Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Contoh Cerpen Singkat Beserta Unsur Intrinsiknya

Kompas.com - 02/03/2023, 10:30 WIB
contoh cerpen singkat Sumber: pexels contoh cerpen singkat
Rujukan artikel ini:
Buku Sakti Menulis Cerpen: Rambu-Rambu…
Pengarang: AINUN MAS
|
Editor Rahmad

Cerpen merupakan salah satu karya sastra yang mempunyai beragam kisah menarik di dalamnya. Sama halnya seperti novel, cerita yang ditulis pada cerpen mempunyai sifat naratif.

Di mana, sebuah cerpen menceritakan tentang kisah satu tokoh atau lebih, yang ditulis dengan alur yang ringkas, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikannya.

Meskipun cerpen ringkas dan sederhana, tetapi cerpen tetap memberikan sebuah hiburan yang menarik bagi para pembacanya. Biasanya, kamu bisa menemukan tulisan cerpen singkat yang dimuat dalam surat kabar pada suatu edisi tertentu.

Selain itu, ada juga kumpulan cerpen singkat yang dicetak menjadi satu dalam sebuah buku, sehingga bisa lebih praktis untuk dibaca.

Untuk kamu yang ingin mencoba menulis cerpen singkat, kamu juga perlu memahami dahulu cerpen singkat. Cara memahaminya, kamu bisa melihat berbagai contoh cerpen singkat lalu menelusuri unsur intrinsik yang ada pada cerpen singkat tersebut. Dengan cara itu, bisa memudahkan kamu juga dalam memahami cerpen singkat.

Jadi, berikut ini adalah contoh dari cerpen singkat beserta unsur intrinsic yng terkandung di dalam cerpen singkat tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

Contoh Cerpen Singkat

contoh cerpen singkat contoh cerpen singkat

Baik Luar Dalam

Di hari yang cerah, terdapt dua anak gadis yang bernama Lisa dan Dian yang sedang mengerjakan suatu PR atau tugas sekolah di rumah Dian. Dian dan lisa, mengerjakan tugas sekolahnya dengan sangat serius dan suasananya juga sangat hening.

Lalu, datanglah seorang teman Dian yang bernama Tyas ke depan rumah Dian. Tetapi, Dian sendiri seolah-olah tidak memperhatikan kehadiran dari Tyas tersebut.

“Dian, di depan rumah kamu ada Tyas sedang menunggu kamu, cepat temui dia, kasihan dia sudah sejak lama menunggu kita.” Ujar si Lisa yang sedang mengerjakan tugas sekolah di rumah Dian.

“Bi, tolong kasih tahu Tyas, yang ada di depan rumah kalau aku sedang pergi atau bilang nggak ada gitu ya.” Pinta Dian kepada Bibinya yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya itu.

“Oh, baik non, akan bibi sampaikan.” Jawab si Bibi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

“Lho, Dian, kenapa kamu seperti itu terhadap Tyas? Padahal kan dia pastinya sudah datang jauh-jauh ke rumah kamu, kenapa kamu usir dia? Nggak enak kan. Kasihan juga dia, dia juga kan anak yang baik, Yan.” Ujan Lisa yang sedang mencoba menegur dan menasihati Dian.

“Kamu itu nggak tau Tyas apa, Lis. Dari luarnya dia memang terlihat sebagai anak yang baik, ramah, dan juga manis.

Tetapi, masa kamu hanya mengukur sifat dan juga sikap seseorang hanya dengan cara itu saja, dia itu Cuma manis di luar, tetapi dalamnya pahit tahu!” Jawab Dian dengan nada sinis.

“Lho, pahit gimana maksud kamu, Yan?” Balas Lisa yang masih bingung dengan jawaban temannya itu.

“tahu nggak kamu Lis, Tyas itu sering membicarakan keburukan orang lain. Bahkan, dia sering membicarakan keburukan temannya sendiri di belakang. Pokoknya, banyak banget deh kalo dijelasin.” Jawab Dian.

“Dia Itu beda banget sama kamu, Lis. Kamu itu judes, ceplas ceplos, tetapi kamu punya hati yang tulus, bukan Cuma baik di luar tetapi busuk di dalam.

Dalam menjalin pertemanan, aku tidak membutuhkan seseorang yang tampilan luarnya saja yang baik, Lis.” Jelas Dian panjang lebar ke Lisa.

Unsur Intrinsik Dari Cerpen Singkat Baik Luar Dalam

  1. Tema: Persahabatan.
  2. Plot/Alur: maju.
  3. Setting: rumah Dian, depan rumah, sinis, hari yang cerah.
  4. Tokoh: Lisa, Dian, Tyas, dan Bibi pembantu rumah.
  5. Watak: Dian (protagonist). Tyas (antagonis), dan Lisa (netral).
  6. Sudut pandang: sudut pandang orang pertama pelaku sampingan.
  7. Amanat cerpen singkat: dalam menjalin sebuah hubungan pertemanan, harus baik tidak hanya di depan saja serta tidak menjelek-jelekkan teman sendiri.

Nah, gimana, dengan melihat contoh cerpen singkat dan unsur intrinsic di dalamnya, membuat kamu jadi mudah mengerti cerpen singkat ini, bukan?

Jika kamu tertarik untuk menulis cerpen singkat, kamu juga bisa mempelajarinya melalui buku yang berjudul Buku Sakti Menulis Cerpen karya Ainun Mas. Buku ini memiliki isi yang sangat lengkap terkait cerpen.

Kamu akan menemukan pembahasan mulai dari seluk-beluk dalam pembuatan cerpen, tata Bahasa cerpen yang mudah untuk dipahami, sehingga bisa memudahkan para pembaca cerpen kamu nantinya.

Buku ini juga dilengkapi dengan rambu-rambu dalam penulisan cerpen yang sering kali dilanggar.

Jadi, buku ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berlatih dalam dunia kepenulisan, khususnya dalam menulis cerpen.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan bei melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com