Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Tinjauan Pustaka? Berikut Definisinya Menurut Para Ahli

Kompas.com - 20/01/2023, 12:30 WIB
definisi tinjauan pustaka menurut ahli Sumber: unsplash definisi tinjauan pustaka menurut ahli
Rujukan artikel ini:
Menyusun Tinjauan Pustaka: untuk Skripsi,…
Pengarang: Zulkifli
|
Editor Rahmad

Masih banyak orang yang mengira kalau Tinjauan Pustaka serta daftar Pustaka adalah dua hal yang sama. Padahal, keduanya sangatlah berbeda. Kalau Tinjauan Pustaka merupakan ringkasan dari penelitian-penelitian sebelumnya mengenai suatu topik penelitian tertentu. Biasanya, Tinjauan Pustaka berada pada bab dua dalam suatu karya tulis ilmiah.

Sedangkan Daftar Pustaka, merupakan sebuah kumpulan dari berbagai sumber literatur yang digunakan sebagai referensi penelitian dan biasanya, terletak pada bagian akhir karya tulis.

Kegiatan utama pada bab Tinjauan Pustaka adalah kegiatan dalam mengulas atau mengkaji pstaka, konsep, teori, model, penelitian terdahulu, dan lain sebagainya yang biasanya digunakan peneliti sebagai landasan atau acuan dalam penelitian skripsi yang dilakukan.

Agar kamu tidak merasa kebingungan mengenai Tinjauan Pustaka, ada baiknya untuk kamu mengetahui terlebih dahulu definisi dari Tinjauan Pustaka. Berikut penjelasan tentang Tinjauan Pustaka menurut para ahli.

Pengertian Tinjauan Pustaka Menurut Ahli

definisi tinjauan pustaka menurut ahli definisi tinjauan pustaka menurut ahli

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di awal, Tinjauan Pustaka merupakan ringkasan komprehensif dari penelitian sebelumnya mengenai suatu topik tertentu. Tinjauan Pustaka berasal dari penelitian yang relevan.

Dalam Bahasa Inggris, Tinjauan Pustaka disebut dengan review of the literature. Menurut istilah, Tinjauan Pustaka bisa dikatakan sebagai peninjauan ulang terhadap suatu literatur yang sudah ada sebelumnya dengan pengembangan yang berbekal hipotesis dari hasil mengulas literatur sebelumnya.

Tinjauan Pustaka juga bisa didefinisikan sebagai evaluasi kritis serta mendalam dari penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Tinjauan Pustaka merupakan bagian yang menyediakan panduan praktis mengenai suatu topik tertentu.

Tinjauan Pustaka ini sangat membantu kamu yang mempunyai waktu penelitian yang terbatas. Dengan begitu, bisa memberikan kamu gambaran umum mengenai penelitian yang serupa dengan penelitian yang kamu lakukan.

Tinjauan Pustaka juga bisa diartikan sebagai penegasan terhadap Batasan-batasan pada suatu karya tulis ilmiah. Biasanya, inti dari Tinjauan Pustaka termuat pada kata kunci yang ada pada bagian abstrak. Untuk itu, penulisan serta penyusunan pada karya tulis ilmiah harus memiliki studi kepustakaan. Berikut ini Tinjauan Pustaka menurut ahli.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

1. Cooper

Tinjauan Pustaka menurut Cooper mempunyai beberapa bentuk. Yang pertama, Tinjauan Pustaka menggabungkan apa yang dinyatakan, dikatakan, serta dilakukan oleh orang lain. Bentuk yang selanjutnya adalah Tinjauan Pustaka mengkritisi penelitian dari penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, ini juga sekaligus bisa membangun jembatan di antara topik-topik. Yang terakhir, Tinjauan Pustaka adalah mengidentifikasi isu-isu sentral dalam suatu bidang tertentu.

2. Leedy

Menurut Leedy, Tinjauan Pustaka merupakan penjelasan yang harus berisi tentang pernyataan dari peneliti sebelumnya tentang penelitian serupa yang telah dikerjakan. Jadi, Tinjauan Pustaka didasari oleh langkah-langkah pengembangan dari penelitian.

3. Ganda

Pengertian Tinjauan Pustaka menurut Ganda adalah bab pada sebuah karya tulis ilmiah yang menerangkan mengenai teori yang digunakan. Jika didasarkan pada penjelasan Ganda, maka Tinjauan Pustaka mempunyai fungsi hipotesis dalam suatu penelitian. Pendapat ini juga masuk akal karena penelitian dilengkapi dengan dugaan awal atau hipotesis yang ditulis di awal.

4. Eki Meliansyah

Eki Meliansyah mengatakan bahwa Tinjauan Pustaka adalah sebuah kegiatan mencari, membaca, serta menelaah laporan-laporan penelitian yang relevan dengan sebuah penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti.

5. Castetter dan Heisler

Castetter dan Heisler berpendapat bahwa Tinjauan Pustaka adalah saran yang mencakup bagian-bagian penelitian seperti pada pendahuluan, pembahasan, serta kesimpulan. Nah, semua itu harus ada pada bab Tinjauan Pustaka. Maka dari itu, Tinjauan Pustaka dianggap menjadi sebuah bab yang penting dalam sebuah karya tulis ilmiah. Apalagi mengingat manfaat dari Tinjauan Pustaka yang memiliki kegunaannya tersendiri dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Gimana, jadi lebih tahu tentang arti dari Tinjauan Pustaka yang sebetulnya, bukan? Dengan begitu, kamu pasti akan lebih mudah dalam mengerjakan bab Tinjauan Pustaka. Sebab, Tinjauan Pustaka menjadi bab yang penting dalam suatu karya ilmiah.

Kamu juga bisa mempelajari Tinjauan Pustaka melalui buku Menyusun Tinjauan Pustaka: untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi serta sebagai Artikel Ilmiah karya Zulkifli. Buku ini bisa menjadi literatur untuk semua peneliti, baik peneliti pada tingkatan mahasiswa, sarjana, maupun pakar yang dituntut untuk mengerjakan Tinjauan Pustaka di bidangnya, sesuai dengan topik yang sedang dikaji oleh pembaca.

Susunan Tinjauan Pustaka yang terdapat dalam buku ini berasal dari catatan serta draft dari penulis sendiri. Catatan yang dibuat oleh peneliti ini berasal dari bahan persiapan dalam mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian yang sudah berlangsung hamper selama 30 tahun lamanya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com