Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tahu! 6 Tips Aman Menghindari Kejahatan Klitih yang Marak Terjadi

Kompas.com - 20/02/2023, 14:30 WIB
Tips Aman Menghindari Kejahatan Klitih Sumber: pexels Tips Aman Menghindari Kejahatan Klitih
Rujukan artikel ini:
Kriminalisasi Dan Dunia Maya
Pengarang: Irnaldi Rahim Wijaya
|
Editor Rahmad

Pada tahun lalu, media sosial sempat ramai memperbincangkan mengenai fenomena kejahatan jalanan klitih yang ada di Yogyakarta.

Fenomena klitih ini sebetulnya bukanlah sebuah hal yang baru. Kejahatan jalanan yang serupa juga kerap terjadi di kota-kota besar, termasuk di daerah Yogyakarta.

Akan tetapi, istilah klitih ini awal mulanya bukan merupakan pengertian dari kejahatan jalanan. Namun, dalam Bahasa Jawa sendiri, klitih merupakan suatu kegiatan jalan-jalan biasa tanpa memiliki tujuan apapun, atau biasa kita tahu sebagai sebutan cari angin.

Istilah klitih atau nglitih berubah menjadi pengertian kenakalan remaja seperti saat ini. Maraknya kejahatan klitih ini yang akhirnya membuat sebagian masyarakat khawatir.

Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa menghindari kejahatan jalanan klitih. Kita tetap bisa mencegahnya dengan beberapa hal. Berikut tips agar aman dari kejahatan klitih.

Tips Aman Menghindari Kejahatan Klitih

Tips Aman Menghindari Kejahatan Klitih Tips Aman Menghindari Kejahatan Klitih

1. Hindari pergi larut malam atau dini hari

Klitih biasanya bisa terjadi pada larut malam sampai waktu dini hari, sehingga pada waktu tersebut menjadi waktu yang sangat berbahaya untuk kamu bepergian.

Untuk menghindari bepergian larut malam atau waktu dini hari, apalagi pada saat bulan puasa, maka usahakan untuk membeli kebutuhan sejak sore hari atau malam sebelum larut, hal itu berguna untuk bisa terhindar dari kejahatan klitih.

2. Pergi tidak sendirian

Jangan pergi sendirian menjadi tips yang sangat ampuh untuk menghindari kejahatan klitih. Hal ini bisa menghindari aksi klitih lebih mudah, sebab kejahatan ini menyasar hanya satu orang saja.

Bepergian dengan orang banyak bisa membuat pelaku klitih enggan melakukan tindakan kejahatannya itu.

3. Hindari jalanan yang sepi

Apabila kamu terpaksa bepergian pada larut malam sampai dini hari, maka ada baiknya untuk kamu menghindari jalanan yang sepi. Akan sangat lebih baik kalau kamu melewati jalanan yang ramai atau banyak orang.

Terkadang, jalanan yang ramai dihindari oleh para pelaku tindak kejahatan klitih. Selain itu, melewati jalanan ramai lalu-lalang orang juga bisa membantu kamu jika hal buruk menimpa kamu secara tiba-tiba.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Hindari tempat rawan atau sepi

Selain jalanan yang sepi, bepergian ke tempat sepi juga menjadi hal yang berbahaya. Tempat yang sepi bisa menjadi sasaran untuk para pelaku kejahatan klitih beraksi. Kamu juga perlu membaca informasi tempat mana saja yang sering terjadi kejahatan klitih.

Tujuan mengetahui hal tersebut adalah supaya kamu bisa mengetahui lokasi mana saja yang bisa menjadi “langganan” aksi klitih. Jika kamu ingin santai pada malam hari, maka ada baiknya mengunjungi tempat yang ramai. Misalnya pergi ke Malioboro, kedai kopi atau kafe yang buka sampai 24 jam atau dini hari.

5. Cari pertolongan ke tempat yang ramai

Apabila saat bepergian, kamu merasa dibuntuti oleh orang yang tidak kamu kenal, atau melihat beberapa anak-anak muda dengan membawa benda tajam, maka saat itulah menjadi saat yang tepat untuk meminta bantuan.

Jadi, pergilah ke lokasi terdekat yang ramai. Kamu juga bisa memilih pergi ke kantor polisi terdekat untuk meminta bantuan supaya bisa selamat dan terhindar dari ancaman klitih.

6. Jangan menggunakan barang mahal

Dengan menggunakan perhiasan atau barang yang mahal apalagi secara berlebihan, bisa memancing kejahatan klitih atau kejahatan lainnya.

Benda mahal sebaiknya tidak perlu keluarkan jika kamu tidak ada keperluan. Kamu bisa berpenampilan secara sederhana dan hindari sikap pamer untuk menjaga keamanan diri kamu sendiri.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa terhindar dari kejahatan jalanan klitih. Tindak kejahatan jalanan klitih termasuk ke dalam tindakan kriminal yang tentunya setiap pelaku akan diproses secara hukum.

Mengenai fenomena kriminalitas atau kejahatan yang kerap terjadi, kamu bisa mempelajarinya melalui buku Kriminalisasi Dan Dunia Maya karya Irnaldi Rahim Wijaya. Buku ini akan mengupas tuntas sebuah fenomena yang sering menjadi momok bagi Sebagian orang Indonesia, di mana adanya peraturan yang dibuat oleh para penguasa dan bisa menjadi sebuah batu sandungan sendiri untuk warga negara yang ingin berpendapat di dunia maya.

Buku ini membahas dengan rinci tentang apa yang disebut dengan kriminalitas, di mana saja perbuatan kriminalitas bisa terjadi, dan apa saja yang menyebabkan seseorang bisa masuk ke dalam jeruji besi.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca, sebab diulas pula tentang kriminalitas yang kerap terjadi di negara lain, terutama kasus yang berhubungan dengan pencemaran nama baik.

Yuk, segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com