Apa Itu SNMPTN? Simak Pengertian, Strategi Lolos, dan Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar SNMPTN

Kompas.com - 22/06/2022, 10:00 WIB
Apa itu SNMPTN Sumber Gambar: Freepik.com Apa itu SNMPTN
Rujukan artikel ini:
Master Trick Ala Bimbel Matematika…
Pengarang: Tim Tentor Master
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Setelah memasuki kelas 3 SMA sederajat, para pelajar tentu saja akan mulai mencari perguruan tinggi yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

Di Indonesia, terdapat banyak sekali perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang bisa kamu pilih, yang tentunya sudah tersebar di berbagai penjuru daerah.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, ada beberapa jalur seleksi yang bisa kamu ikuti, seperti SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN menjadi salah satu jalur seleksi masuk PTN yang memiliki banyak peminat, sehingga membuat tingkat persaingannya pun menjadi semakin sulit.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai SNMPTN, mulai dari pengertian, strategi agar bisa lolos SNMPTN, dan beberapa kesalahan yang harus kamu hindari jika ingin mendaftar SNMPTN.

Apa Itu SNMPTN?

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk PTN yang menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik sebagai persyaratan utamanya.

Siswa dengan nilai akademik dan prestasi yang konsisten di tiap semester, memiliki kesempatan besar untuk bisa lolos dan diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi yang satu ini.

Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5, atau selama 3 tahun masa belajar di SMA/SMK/MA sederajat.

Dalam nilai rapor, ada beberapa mata pelajaran tertentu yang nilainya akan sangat memengaruhi lolos atau tidaknya kamu dalam SNMPTN, diantaranya adalah mata pelajaran wajib seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Kimia, Fisika, dan Biologi untuk siswa SMA IPA, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi untuk siswa SMA IPS, serta pelajaran Kompetensi Keahlian untuk siswa SMK.

Berbeda dengan SBMPTN dan Ujian Mandiri yang mengharuskan kamu untuk mengikuti tes tertulis, jalur SNMPTN ini merupakan jalur undangan yang seluruh proses seleksinya ditanggung langsung oleh pemerintah.

Perlu diketahui bahwa kuota penerimaan calon mahasiswa di PTN paling banyak dialokasikan untuk SNMPTN, yaitu sebanyak 40%, sedangkan untuk SBMPTN dan jalur mandiri masing-masing diberikan jatah kuota sebanyak 30%.

Jalur SNMPTN ini sering disebut sebagai jalur undangan karena hanya beberapa siswa tertentu saja yang bisa mendapatkan undangan untuk mendaftar SNMPTN, yang tentunya disesuaikan juga dengan kuota yang ada di sekolah asalmu.

Tapi selain nilai rapor, indeks dan prestasi sekolah asalmu juga bisa dijadikan sebagai bahan penilaian SNMPTN, dan bisa menjadi faktor yang menentukan apakah kamu diterima atau tidak.

Strategi Lolos SNMPTN di Jurusan Impian

1. Cermat dalam Memilih Jurusan Saat Mendaftar

Menentukan program studi atau jurusan dengan cermat dan teliti merupakan faktor yang sangat penting untuk bisa diterima di PTN impianmu.

Mulailah dengan memilih jurusan yang pas dan sesuai dengan minat serta bakatmu, baru kemudian tentukan universitas yang akan kamu tuju.

Sama seperti SBMPTN, kamu juga memiliki kebebasan untuk memilih 2 program studi dalam 1 PTN yang sama, atau bisa juga memilih perguruan tinggi yang berbeda, dengan catatan bahwa salah satu PTN yang kamu pilih harus berada pada provinsi yang sama dengan sekolah asalmu.

2. Pelajari Detail Jurusan dan Universitas yang Ingin Kamu Tuju

Strategi selanjutnya adalah dengan mengetahui secara pasti mengenai semua informasi penerimaan SNMPTN di universitas yang kamu inginkan, caranya dengan membuka laman LTMPT.

Berbagai detail dan informasi ini meliputi informasi umum seperti daya tampung pendaftar, sebaran siswa yang diterima dari tahun ke tahun, jumlah pendaftar di tahun tersebut, dan jumlah alumni SMA kamu yang bisa diterima di PTN tersebut.

Selain itu, kamu juga harus teliti dalam membaca detail informasi tambahan lainnya, karena biasanya ada beberapa program studi khusus yang hanya bisa dipilih oleh peserta dari jurusan tertentu, misalnya jurusan yang berhubungan dengan Kedokteran hanya bisa dipilih oleh anak-anak dari SMA/MA IPA, dan masih banyak lagi.

