Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips Membuat Konten Media Sosial yang Efektif Berikut Ini!

Kompas.com - 27/10/2022, 13:00 WIB
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sumber: tokopedia.com

Di zaman yang serba canggih ini, media sosial sudah melekat sekali dengan kehidupan. Sosial media sering digunakan untuk curhat, berbagi kesenangan dengan orang lain, mengunggah foto, dan banyak hal menyenangkan lainnya.

Hal-hal yang diunggah ke dalam media sosial dapat dianggap sebagai konten. Konten yang di sosial media sangat bervariasi, seperti konten lucu, konten sedih, konten edukatif.

Pengguna sosial media biasanya membagikan konten dalam bentuk hiburan namun beberapa tahun terakhir, konten sosial media juga digunakan sebagai alat pemasaran, lho!

Entah untuk hiburan atau untuk bisnis, konten yang akan dikeluarkan pastinya harus disiapkan dan dieksekusi sebaik mungkin karena jika konten yang dihasilkan tidak dieksekusikan sebaik mungkin maka audiens tidak akan tertarik dengan konten kamu. Jadi, gimana sih biar konten sosial media itu menjadi efektif dan menarik audiens?

Cara Membuat Konten Yang Efektif di Sosial Media

1. Kenali Audiens

Dalam membuat konten, ada baiknya kamu mengenali audiensnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui dan mengenali jenis audiens, konten yang dibuat bisa disesuaikan dengan minat para audiens yang kamu sasar. Misalnya, kamu ingin membuat konten hiburan, pelajari dulu karakter audiens yang biasanya tertarik pada konten yang ingin kamu buat.

2. Tentukan Jenis Konten

Konten memiliki banyak jenis, sebut saja konten informatif yang akan memberikan informasi, konten edukasi yang mengedukasi dan mengajarkan audiensnya tentang suatu hal, atau konten hiburan yang banyak diminati oleh orang-orang.

Selain itu, kamu juga harus menentukan dalam bentuk seperti apa kamu akan mengemas konten kamu. Contohnya, kamu dapat membuat konten berupa video, poster infografis, podcast, dan lain-lain.

3. Mulai Merencanakan dan Produksi Konten

Setelah audiens dan jenis konten sudah ditentukan maka bisa memulai merencanakan konten seperti apa yang akan dibuat seperti membuat skrip, menentukan cerita yang akan digunakan pada konten, menentukan orang yang akan ada dalam konten.

Jika hal-hal seperti itu sudah dipenuhi maka konten dapat mulai diproduksi.

Nah, itu beberapa tips untuk menulis konten yang efektif di sosial media. Dengan konten yang efektif dan pemasaran yang baik, audiens akan mulai mengikuti kamu dan semakin tertarik dengan konten-konten yang akan dikeluarkan kamu nantinya.

Para konten kreator atau pebisnis pemula yang kebingungan bagaimana membuat konten yang efektif di sosial media, Admin punya solusinya! Kalian bisa ikutan webinar “Taktik Jitu Bikin Konten Slay” yang pastinya akan memberikan kalian informasi sebanyak mungkin tentang pembuatan konten. Kegiatan yang diadakan tanggal 30 Oktober 2022 ini merupakan rangkaian acara dari Generation 5.0 Festival.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Webinar ini merupakan kerjasama antara Gramedia Digital dan Ibu Pembelajar Indonesia dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2022.

Dalam webinar ini, kamu akan ketemu dengan Jefferly Helianthusonfri, praktisi digital marketing yang akan membagikan ilmunya. Webinar ini akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB. Yuk ikutan yang tertarik dengan pembuatan konten digital!

Selain webinar tentang pembuatan konten, acara Generation 5.0 Festival juga masih punya empat webinar untuk remaja dan dewasa lainnya serta dua aktivitas edukatif untuk anak usia TK dan SD. Yuk, kepoin detail event dan link pendaftarannya!

Selain mendapat kesempatan belajar dari dua womanpreneur hebat yang sudah berpengalaman ini, kamu juga berkesempatan untuk memperoleh hadiah-hadiah menarik senilai total jutaan rupiah!

Kamu hanya perlu berlangganan Full Premium Package 1 Bulan Gramedia Digital untuk mengikuti webinar ini maupun rangkaian acara lainnya pada Generation Festival 5.0 secara gratis!

Jika kamu sudah berlangganan dan ingin mengikuti acaranya, kamu bisa registrasi di ibupembelajar.id/event/77.

Rangkaian Acara Generation Festival 5.0

Tidak kalah menarik dan bermanfaat dari kegiatan “Bisnisku, Passion-ku”, rangkaian kegiatan lain di acara Generation Festival 5.0 juga dapat kamu ikuti, mulai dari tanggal 28-30 Oktober 2022.

Dengan mengusung kampanye #SahabatTanpaBatas, kegiatan edukatif ini dapat diikuti oleh peserta dari segala usia. Pada hari Jumat, 28 Oktober 2022, rangkaian acara diawali dengan webinar Mengelola Mental, Menabung Kebahagiaan dilanjut pada SADARI & Sayangi Payudaramu! yang dihadiri oleh dokter, psikolog, dan penulis buku.

Hari Sabtu, 29 Oktober 2022, ada kelas menulis untuk anak, Cara Asyik Menulis Cerita, kemudian dilanjutkan dengan webinar Bisnisku, Passion-ku.

Sementara untuk hari Minggu, 30 Oktober 2022, akan ada webinar dan kelas mewarnai Warna-warni Hewan Nusantaraku dan Taktik Jitu Bikin Konten Slay sebagai penutup, yang dibawa oleh penulis buku dan editor dari penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Yuk, ikuti seluruh webinarnya dengan mudah dan jangan sampai ketinggalan! Acara ini terbuka dan gratis untuk semua pelanggan Full Premium Package Gramedia Digital dan BOOKR Class. Untuk informasi lebih lengkap mengenai rangkaian acara Generation 5.0 Festival, bisa klik di promo.gramedia.com/gen-50-festival/.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com