Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Film Perang Korea Terbaik, Ada yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Kompas.com - 28/12/2022, 12:30 WIB
Film Perang Korea Photo by Defence-Images on Pixabay Film Perang Korea
Rujukan artikel ini:
Perang Korea
Pengarang: Frassminggi Kamasa
|
Editor Rahmad

Film perang Korea cukup menyita perhatian banyak penonton Korea Selatan maupun internasional. Film bertema perang Korea dibagi menjadi dua peristiwa besar yang membentuk Korea Selatan saat ini.

Termasuk perang atas Jepang saat perang dunia kedua dan juga perang saudara dengan Korea. Bahkan, ada film yang diangkat dari kisah nyata dan masuk daftar film perang terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Film-film ini sarat akan patriotisme, terutama patriotisme militer yang kemudian menjadi jiwa prajurit. Ada pula film Perang Korea ini juga menampilkan pertempuran Dinasti Joseon yang cukup terkenal di Korea Selatan.

Rekomendasi Film Perang Korea

Berikut ini rekomendasi film Perang Korea Terbaik yang bisa masuk list tontonanmu:

1. Northern Limit Line

Apakah kamu ingat Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 dengan Jepang? Sementara warga menikmati euforia ini, ternyata ratusan tentara Korea Selatan berperang melawan Korea Utara dalam Perang Yeonpyeong Kedua.

Selama perang, kapal perang Korea Utara menembaki kapal perang musuh. Serangan itu memicu pertempuran dan menewaskan puluhan orang.

Film Perang Korea ini menampilkan ikhtisar tingkat tinggi dari pertempuran laut. Selain itu, kamu juga akan terkesima dengan aksi heroik dan persahabatan para prajurit Angkatan Laut ROK yang ditampilkan dalam film ini.

2.Wolmido

Diterbitkan pada tahun 1982, film perang Korea ini dianggap sebagai film paling populer di Korea Utara. "Wolmido" menceritakan sisi lain dari Pertempuran Incheon pada bulan September 1950.

Film ini bercerita ketika tentara Amerika Douglas MacArthur memerintahkan 40.000 tentara untuk mendarat di Korea Selatan. Wolmido adalah nama sebuah pulau di lepas pantai Incheon.

Dalam film ini, Penjaga Pantai Korea Utara harus mempertahankan pulau itu dari serangan pasukan Amerika. Meski "Wolmido" sepertinya menyebarkan propaganda, setidaknya kamu bisa merasakan tindakan dan sikap Korea Utara selama Perang.

3. Ayla: The Daughter of War

Ayla: The Daughter of War adalah sebuah film tentang ikatan keluarga antara seorang tentara Turki dan seorang gadis kecil pengungsi Korea.

Suleyman, seorang tentara Turki, secara tidak sengaja menemukan seorang gadis yang kehilangan orang tuanya saat sedang berpatroli.

Bersama tentara Turki lainnya, Suleyman mengadopsi gadis itu dan menamainya Ayla, yang berarti bulan. Alih-alih adegan perang yang seru, film ini menampilkan kehidupan warga Korea saat perang.

Film perang ini juga diangkat dari kisah nyata dan diproduksi oleh salah satu saluran TV utama Korea, MBC.

4. Battle of Jangsari

Rekomendasi film perang Korea yang masih fresh karena rilis di tahun 2019 yaitu Battle of Jangsari. Penggemar berat SHINee pasti tahu film ini karena Choi Min-ho adalah aktor di dalamnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seperti film '71: Into The Fire, film "Battle of Jangsar" menampilkan sekelompok tentara pelajar yang melawan tentara Korea Utara.

Bedanya, film ini bersetting di pantai Incheon, di mana seorang mahasiswa tentara berusaha mengalihkan perhatian tentara Korea Utara ke Pantai Jangsari.

5. My Way

Dirilis pada tahun 2011, film ini berlatar Perang Dunia II, yang membantu memicu Perang Korea setelahnya. Film ini terinspirasi dari kisah nyata Yang Kyoungjong yang hidup di masa kelam itu.

Yang Kyoungjong, mengenakan seragam militer Jerman, tiba-tiba menangkap pasukan terjun payung dari Amerika Serikat. Lebih buruk lagi, dia dituduh wajib militer (wamil) tentara Jepang, Soviet dan Jerman selama Perang Dunia II.

Meski plotnya terlihat kacau, "My Way" dianggap sebagai film perang Korea yang dibuat dengan ambisi besar. Menariknya, penonton bisa mendapatkan adegan pertempuran dari kedua sisi peperangan.

6. A Little Pond

Momen paling memalukan dalam sejarah Perang Korea juga bisa kamu lihat, yaitu pembantaian No Gu Ri melalui film A Little Pond ini. Para pemeran film "Little Pond" memerankan tokoh-tokoh yang tewas dalam pembantaian itu.

Awal pembantaian ini terjadi ketika sekelompok tentara Amerika menembak mati beberapa pengungsi Korea Selatan yang diduga menyembunyikan penjajah dari Korea Utara. Jumlah korban yang jatuh mencapai ratusan orang.

Menariknya, banyak orang yang tidak mengetahui peristiwa ini hingga akhirnya sekelompok wartawan menerbitkan laporan kesaksian para tentara dan penyintas pembantaian ini.

7. 71: Into The Fire

Seperti namanya, film ini bercerita tentang 71 tentara pelajar yang melawan tentara elit Korea Utara di masa awal Perang Korea. Film ini dibintangi T.O.P yang juga merupakan penyanyi terkenal dari boyband Bingbang.

Kita pasti sudah tidak asing dengan kisah perseteruan dua negara saudara yang berpisah ini, yakni Korea Selatan dan Korea Utara. Jika tertarik dengan kisah dua negara yang bertikai ini, kamu bisa baca buku Perang Korea, selain menonton film perang korea di atas.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com