3. Pelajari Data Indeks Sekolah Asalmu

Indeks sekolah asal bisa berkaitan langsung dengan faktor kelulusanmu dalam SNMPTN, sayangnya tidak semua PTN akan mengeluarkan data mengenai indeks sekolahmu sehingga kamu harus meraba-raba sendiri.

Tidak hanya itu, indeks sekolahmu di PTN A dan PTN B bisa saja berbeda, yang tentunya ini bisa mempengaruhi besar kecilnya persentase penerimaan peserta di PTN tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Misalnya pada tahun 2021, jumlah siswa di sekolahmu yang berhasil diterima di PTN A sejumlah 50 dari 100 pendaftar, di PTN B sejumlah 10 dari 30 pendaftar, sementara di PTN C ada 5 dari 50 pendaftar.

Angka ini bisa kamu jadikan sebagai perkiraan seberapa besar peluang persentase kamu diterima di PTN tersebut,

Lebih mudahnya, kamu juga bisa bertanya dan meminta langsung ke guru BK mengenai daftar sebaran alumni PTN di seluruh Indonesia, supaya kamu bisa lebih mudah dalam mempelajari mengenai indeks sekolah tersebut.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar SNMPTN

1. Memilih Jurusan atau Universitas Berdasarkan Passing Grade

Di masa-masa menjelang pembukaan pendaftaran SNMPTN, kamu pasti akan menemukan banyak sekali situs online yang memberikan daftar passing grade, dan seringkali membuat kamu pusing untuk menentukan jurusan atau PTN yang akan kamu pilih.

Padahal, dasar perhitungan dalam passing grade tersebut banyak menggunakan dari nilai hasil UTBK SBMPTN di tahun sebelumnya, yang tentunya sangat tidak cocok jika dijadikan sebagai nilai acuan diterima atau tidaknya peserta dalam SNMPTN.

Perlu diketahui bahwa kamu tidak bisa menyamakan tingkat persaingan yang ada dalam SNMPTN dengan SBMPTN, karena keduanya memilih syarat dan ketentuan yang berbeda, jadi usahakan untuk tidak terlalu percaya dan terpaku pada passing grade.

2. Terlalu Berharap Lolos pada Pilihan Kedua

Perlu dipahami bahwa berdasarkan data SNMPTN tahun 2021 lalu, hanya ada sekitar 110.459 siswa yang diterima dari 854.299 siswa yang mendaftar, atau artinya hanya ada sekitar 12,29% peserta yang berhasil lolos di universitas impiannya.

Jumlah persentase tersebut termasuk sangat kecil, sehingga akan sangat kecil pula kemungkinan kamu bisa diterima di PTN pilihan ke-2.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kamu harus benar-benar fokus dan cermat dalam memilih PTN pilihan ke-1.

Jangan terlalu idealis saat memilih jika kamu tidak ingin terlempar ke pilihan ke-2 atau malah nanti berujung tidak lolos SNMPTN.

3. Tidak Serius Saat Memilih Jurusan

Banyak siswa yang masih tidak serius dan asal-asalan dalam memilih jurusan, misalnya asal memilih karena kuota jurusan tersebut banyak tapi pesaingnya sedikit.

Dalam memilih jurusan dan PTN, kamu harus pertimbangkan minat dan bakatmu agar kesempatan yang kamu dapatkan ini tidak terbuang sia-sia.

Perlu kamu pahami bahwa jika kamu menolak menolak hasil SNMPTN, maka indeks sekolah asalmu bisa dikurangi persentasenya, sehingga akan menyulitkan adik kelasmu yang ingin mendaftar di PTN yang sama.

Jadi, jangan lupa untuk menggunakan strategi dengan baik dan berpikir dengan matang dibandingkan harus terburu-buru, karena hal tersebut bisa merugikan kamu sendiri.

Itulah beberapa penjelasan dan informasi mengenai seluk beluk SNMPTN, jadi bagi kamu yang ingin mendapatkan jalur undangan, kamu harus merelakan waktumu untuk belajar demi memperoleh nilai yang stabil dan memuaskan di rapormu.

Dalam seleksi SNMPTN, nilai Matematika tentunya menjadi sangat penting dalam penilaian, sayangnya mata pelajaran yang satu ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian siswa.

Untuk membantu suasana belajar Matematika menjadi lebih menyenangkan, kamu bisa gunakan buku Master Trick Ala Bimbel Matematika SMA yang ditulis oleh Tim Tentor Master.

