Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Rekomendasi Bahan Jilbab yang Bagus, Mudah Dipakai dan Adem

Kompas.com - 10/01/2023, 13:30 WIB
Bahan jilbab yang bagus Photo by Endho on Pixabay Bahan jilbab yang bagus
Rujukan artikel ini:
Seri Muslimah Kerudung Khazanah Nusantara
Pengarang: Amy Wirabudi, Tini Sardadi
|
Editor Rahmad

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman menggunakan jilbab yang panas atau susah dibentuk? Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui bahan jilbab yang bagus, apalagi jika kamu menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Bahan Jilbab yang Bagus

Berikut ini jenis bahan jilbab yang bagus kualitasnya karena nyaman digunakan dan mudah dibentuk:

1. Bahan Crepe

Bahan crepe merupakan jenis kain yang memiliki keunikan tersendiri sehingga banyak diminati kalangan wanita. Hal ini karena jenis kain ini sering digunakan dalam pembuatan jilbab. Karena itulah banyak wanita yang tertarik dengan kain berbahan dasar crepe ini.

Secara keseluruhan, kain crepe ini memiliki beberapa keunikan namun menarik. Crepe ini juga memiliki tekstur kasar pada permukaan yang tipis. Ciri-ciri kain crepe yang paling unik yaitu permukaan bahan crepe memiliki kerutan seperti kulit jeruk.

Jadi tak perlu dikatakan bahwa banyak orang merasa nyaman dengan bahan crepe. Misalnya bahan moscrepe yang lebih premium dengan kain yang lebih halus dan tidak nerawang.

2. Sifon

Hijaber perlu tahu bahan yang satu ini. Bahan kain sudah banyak digunakan sebagai bahan jilbab. Bahan katun dan serat sintetik membuat kerudung ini ringan dan lembut.

Walaupun bahan kain ini tipis dan licin, bahan kain ini cukup cocok untuk bahan jilbab karena terlihat jatuh di badan dan natural. Tidak perlu khawatir jilbab tidak menempel di kepala karena kamu tetap bisa menyiasatinya dengan menggunakan stand hijab.

3. Hikon

Bahan hycon sekilas tidak terlihat jauh berbeda dengan bahan kain sifon. Namun yang membedakannya dengan yang lain adalah memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan sifon.

Sehingga bahan hycon lebih lembut dan nyaman dibandingkan dengan bahan sifon. Hal ini karena bahannya yang sangat tipis, hijab hyco biasanya dipakai dua layer.

4. Voile

Sifat bahan jenis ini hampir sama dengan hycon, halus dan lembut. Sifatnya yang ringan dan mudah menyerap keringat membuat bahan ini nyaman dipakai di siang hari.

Karena bahannya kaku, sebaiknya gunakan ciput lining agar lebih kreatif dengan desain jilbab bahan voile ini.

5. Sutra

Kain sutera terkenal dengan harganya yang mahal, bahannya yang lembut dan sejuk sangat nyaman dipakai sebagai hijab. Kekurangan dari bahan hijab ini adalah mudah dilipat sehingga membutuhkan perawatan khusus saat menggunakannya.

Terbuat dari bahan sutra, jilbab ini cocok digunakan untuk acara formal dimana tampilan terlihat lebih elegan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Katun

Bahan ini sangat mudah dirawat, tidak mudah kusut atau luntur. Teksturnya yang halus membuatnya nyaman dipakai setiap hari. Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir kepanasan jika memakai hijab di siang hari karena bahan ini sejuk dan mudah menyerap keringat.

7. Wolpeach

Bahan jilbab yang bagus juga bisa dari bahan wolpeach yang lebih ringan dan tipis dibandingkan bahan jersey. Harganya juga relatif lebih mahal karena kualitasnya termasuk bahan jilbab yang premium.

Woolpeach tidak transparan seperti bahan sifon, bisa langsung dipakai tanpa undercoat atau dalaman kerudung. Bahannya sejuk dan ringan, cocok untuk iklim tropis.

8. Rayon

Rayon adalah kain yang terbuat dari unsur-unsur yang tidak alami. Teksturnya cenderung lentur dan tebal, nyaman dipakai saat cuaca panas. Bagi yang menginginkan gaya santai, kain rayon bisa menjadi pilihan yang juga cocok untuk dipakai sehari-hari.

Bahannya lentur dan mudah diatur, kamu bisa bebas menatanya dengan model hijab apapun. Namun, jangan terlalu lama memakainya, karena sifat bahan ini mudah menyerap keringat sehingga menimbulkan bau yang sedikit asam.

9. Poliester

Hijab yang cocok untuk gaya casual adalah hijab berbahan polyester. Bahan hijab ini bisa kamu kenakan untuk daily wear dimanapun dan kapanpun. Bahannya juga tidak mudah kusut, dengan bahan seperti ini kamu selalu tampil keren.

Perlu diingat bahwa bahan polyester tidak cocok digunakan pada cuaca panas karena bahannya kurang menyerap keringat. Jadi lebih baik memakai jilbab ini di musim dingin.

Buku Seri Muslimah Kerudung Khazanah Nusantara yang ditulis Amy Wirabudi dkk bisa kamu jadikan referensi mengenal banyak gaya jilbab, termasuk dengan karakteristik bahannya. Sehingga kamu bisa menata jilbab sesuai dengan bahan yang nyaman.

Buku ini juga bisa pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com