Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Agama Terbesar Di Dunia Berdasarkan Pada Jumlah Pengikutnya

Kompas.com - 11/02/2023, 12:30 WIB
agama terbesar di dunia Sumber: pixabay agama terbesar di dunia
Rujukan artikel ini:
Filsafat Agama Wisata Pemikiran Dan…
Pengarang: Amsal Bakhtiar
|
Editor Rahmad

Agama adalah sistem kepercayaan atau sebuah pandangan untuk menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupan. Dengan kepercayaan, manusia bisa mendapatkan etika, hukum agama, serta moralitas di dalam kehidupannya.

Sampai saat ini, setidaknya terdapat 4300 agama dan kepercayaan di dunia, lho. Pengikut dari setiap kepercayaan ini sangatlah beragam.

Namun, agama-agama populer yang mempunyai pengikut terbanyak hingga milyaran manusia di bumi serta menduduki posisi teratas dibandingkan dengan negara lainnya.

Lantas, apa saja agama terbesar di dunia saat ini? Berikut urutan agama terbesar di dunia yang bisa kamu ketahui.

Urutan Agama Terbesar di Dunia

agama terbesar di dunia agama terbesar di dunia

1. Kristen

Agama terbesar di dunia yang menempati posisi pertama adalah Kristen. Agama terbesar di dunia ini dianut oleh 32 persen penduduk di dunia, atau setara dengan 2,38 miliar orang.

Kristen adalah agama tertua dari ajaran Yesus Kristus di tahun 27 M. Agama ini terdiri dari enam cabang atau komunitas, di antaranya Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians.

2. Islam

Agama Islam ternyata menempati urutan kedua sebagai agama terbesar di dunia. Jumlah pengikutnya adalah sebanyak 24,3 persen penduduk di dunia atau setara dengan 1,8 miliar orang.

Agama Islam ini disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW sekitar tahun 610 M yang mempercayai Allah SWT, Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul Allah, dan Al-Quran sebagai kitabnya.

Komunitas muslim di dunia ini terbagi menjadi dua kelompok. Yang pertama adalah kelompok sunni dengan jumlah 90 persen, lalu sisanya adalah syiah.

3. Hindu

Di urutan ketiga, terdapat agama Hindu sebagai agama terbesar di dunia. Di mana agama ini dianut oleh 15 persen penduduk di dunia, setara dengan 1,15 miliar orang. Pengikut agama terbesar di dunia ini didominasi oleh penduduk yang tinggal di wilayah Asia Selatan, yaitu India dan Nepal.

Di Indonesia sendiri, Bali menjadi salah satu Kawasan yang masyarakatnya mayoritas beragama Hindu.

4. Buddha

Agama Budha didirikan oleh Siddharta Gautama di tahun 600 SM. Sampai saat ini, Buddha menjadi salah satu agama terbesar di dunia dengan pengikutnya sekitar 507 juta pengikut di seluruh dunia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pengikutnya tersebar di China sebanyak 244 juta pengikut, Thailand 64,4 juta pengikut, dan juga Jepang 45,8 juta pengikut.

5. Agama Tradisional Tionghoa

Agama tradisional Tionghoa ini menjadi agama terbesar di dunia dengan total pengikut 384 juta atau setara dengan 5,50 persen total dari penduduk di dunia. Kepercayaan ini banyak dianut oleh masyarakat dari bangsa Tionghoa, terutama dari suku Han.

6. Shinto

Shinto adalah agama terbesar di dunia yang berkembang di Jepang sejak abad ke-8 M dengan jumlah pemeluknya sebesar 104 juta orang. Agama ini mengajarkan kepada pengikutnya untuk memuja dan juga berbakti kepada raja.

7. Sikhisme

Agama ini berasal dari India yang didasari oleh ajaran dari Guru Nanak dan sepuluh penerusnya. Agama ini pertama kali muncul di Punjab India Utara sekitar tahun 1469. Agama ini mempunyai jumlah pengikut sebanyak 30 juta.

8. Yudaisme

Yudaisme adalah sebuah agama yang didirikan oleh Abram, Yakub, dan juga Isaac, sekitar abad ke-8 SM di Timur Tengah. Sampai saat ini, agama terbesar di dunia ini mempunyai 14 juta pemeluk.

Agama ini memiliki tiga cabang sekte atau golongan, di antaranya Yudaisme Ortodoks, Yudaisme Konservatif, dan juga Yudaisme Reformasi.

Agama ini hanyalah mempercayai satu Tuhan, tetapi di setiap cabangnya mempunyai penafsiran yang berbeda-beda dalam kitab suci serta praktik keagamaannya.

Nah itulah, beberapa agama terbesar di dunia berdasarkan pada jumlah pengikutnya. Dengan keberagaman agama yang ada di seluruh dunia, membuat kita harus selalu menerapkan sikap toleransi dalam beragama.

Pelaksanaan agama biasanya turut dipengaruhi juga dari kebiasaan atau adat istiadat yang berlaku pada suatu daerah. Agama juga sering dijadikan sebagai sumber keyakinan etis dan moral seseorang terhadap suatu hal.

Persoalan agama saat ini juga semakin berkembang dan semakin kompleks. Salah satu cara yang bisa dilakukan sebelumnya melalui pendekatan filsafat.

Seperti yang diuraikan pada buku Filsafat Agama Wisata Pemikiran Dan Kepercayaan Manusia, di mana mengungkapkan berbagai persoalan dalam bidang agama, baik itu yang klasik ataupun yang kontemporer untuk kemudian dianalisis secara proporsional dan tajam.

Buku ini menawarkan kesejukan dari apa yang pernah dialami oleh pembaca selama ini tentang keagamaan, misalnya pemahaman lewat ibadah dan tasawuf. Singkatnya, buku ini akan membawa para pembacanya untuk berwisata “hutan” pemikiran dan kepercayaan manusia sejak puluhan ribu tahun lalu.

Buku ini sangat tepat untuk kamu yang ingin memperluas wawasan tentang hakikat dan makna filsafat agama.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com