Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam Beserta Dalilnya

Kompas.com - 23/12/2022, 11:00 WIB
Keutamaan Hari Jumat Sumber Gambar: Pexels.com Keutamaan Hari Jumat
Rujukan artikel ini:
Rahasia Keutamaan Surat Al-Quran
Pengarang: Muhammad Zaairul Haq
|
Editor Novia Putri Anindhita

Keutamaan hari Jumat untuk umat Islam amatlah penting karena berbagai peristiwa penting terjadi di hari tersebut, seperti diciptakannya Nabi Adam hingga terjadinya hari kiamat.

Di dalam agama Islam sendiri, Jumat menjadi hari yang paling spesial dibandingkan hari-hari lainnya sebab bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda di hari tersebut untuk setiap orang yang melakukan kebajikan.

Jumat dipercaya sebagai hari yang penuh dengan keistimewaan karena terdapat amalan khusus yang hanya bisa dilakukan di hari tersebut, yaitu salat Jumat untuk kaum pria.

Selain itu, amalan-amalan lainnya yang bisa dilakukan di hari Jumat antara lain seperti membaca Al-Quran, Wirid, salat, zikir, dan lain sebagainya.

Hari Jumat juga disebutkan dalam sebuah Hadits Riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

Artinya:

Sebaik-baik hari di mana Matahari terbit di saat itu ialah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari saat ia dimasukkan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

Meskipun rasanya seperti hari biasa, tapi hari Jumat justru menyimpan banyak rahasia tentang kemuliaannya dibandingkan hari-hari lainnya.

Keutamaan hari Jumat tak lain disebabkan karena kejadian hingga berlimpahnya karunia dari Allah SWT.

Lantas, apa saja keutamaan hari Jumat yang perlu diketahui oleh umat Islam? Simak keutamaan hari Jumat menurut agama Islam berikut ini.

Keutamaan Hari Jumat

1. Nabi Adam Diciptakan

Keutamaan hari Jumat yang pertama adalah diciptakannya Nabi Adam oleh Allah SWT sebagai manusia pertama dengan penuh kemuliaan.

Diciptakannya Nabi Adam di hari Jumat sudah dijelaskan di dalam ayat Al-Quran surat Al Baqarah ayat 30 yang menyatakannya secara jelas:

Dan (ingatlah) ketika Tuhan-mu Berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia Berfirman, “Sungguh, Aku Mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-Baqarah: 30)

2. Memperoleh Pahala yang Berlipat Ganda

Keutamaan hari Jumat selanjutnya adalah pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT jika mengerjakan ibadah, baik wajib maupun sunnah, dan berbuat amal kebajikan.

Umat Muslim yang mengerjakan kegiatan ibadah serta kegiatan amal di hari Jumat, akan mendapatkan pahala yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Keutamaan hari Jumat yang satu ini juga disebut dalam ayat suci Al-Quran yang berbunyi sebagai berikut:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah Melipatgandakan bagi siapa yang Dia Kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)

3. Hari yang Mustajab untuk Berdoa

Jumat juga menjadi hari yang paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar senantiasa meminta pertolongan-Nya.

Berdoa sejatinya memang dapat dilakukan kapan saja, tapi hari Jumat menjadi waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan meminta kebaikan dari Allah SWT.

Hal ini juga sudah diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadist berikut ini.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan tentang hari Jumat lalu ia bersabda, 'Di dalamnya terdapat waktu. Andai seorang Muslim berdoa saat itu, pasti diberikan apa yang ia minta.’ Lalu Beliau mengisyaratkan dengan tangannya mengenai sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852 dari Sahabat Abu Hurairah)

4. Dilindungi dari Fitnah Kubur

Orang-orang yang menghembuskan napas terakhir mereka di hari Jumat niscaya akan dilindungi oleh Allah SWT dari fitnah kubur.

Mereka akan dimudahkan dan dilancarkan saat tengah berada di alam kubur, seperti yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadist berikut ini.

Dari Abdullah bin Amru RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang Muslim meninggal di hari Jumat, kecuali Allah lindungi dari fitnah kubur.” (HR Tirmidzi 1074)

5. Salat Jumat

Salat Jumat atau yang lebih dikenal dengan Jumatan tentunya sudah bukan sesuatu yang baru, khususnya bagi laki-laki.

Allah SWT sudah memerintahkan ke seluruh umat Muslim untuk berkumpul dan mengerjakan ibadah kepada-Nya di hari Jumat.

Hal ini tertulis dalam surat Al Jumuah ayat 9 berikut ini.

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Mungkin setelah mengetahui keutamaan hari Jumat, kamu juga penasaran dengan keutamaan surat Al-Quran, sehingga buku Rahasia Keutamaan Surat Al-Quran bisa dijadikan pedoman yang menjawab rasa penasaran tersebut.

Buku ini mengupas mengenai sederet keutamaan di balik surat-surat yang terdapat dalam Al-Quran yang ditulis berdasarkan sumber-sumber terpercaya, dilengkapi pula dengan cara mengamalkan surat-surat tersebut.

Dapatkan segera buku Rahasia Keutamaan Surat Al-Quran lewat Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com