Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Drama Korea Sekolah Berbagai Genre yang Seru dan Sayang untuk Dilewatkan

Kompas.com - 30/07/2022, 12:00 WIB
Drama Korea Sekolah Sumber Gambar: asianwiki.com Drama Korea Sekolah
Rujukan artikel ini:
What's So Wrong About Your…
Pengarang: Ardhi Mohamad
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Membicarakan tentang drama Korea memang tidak akan pernah ada habisnya.

Berkat jalan cerita yang menarik dan seru serta kepiawaian para aktor dan aktrisnya yang luar biasa, drama Korea sudah berhasil menjadi tontonan banyak orang di berbagai belahan dunia.

Selain genre percintaan dan aksi, drama tentang sekolah juga menjadi salah satu genre yang menarik untuk ditonton oleh semua kalangan.

Drakor tentang sekolah tidak selamanya mengangkat soal kisah cinta saja, namun juga menggambarkan bagaimana kehidupan nyata yang sering dialami oleh para remaja di masa sekolah, seperti masalah perundungan, sistem pendidikan, nilai ujian, sampai pencarian jati diri.

Dengan menonton drama sekolah, kamu akan kembali mengenang banyak peristiwa di masa remaja yang tidak akan bisa kamu ulangi lagi.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi drama Korea tentang sekolah yang dijamin seru dan sayang untuk dilewatkan.

Rekomendasi Drama Korea tentang Sekolah

1. All of Us Are Dead (2022)

Drama yang tayang di Netflix pada akhir Januari 2022 ini menceritakan tentang perjuangan para siswa SMA Hyosan yang terperangkap di sekolah setelah adanya wabah virus zombie yang tiba-tiba menyerang kota tempat mereka tinggal.

Mereka harus segera berupaya keluar dari sekolah untuk menyelamatkan diri dan menghindari virus yang bisa kapan saja mengubah mereka menjadi zombie dan menyerang satu sama lain.

Walau sudah melapor pada pihak kepolisian, mereka tidak segera mendapat respon, sampai akhirnya virus benar-benar menyebar dan merubah kota mereka menjadi ladang zombie.

Drama 12 episode yang penayangannya sempat ditunda selama 2 tahun ini tanpa diduga mampu mendapat respon yang sangat positif, bahkan berhasil merajai top 10 tayangan Netflix di lebih dari 29 negara, termasuk Indonesia.

2. 18 Again (2020)

Drama ini mengisahkan tentang Jung Da-jung (diperankan oleh Kim Ha-neul) dan Hong Dae Young (diperankan oleh Yoon Sang Hyun) yang terpaksa menikah di usia muda karena sebuah insiden, dan tidak lama setelah itu mereka dikaruniai anak kembar.

Beberapa belas tahun setelahnya, pernikahan mereka hancur berantakan, tapi kemalangan ini justru membawa keberuntungan bagi Jung Dae-jung yang akhirnya bisa mewujudkan impian masa remajanya untuk menjadi penyiar berita.

Suatu hari, Hong Dae Young tiba-tiba kembali ke tubuh remajanya saat berumur 18 tahun, dan bersekolah di sekolah yang sama dengan mantan istrinya.

Saat menjalani masa remajanya, ia mengubah namanya menjadi Ko Woo Young (diperankan oleh Lee Dohyun), dan berusaha untuk memperbaiki hubungannya dengan Jung Da-jung demi masa depan mereka yang lebih baik.

3. True Beauty (2020)

Drama yang sempat viral di berbagai media sosial ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Lim Ju-kyung (diperankan oleh Moon Ga-young) yang harus menghadapi perlakukan bullying dari teman-temannya saat di sekolah.

Tidak sampai disitu saja, Ju-kyung bahkan sering mendapat hinaan dan selalu dianggap tidak cantik oleh orang-orang di sekitarnya

Tapi berkat tekad, semangat, serta usahanya yang gigih, Ju-kyung pelan-pelan belajar memperbaiki diri dan mengubah penampilannya menjadi jauh lebih cantik bak bidadari.

Drama 16 episode ini tidak hanya membahas mengenai bullying, tapi juga isu-isu lain seperti masalah keluarga yang sering terjadi dalam kehidupan nyata.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ditambah lagi dengan beberapa selipan kisah cinta para pemeran utamanya yang semakin membuat para penonton tidak bisa berpaling dari drama yang satu ini.

4. Extraordinary You (2019)

Drama ini mengisahkan tentang seorang gadis remaja SMA bernama Dan Oh (diperankan oleh Eun Dan-oh) yang menemukan fakta bahwa dirinya sebenarnya tidak sedang hidup dalam dunia nyata.

Suatu hari ia tiba-tiba saja terjebak dalam sebuah dunia fantasi yang tengah dibuat oleh seorang penulis komik, sayangnya, Dan-oh hanya dijadikan sebagai pemeran pendukung yang menderita penyakit parah.

Tidak terima dengan jalan cerita pada komik tersebut, Dan-oh bertemu dengan Ha Roo (Rowoon SF9) yang ternyata bisa membantu mengatasi segala masalah yang dihadapi Dan-oh.

Apa yang akan terjadi selanjutnya?

5. School 2017 (2017)

School 2017 merupakan drama Korea yang berlatar belakang kehidupan anak-anak SMA Geumdo, mengisahkan tentang Ra Eun Ho (diperankan oleh Kim Se Jeong) yang memiliki bakat menggambar namun tidak pernah mendapatkan rangking di sekolahnya.

Demi mewujudkan impiannya untuk berkuliah di Universitas Hankuk, Eun Ho berusaha untuk bekerja sambilan dengan membantu orang tuanya dan mengantarkan pesanan ayam goreng ke berbagai tempat.

Di sisi lain, ada Hyun Tae Woon (diperankan oleh Kim Jun Hyung), seorang anak kaya raya yang arogan dan suka membentak, salah satu alasannya adalah karena sikap ayahnya yang sering membuatnya kecewa.

Tae Woon juga memiliki bakat menggambar seperti Eun Ho, namun ia berhenti menggambar setelah peristiwa kecelakaan motor yang menimpa sahabatnya, Song Dae Hwi (diperankan oleh Jang Dong Yoon), yang pada akhirnya membuat mereka berdua saling bermusuhan.

Demikian rekomendasi drama Korea sekolah dengan jalan cerita yang menarik dan siap membuatmu sulit untuk berpaling.

Meski tidak 100 persen benar, tapi menonton drama Korea memang terbukti bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menenangkan diri dan mengisi waktu kosong di tengah padatnya aktivitas.

Tapi pada akhirnya, drama Korea bukanlah satu-satunya media yang bisa membantumu keluar dari zona kebosanan.

Sebagai alternatif lain dalam mengisi waktu luang, kamu bisa coba membaca buku What`s So Wrong About Your Self Healing yang ditulis oleh Ardhi Mohamad.

Terlalu banyak beraktivitas di waktu weekdays tentunya pelan-pelan akan membuatmu tertekan dan merasa lelah secara fisik dan mental, untuk itu, buku ini mencoba untuk menenangkan setiap emosi negatif yang kamu miliki.

Penulis membagi buku ini ke dalam 10 bab yang berisi berbagai macam masalah yang biasanya dianggap sepele oleh kita, tapi ternyata berdampak besar pada kualitas fisik dan mental.

Selain membahas mengenai self healing, buku ini juga akan mengajarkan bagaimana pentingnya pola asuh orang tua terhadap pola pikir anak, sehingga akan sangat membantu bagi kamu yang belum maupun sudah memiliki anak.

Untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa membeli dan mendapatkan buku ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com