, terobosan terbesar, hingga tokoh berpengaruh di dunia.

Sebelum memutuskan untuk memilih kampus mana yang akan dijadikan tempat menimba ilmu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah belajar Bahasa Inggris terlebih dahulu.

Buku English Daily Conversation: Percakapan Praktis Bahasa Inggris akan membuat proses belajar Bahasa Inggris menjadi jauh lebih mudah.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang mau mencoba belajar Bahasa Inggris dengan penjabaran yang sederhana sehingga mudah untuk dimengerti.

Tidak ketinggalan, buku ini pun sudah dilengkapi dengan contoh-contoh percakapan yang biasa digunakan di dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat diaplikasikan di berbagai macam tempat dan situasi yang berbeda-beda.

Bukunya bisa langsung dipesan melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com