Buku ini dilengkapi dengan berbagai ringkasan materi pembahasan, contoh soal, dan latihan-latihan soal yang bisa membantumu memahami Matematika dengan cara yang lebih mudah.

Berbagai macam soal yang disajikan dalam buku ini merupakan kumpulan soal yang berhasil diambil dari soal-soal UN, SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri, yang semuanya disusun dengan cara yang praktis dan tentunya disesuaikan dengan kurikulum terbaru.

Melalui buku ini, kamu bisa pelan-pelan belajar memahami dan menguasai ilmu Matematika, yang nantinya bisa memudahkanmu mendapatkan hasil yang maksimal dalam penilaian tengah semester (PTS) maupun ulangan akhir semester (UAS), yang tentunya bisa memperbesar peluangmu untuk lolos SNMPTN.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon


Terkini Lainnya

Kisah Aksi Seru Penuh Gelak Tawa yang Jadi Ciri Khas dari Komik One Punch Man

Kisah Aksi Seru Penuh Gelak Tawa yang Jadi Ciri Khas dari Komik One Punch Man

buku
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Sotong dan Cumi, Jangan Sampai Tertukar!

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Sotong dan Cumi, Jangan Sampai Tertukar!

buku
Investasi Saham Tanpa Perlu Cut Loss? Begini caranya!

Investasi Saham Tanpa Perlu Cut Loss? Begini caranya!

buku
Shark Caller: Hidden Gem dari Papua Nugini yang Magis dan Mengharu Biru

Shark Caller: Hidden Gem dari Papua Nugini yang Magis dan Mengharu Biru

buku
Tak Harus Nunggu View Jutaan buat Menerbitkan Novel

Tak Harus Nunggu View Jutaan buat Menerbitkan Novel

buku
Kenapa Upin Ipin Tidak Pernah Naik Kelas? Ketahui Juga Beberapa Misteri dalam Kartun Upin Ipin yang Paling Bikin Penasaran

Kenapa Upin Ipin Tidak Pernah Naik Kelas? Ketahui Juga Beberapa Misteri dalam Kartun Upin Ipin yang Paling Bikin Penasaran

buku
Review Buku Rusak Saja Buku Ini: Cara Baru untuk Menyalurkan Emosi dengan Lebih Positif

Review Buku Rusak Saja Buku Ini: Cara Baru untuk Menyalurkan Emosi dengan Lebih Positif

buku
Baterai 5000 mAh Tahan Berapa Lama? Simak Penjelasannya Sekaligus Cara Menjaga Baterai HP Agar Tidak Boros

Baterai 5000 mAh Tahan Berapa Lama? Simak Penjelasannya Sekaligus Cara Menjaga Baterai HP Agar Tidak Boros

buku
Berikut Ini Cara Masuk TNI Melalui 5 Jalur Penerimaan Prajurit yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut Ini Cara Masuk TNI Melalui 5 Jalur Penerimaan Prajurit yang Perlu Kamu Ketahui

buku
Review Buku Secrets of Divine Love: Menyelam ke Samudra Terdalam Agama Islam

Review Buku Secrets of Divine Love: Menyelam ke Samudra Terdalam Agama Islam

buku
Cara Sukses Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri untuk Pemula

Cara Sukses Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri untuk Pemula

buku
Review Novel Asbunayah, Buku Kumpulan Quote dari Pidi Baiq

Review Novel Asbunayah, Buku Kumpulan Quote dari Pidi Baiq

buku
Review Buku Maaf Tuhan Aku Hampir Menyerah, Memaknai Arti Kata Sabar dalam Kehidupan

Review Buku Maaf Tuhan Aku Hampir Menyerah, Memaknai Arti Kata Sabar dalam Kehidupan

buku
Ketahui Mata Pelajaran yang Diujikan di SBMPTN untuk Persiapan yang Lebih Matang

Ketahui Mata Pelajaran yang Diujikan di SBMPTN untuk Persiapan yang Lebih Matang

buku
Review Buku The Danish Way of Parenting, Bagaimana Cara Masyarakat Denmark dalam Mendidik Anak

Review Buku The Danish Way of Parenting, Bagaimana Cara Masyarakat Denmark dalam Mendidik Anak

buku
5 Situs yang Menyediakan Tes Psikotes Online dan Cara Jitu untuk Menghadapi Tesnya

5 Situs yang Menyediakan Tes Psikotes Online dan Cara Jitu untuk Menghadapi Tesnya

buku
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.