Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 5 Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga yang Patut Diwaspadai

Kompas.com - 19/12/2022, 13:00 WIB
Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga Sumber Gambar: Freepik.com Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga
Rujukan artikel ini:
Mukjizat Enzim
Pengarang: Hiromi Shinya
|
Editor Puteri

Penyebab badan lemas tak bertenaga tak luput dari rasa lelah dan stres yang dialami oleh tubuh maupun pikiran, sehingga membuat kondisi fisik menjadi kurang prima.

Setiap orang tentunya pernah mengalami kondisi ini tatkala lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh di tengah aktivitas sehari-hari yang padat.

Pekerjaan yang menyita fisik dan mental tentunya akan membuat kondisi tubuh ikut terpengaruh menjadi lelah dan lemas karena terus diforsir tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi.

Namun, ternyata, penyebab badan lemas tak bertenaga tak melulu akibat kelelahan atau kurang istirahat belaka, tapi ada penyebab lainnya yang harus mulai diwaspadai kehadirannya.

Secara umum, badan yang lemas merupakan respons dari padatnya aktivitas yang dikerjakan, stres emosional, pola makan yang tidak teratur, hingga waktu tidur yang kurang.

Biasanya kondisi ini akan kembali pulih jika kita mampu mencukupi kebutuhan akan istirahat, asupan yang bergizi, dan menghindari stres.

Namun, jika rasa lemas ini tak kunjung menghilang atau pulih, maka dapat diindikasikan kita tengah mengalami gangguan kesehatan yang harus diwaspadai.

Maka dari itu, jangan pernah abai ataupun lalai dalam menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari kondisi badan lemas tak bertenaga.

Lalu, apa saja penyebab yang membuat kondisi badan menjadi lemas tak bertenaga? Simak penjelasannya berikut ini.

5 Penyebab Badan Lemas

1. Penyakit Jantung

Tidak hanya merasakan nyeri di dada, badan yang lemas tak bertenaga pun menjadi salah satu tanda awal terjadinya gangguan pada jantung.

Rasa lelah dan lemas yang luar biasa akan dirasakan khususnya ketika aktivitas berat dan gerakan fisik yang terlalu intens.

Maka dari itu, saat kamu merasakan badan lemas tak bertenaga ketika melakukan aktivitas berat atau sehabis olahraga sudah mulai harus curiga.

Segera pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi badan agar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

2. Anemia

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau kandungan hemoglobin di dalam darah.

Orang yang menderita anemia tidak bisa mempromosikan sel-sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sehingga menyebabkan badan menjadi lemas tak bertenaga.

Maka, ketika badan selalu merasa lemas tak bertenaga, ini bisa menjadi tanda jika kamu mengidap anemia.

Tidak hanya itu, penderita anemia pun akan tampak lesu, wajah pucat, dan sering mengantuk.

3. Depresi

Salah satu penyebab badan lemas tak bertenaga yang patut diwaspadai ialah gangguan kondisi kesehatan mental atau depresi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pengidap depresi biasanya akan merasakan perasaan hampa yang membuat mereka tidak bahagia dan akan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik.

Kondisi seperti ini akan menguras banyak energi yang menghilangkan semangat dan berdampak pada badan yang menjadi lemas tak bertenaga.

Selain mengalami kelelahan, depresi juga akan memberikan dampak lainnya seperti berkurangnya nafsu makan, hilang konsentrasi, dan mengalami gangguan tidur.

4. Diabetes

Masalah kesehatan lainnya yang bisa menjadi dalang dari badan lemas tak bertenaga, yaitu penyakit diabetes melitus.

Proses penyerapan glukosa ke dalam sel yang tidak berjalan dengan baik akibat produksi insulin terlalu sedikit pada pengidap diabetes menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan lemas.

Penyakit diabetes juga mempunyai tanda-tanda lainnya selain membuat badan menjadi lemas, seperti buang air kecil lebih sering, selalu merasa haus, dan berat badan yang turun drastis.

Segera periksakan diri ke dokter saat badan terasa lemas dan tak bertenaga secara berkelanjutan untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

5. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan sering terhenti selama mata terpejam.

Kondisi napas henti ini dapat berlangsung selama beberapa detik yang berpengaruh pada pasokan oksigen ke otak yang berkurang.

Tidak hanya otak yang mengalami kekurangan oksigen, tapi organ-organ vital lainnya, seperti ginjal dan jantung pun turut serta terkena dampaknya.

Efeknya akan mengganggu kualitas dan kuantitas tidur yang mengakibatkan badan lemas tak bertenaga.

Kelima gangguan kesehatan ini, baik fisik maupun mental, dapat menjadi faktor penyebab badan lemas tak bertenaga.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan amat sangat diperlukan dan buku Mukjizat Enzim: Cara Hidup Agar Tidak Jatuh Sakit yang ditulis oleh Hiromi Shinya bisa membantu kamu mengubah gaya hidup menjadi jauh lebih sehat.

Tidak hanya membantu menjaga kesehatan, buku ini pun mengajarkan cara-cara menjadi awet muda lewat pemeliharaan enzim di dalam tubuh.

Selain itu, dijelaskan pula beberapa faktor yang menyebabkan penurunan kesehatan tubuh, seperti terlalu banyak mengonsumsi lemak hewani, kebiasaan minum alkohol, hingga dampak kafein dari teh dan kopi.

Segera order bukunya di Gramedia.com, ya!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com