Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis-jenis Diskusi yang Perlu Diketahui Sebelum Kamu Mempersiapkannya!

Kompas.com - 05/09/2022, 10:30 WIB
Jenis-jenis Diskusi Photo by StartupStockPhotos on Pixabay Jenis-jenis Diskusi
Rujukan artikel ini:
Menulis Artikel&Tajuk Rencana Edisi Revisi
Pengarang: Drs. As. Haris Sumadiria,…
|
Editor Rahmad

Ada banyak cara untuk berkomunikasi, salah satunya adalah diskusi. Sejak masa sekolah, kamu mungkin sudah terbiasa berdiskusi dalam kelompok besar dan kecil. Diskusi adalah dua kegiatan di mana suatu topik dibahas sebagai bentuk pertukaran ide, informasi, dan pendapat antar kelompok untuk menemukan titik temu.

Banyak ide hebat datang dari diskusi. Diskusi menjadi penting karena dunia kampus misalnya, terasa membosankan bagi mahasiswa tanpa diskusi untuk bertukar pikiran. Dalam praktiknya, kamu mungkin butuh teks diskusi untuk mempersiapkan acaranya dengan baik.

Dalam beberapa diskusi kamu harus memiliki bahan dan materi untuk didiskusikan. Maka kamu bisa menyesuaikan materi dengan membuat catatan atau paragraf berupa teks yang lengkap agar idemu tersampaikan dengan baik.

Jenis-jenis Teks Diskusi

Berikut ini jenis-jenis diskusi yang perlu kamu ketahui, dari pengertian dan tujuannya agar bisa mempersiapkannya dengan baik:

1. Diskusi Kelompok

Diskusi kelompok termasuk jenis diskusi yang paling sederhana dan jenis instruksi dimana sekelompok orang berinteraksi tatap muka. Setiap anggota diberi kesempatan untuk menyampaikan pemikirannya dan berbagi pengalaman serta informasi tentang cara memecahkan masalah.

Yang dibutuhkan hanyalah kursi atau moderator, pencatat, dan sejumlah kecil peserta untuk berlari. Diskusi kelompok membantu melatih individu untuk menghargai pendapat orang lain.

2. Diskusi Seminar

Seminar adalah suatu bentuk diskusi yang digunakan untuk mencari konsensus dan pendapat ketika berhadapan dengan isu-isu formal.

Seminar biasanya fokus pada topik tertentu, seperti masalah sehari-hari, dilakukan dalam dialog dengan moderator. Sesekali juga akan ada diskusi dan tukar pengalaman.

Fungsi dari diskusi ini adalah untuk melatih kehidupan refleksi diri untuk memecahkan berbagai masalah dan mencari solusi. Selain itu, kita dapat saling menghormati pendapat, menyelesaikan sesuatu dengan cepat, dan mendorong kolaborasi yang baik.

3. Diskusi Panel

Jenis diskusi selanjutnya adalah diskusi panel. Hal ini biasanya dilakukan untuk memperluas wawasan tentang topik yang biasa dibahas. Misalnya, ada kursus pelatihan bisnis online yang menawarkan pelajaran praktis dan teori.

Dimulai dengan riset kata kunci, mengetahui berapa banyak pesaing yang kamu miliki, pembuatan situs web, pemasaran artikel, branding, dan lainnya. Diskusi panel juga biasanya diadakan untuk membahas isu-isu di tempat-tempat umum seperti radio dan televisi.

4. Diskusi Simposium

Simposium adalah bentuk diskusi di mana topik tertentu dibahas. Diskusi ini akan dimoderatori dan setiap peserta akan diberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan komentar setelah diskusi utama dan diskusi pendamping selesai.

Hasil simposium dapat disebarluaskan, terutama oleh pendebat utama dan pembangkang, tetapi pandangan umum dianggap perlu.

5. Lokakarya

Lokakarya adalah pertemuan para pakar atau ahli yang bertujuan untuk membahas masalah di lapangan. Lokakarya, juga disebut dengan istilah workshop yang diintegrasikan ke dalam konferensi ilmiah yang lebih kecil.

Perbedaan antara workshop dan seminar adalah hasil yang diperoleh. Workshop menghasilkan karya yang dapat digunakan oleh peserta workshop dalam proses pembelajarannya.

6. Debat Parlemen atau Diskusi Kongres

Diskusi kongres adalah pertemuan di mana perwakilan dari organisasi politik, sosial, atau profesional mendiskusikan masalah dan membuat keputusan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

7. Diskusi Konferensi

Konferensi adalah pertemuan untuk bernegosiasi dan bertukar pandangan tentang isu-isu umum. Rapat biasanya diadakan oleh lembaga PR atau panitia acara untuk mengumumkan, menjelaskan, mengadvokasi atau mempromosikan kebijakan dengan tujuan meningkatkan penerimaan publik.

8. Sarasehan

Sarasehan diadakan untuk membahas topik tertentu secara informal dan formal. Sarasehan juga memungkinkan setiap peserta untuk berinteraksi langsung dengan pembicara yang diundang. Ini tidak harus dilakukan melalui moderator.

Tujuan dari diskusi ini adalah untuk membahas topik dan masalah yang tidak terlalu sulit dan untuk melakukan percakapan yang sangat serius.

Dengan kata lain, peserta Sarasehan tidak perlu berasal dari bidang tertentu, karena diskusi ini biasanya dilakukan dengan topik-topik penting pilihan yang sangat populer di kalangan masyarakat luas.

9. Diskusi Konvensi Nasional (Munas)

Munas adalah singkatan dari Musyawarah Nasional, suatu bentuk forum yang dihadiri oleh perwakilan negara untuk membahas masalah di tingkat nasional.

10. Diskusi Pelatihan (Training)

Jenis diskusi terakhir adalah diskusi pelatihan. Pelatihan atau training adalah diskusi yang terfokus pada praktek teori. Kata pelatihan banyak digunakan dalam dunia kerja.

Tergantung kebijakan perusahaan, seseorang yang memulai pekerjaan biasanya harus melalui masa pelatihan selama satu sampai tiga bulan. Penting untuk belajar diskusi atau berdebat sejak usia dini.

Ini akan membantu kamu mengembangkan keterampilan diskusi publik yang baik dan menyampaikan ide-ide kamu dalam kelompok. Apalagi percakapan umum memiliki fungsi dan manfaat dalam kehidupan.

Fungsi dan manfaat diskusi adalah dapat menghargai pendapat orang lain, mengendalikan ego batin, memahami kepribadian, berbagi ilmu, dan mempererat hubungan satu sama lain.

Buku Menulis Artikel dan Tajuk Rencana Edisi Revisi yang ditulis Haris Sumadiria dapat memberimu referensi tulisan opini yang baik.

Dalam praktiknya teks diskusi memiliki pola dan penyampaian materi yang hampir sama dengan opini atau esai yang berisi pendapat seseorang.

Itulah sebabnya buku ini cocok kamu baca untuk mempelajari berbagai jenis teks diskusi dengan berbagai tema, topik atau tujuan tertentu.

Tulisan baik berupa tulisan artikel opini, esai, atau teks diskusi adalah wahana diskusi dan sosialisasi gagasan dengan memberi kontribusi pemikiran dalam rangka mencari solusi suatu masalah.

Tulisan ini jadi sarana proses aktualisasi dan eksistensi diri.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com