Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah 160 cm Termasuk Tinggi untuk Ukuran Orang Indonesia? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Kompas.com - 30/07/2022, 12:00 WIB
Apakah 160 cm Termasuk Tinggi Sumber Gambar: Pexels.com Apakah 160 cm Termasuk Tinggi
Rujukan artikel ini:
Mukjizat Enzim
Pengarang: Hiromi Shinya
|
Editor Ratih Widiastuty

Tinggi badan jadi salah satu indikator yang penting untuk menunjang berbagai urusan kehidupan, mulai dari aktivitas, pekerjaan, bahkan hingga menjalin hubungan dengan lawan jenis.

Kebanyakan dari kita pastinya menginginkan tinggi badan yang menjulang dan ideal agar tampak jauh lebih menarik dan mempermudah segala urusan.

Dalam dunia olahraga saja, tinggi badan mampu memberikan tempat tersendiri bagi orang tersebut untuk menjadi andalan.

Dalam dunia pekerjaan pun biasanya ditetapkan standar tertentu untuk tinggi badan agar dapat diterima bekerja, contohnya seperti tentara dan polisi.

Tidak heran, banyak sekali orang yang berusaha untuk bisa menumbuhkan tinggi badan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu pertumbuhan tulang saat dalam masa pertumbuhan, seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi hingga melakukan olahraga.

Standar tinggi badan yang diberikan oleh masyarakat dan media tidak jarang membuat beberapa individu merasa ragu, apakah tinggi badan yang mereka miliki sudah termasuk ideal atau belum.

Maka dari itu tinggi badan yang ideal bagi beberapa orang sebenarnya berbeda-beda tergantung masing-masing wilayah dan negara tempat kelahiran.

Jadi, apakah tinggi 160 cm termasuk standar tinggi badan yang ideal untuk masyarakat Indonesia?

Berapakah standar tinggi badan yang ideal bagi pria dan wanita di Indonesia? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Tinggi Badan yang Ideal Bagi Pria dan Wanita di Indonesia

Dapat dikatakan, jika rata-rata tinggi badan masyarakat Indonesia ialah 158.

Jika dibandingkan dengan negara-negara di benua Amerika dan Eropa, tinggi badan masyarakat Indonesia memang tergolong relatif pendek.

Salah satu faktor yang menyebabkan tinggi badan orang Indonesia relatif pendek ialah faktor genetik yang turut mempengaruhinya.

Tinggi badan yang ideal untuk kaum pria di Indonesia adalah sekitar 168 cm dan untuk kaum wanita di Indonesia sekitar 159 cm, namun itu pun tergantung berat badan yang dimiliki.

Jika ingin memperoleh tinggi yang ideal, maka kamu juga harus mempunyai berat badan yang sesuai agar tampak proporsional.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Indonesia masuk ke dalam kategori daftar populasi dengan tinggi badan terpendek bagi pria dan wanita bersama beberapa negara lainnya, seperti Vietnam, Filipina, Kamboja, Nigeria, Sri Lanka, dan masih banyak lagi.

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi tinggi badan seseorang, seperti genetik dari kedua atau salah satu orangtua akan menjadi penentu terhadap tinggi badan anak mereka.

Contohnya jika sang ibu memiliki tinggi badan yang menjulang dan sang ayah mempunyai tinggi badan yang pendek, maka kemungkinan anaknya menjadi tinggi pun masih terbuka lebar.

Faktor genetik tidak serta merta menjadi penentu tinggi badan seseorang, tapi terdapat pula beberapa faktor lainnya, seperti nutrisi, olahraga, dan kondisi kesehatan.

Asupan nutrisi yang buruk dan kurang pun dapat menjadi alasan mengapa selama ini tinggi badan yang dimiliki oleh seorang individu tidak bisa bertumbuh kembang dengan baik.

Apakah 160 cm Termasuk Tinggi untuk Ukuran Masyarakat Indonesia?

Jadi, apakah tinggi badan 160 cm sudah termasuk tinggi untuk standar ideal masyarakat Indonesia?

Jawabannya iya untuk kaum wanita dan tidak bagi kaum pria.

Seperti yang telah dibahas dan disebutkan sebelumnya, tinggi badan ideal bagi kaum wanita di Indonesia ialah 159 cm dan untuk kaum pria 168 cm.

Namun, tidak penting setinggi apa tinggi badan yang kamu miliki karena yang paling penting ialah tubuh dan pikiran yang sehat dan positif.

Maka dari itu, buku berikut ini bisa memberikan insight baru untuk melihat kesehatan tubuh secara jauh lebih utuh dan menyeluruh.

Buku Mukjizat Enzim yang ditulis oleh Hiromi Shinya ini akan memberikan cara atau solusi untuk tetap sehat dan tampil awet muda, tanpa perlu melakukan operasi plastik, obat-obatan, maupun alat-alat kecantikan.

Banyak hal perihal enzim yang akan kamu ketahui melalui buku ini, seperti fakta jika kekurangan mengonsumsi air putih dapat menyebabkan penyakit kanker.

Semua yang perlu kamu tahu tentang kesehatan tubuh dengan cara yang sederhana dan tidak rumit dapat ditemukan dalam buku yang ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga bisa segera langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini sudah bisa kamu langsung pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com