Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Melatih Sikap Pantang Menyerah

Kompas.com - 09/12/2021, 12:00 WIB
Sumber Foto : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Menangis Boleh, Menyerah Jangan
Pengarang: Wiwid Prasetiyo
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Kehidupan memang sejatinya tidak selalu berjalan dengan mulus, ada saja hal-hal yang mungkin membuat kita merasa ingin menyerah dan lari dari masalah.

Padahal sebisa mungkin kita harus terus semangat dan pantang menyerah, karena ada hal baik yang akan kita dapat setelah semua kesulitan yang dihadapi.

Dibandingkan saat mendaki, menuruni gunung biasanya akan jauh lebih mudah, tapi pemandangan di atas gunung tetap jauh lebih indah daripada pemandangan di bawah gunung.

Itu menjadi salah satu hal yang membuktikan bahwa jika kamu memilih untuk berhenti dan menyerah sebelum sampai ke puncak, maka kamu tidak akan mendapat keindahan apapun dalam hidup ini.

Maka dari itu, memiliki sikap pantang menyerah dalam hidup menjadi salah satu hal yang paling penting.

Sikap pantang menyerah ini merupakan kemauan dari diri sendiri untuk terus berusaha yang terbaik dan tidak mau menyerah dengan keadaan yang ada.

Semua orang sebenarnya bisa memiliki sikap pantang menyerah jika mereka punya niat dan keinginan untuk melakukannya.

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih sikap pantang menyerah dalam menjalani kehidupan:

1. Berusahalah untuk Bersikap Optimis

Memiliki sikap optimis menjadi salah satu cara yang berpengaruh untuk melatih sikap pantang menyerah dalam diri kita, sikap optimis ini dimulai dari pikiran yang positif.

Memang tidak mudah untuk selalu bersikap optimis dalam menjalani masa-masa yang sulit, tapi kamu bisa mencoba untuk melatih pola pikirmu sendiri, jika sebelumnya kamu selalu merasa tidak semangat dan ingin menyerah saat terkena masalah, sekarang kamu bisa mencoba untuk optimis dengan kemampuan yang kamu punya.

2. Membuat Perhitungan yang Matang

Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, kita harus bisa dan berani mengambil resiko, tapi tetap dibarengi dengan perhitungan yang matang.

Kamu bisa menganggap setiap masalah yang datang dalam hidupmu sebagai sebuah tantangan yang harus kamu menangkan, supaya pondasimu semakin kuat dan kamu tidak lagi memiliki keinginan untuk menyerah.

3. Memikirkan dan Menerapkan Strategi yang Efektif

Sikap pantang menyerah ini juga harus diwujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu harus mencoba untuk berpikir secara kreatif dengan melihat suatu masalah dari kacamata dan perspektif yang berbeda, baru kemudian kamu bisa memikirkan strategi apa yang akan kamu lakukan untuk keluar dari masalah tersebut.

Jangan lupa, kamu harus selalu berusaha untuk menghadapi setiap tantangan yang ada dalam kehidupan dengan keberanian, supaya kamu tidak mudah merasa goyah dan ingin menyerah.

4. Bersyukur dengan Apa yang Telah Dicapai

Pantang menyerah adalah sikap yang bisa ditanamkan dalam diri, salah satu caranya adalah dengan bersyukur atas apa yang telah dicapai sejauh ini, sekecil apapun pencapaian tersebut.

Dengan bersyukur, kamu akan lebih mudah menghargai apa yang kamu dapatkan dan kamu bisa mengumpulkan energi untuk bisa mencapai banyak hal lagi kedepannya.

5. Percaya dengan Kemampuan Sendiri

Memiliki kepercayaan dengan kemampuan sendiri sangat penting karena bisa membuat kamu tidak akan takut dalam menghadapi segala tantangan dan ujian yang ada di depan mata.

Percaya pada kemampuanmu sendiri juga akan membuat kamu bisa menenangkan diri sendiri saat ada masalah sehingga kamu tidak akan mudah menyerah.

Untuk lebih menyemangati diri sendiri dan bisa terus memiliki sikap pantang menyerah, kamu bisa baca buku Menangis Boleh, Menyerah Jangan: Boleh Kok Netesin Air Mata karya Wiwid Prasetiyo.

Dalam menghadapi setiap permasalahan dalam hidup yang sangat sulit ditemukan solusinya, kamu boleh menjadikan tangisan sebagai pelarian sementara, daripada kamu harus menyerah dan malah semakin membuat dirimu depresi.

Menangis tidak akan bisa terlepas dari kehidupan manusia, sebab manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya kesedihan, kekecewaan, dan penyesalan.

Lewat buku ini, kamu akan dibimbing untuk bisa memanfaatkan setiap tangisan yang kamu lalui, menjadi sebuah penyemangat dalam hidup, sehingga kamu bisa selalu bangkit dan tidak pernah menyerah walaupun sempat jatuh berkali-kali.

Tapi bagi kamu yang masih membutuhkan kata-kata penenang untuk bisa membantu kamu keluar dari sikap yang mudah menyerah, kamu bisa membaca buku Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah karya Geulbaewoo.

Berbagai afirmasi positif yang ditulis dalam buku ini akan membantu kamu untuk terus berpikir positif dalam menjalani kehidupan, dan membuat kamu menyadari bahwa menyerah bukan sebuah pilihan yang tepat untuk diambil.

Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli kedua buku ini melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com