Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Allah Memberi Cobaan yang Berat kepada HambaNya? Ini Penjelasan serta Cara Terbaik untuk Menghadapinya

Kompas.com - 08/06/2022, 09:00 WIB
Kenapa Allah Memberi Cobaan yang Berat Sumber Gambar: Freepik.com Kenapa Allah Memberi Cobaan yang Berat
Rujukan artikel ini:
Secrets of Divine Love: Sebuah…
Pengarang: A. Helwa
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Pada kenyataannya, jalan hidup manusia tidak akan selalu mulus dan lancar-lancar saja.

Selama hidup di dunia, kita tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya ujian, cobaan, ataupun masalah yang membuat kita sedih dan takut saat mengalaminya.

Kesulitan ekonomi, sakit parah, putus hubungan, berpisah dengan orang yang kita cintai, dan berbagai cobaan lainnya, seringkali membuat kita mengeluh, putus asa, dan bertanya-tanya mengapa Allah SWT memberikan begitu banyak cobaan dalam hidup kita.

Padahal, ujian dan cobaan hidup ini ada untuk dihadapi, bukan untuk ditakuti maupun diratapi.

Sebagai manusia, kita harus tetap tegar dan ikhlas dalam menjalaninya.

Untuk membuatmu tetap berada di jalan keikhlasan, berikut adalah penjelasan mengenai alasan kenapa Allah SWT memberikan cobaan yang berat kepada hambanya.

Alasan Kenapa Allah SWT Memberi Cobaan pada HambaNya

Ujian, masalah, ataupun cobaan merupakan sesuatu yang sudah pasti akan terjadi dalam kehidupan manusia. Baca selengkapnya Rekomendasi Buku Tentang Kehidupan.

Sebagai seorang Muslim, segala cobaan yang datang ke dalam hidup manusia ini tentunya memiliki alasan dan tujuannya sendiri.

Salah satu alasan terbesar yang membuat manusia diberi cobaan yang berat adalah karena Allah ingin mengukur atau menguji sudah sebesar dan sejauh mana tingkat keimanan seorang hamba-Nya.

Saat ia ditimpa cobaan yang berat, apakah ia akan menjadi lebih dekat dan lebih tawakal pada Allah, atau justru sebaliknya?

Pada hakikatnya, ujian dan cobaan merupakan cerminan kasih sayang dan keadilan dari Allah untuk para hamba-Nya yang beriman.

Allah tidak rela menimpakan azab yang pedih di akhirat kelak, sehingga Ia menggantinya dengan menimpakan berbagai cobaan di dunia yang juga berfungsi sebagai penggugur segala dosa-dosa.

Jadi semakin Allah SWT cinta kepada hambanya, maka cobaan yang diberikan padanya juga semakin berat, karena ujian tersebut akan semakin menaikkan derajat dan kemuliaan seorang hamba di hadapan Allah.

Cara Terbaik untuk Menghadapi Cobaan dari Allah SWT

1. Perluas Kesabaran dan Hadapilah Cobaanya

Bersabar merupakan sebuah kunci yang bisa memberikanmu kekuatan untuk menghadapi segala cobaan dan masalah yang datang ke dalam hidupmu.

Melatih kesabaran memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi kalau kamu bisa menjalaninya dengan tabah, maka kamu bisa lebih tangguh dalam menghadapi segala cobaan.

Untuk bisa menghadapi cobaan, kamu memang tidak boleh terburu-buru dan harus ada persiapan yang matang, agar semuanya dapat terselesaikan dengan baik dan bijak di kemudian hari.

2. Jangan Terlalu Overthinking

Saat menghadapi sebuah masalah atau cobaan yang berat, berbagai pemikiran buruk pasti akan selalu muncul dalam otakmu.

Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena kamu terlalu khawatir akan terjadi dampak buruk yang nantinya bisa membuat hidupmu semakin rumit.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tapi mulai sekarang, cobalah untuk tidak terlalu memikirkan hal semacam ini.

Fokuslah pada penyelesaian masalahnya daripada hanya overthinking dan memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Baca selengkapnya Cara Mengatasi Overthinking.

Dengan begitu, kamu akan lebih serius dalam menghadapi masalah tanpa diganggung oleh persepsi-persepsi negatif yang ada di dalam kepalamu.

3. Jalani Kehidupan dengan Apa Adanya

Menurut Jennifer Kunst, Ph.D dari Psychology Today, manusia harus berusaha untuk menjalani hidup dengan apa adanya, baru kemudian ia bisa menghadapi segala tantangan yang ada dalam kehidupannya.

Menjalani hidup dengan apa adanya juga bisa membantumu untuk hidup lebih nyaman, sehingga kamu bisa berpikir lebih jernih dalam menghadapi segala ujian dan cobaan yang datang menghampiri.

4. Cobalah untuk Bersyukur

Banyak manusia yang lebih mudah untuk menghitung masalah dibandingkan dengan berkah yang ia dapatkan.

Padahal, kamu bisa mencoba untuk mengubah perspektif dengan bersyukur dan berusaha menerima segala sesuatu yang sudah ditakdirkan untukmu.

Dengan cara ini, kamu bisa menguatkan diri sendiri sehingga kamu bisa lebih sehat baik dari segi fisik maupun mental.

5. Tidak Masalah Jika Sesekali Ingin Mengeluh

Saat pikiranmu sudah terasa berat, kamu juga perlu menyadari dan memahami perasaanmu sendiri.

Sebagai manusia, kamu tetap diperbolehkan untuk mengeluh jika kamu merasa sudah tidak kuat lagi menghadapi semua cobaan.

Cara ini bisa membuatmu menjadi lega, dan nantinya bisa kembali bangkit dengan perasaan dan pemikiran yang lebih cemerlang dibandingkan sebelumnya.

Itulah beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan manusia saat harus menghadapi ujian maupun cobaan dari Allah SWT.

Untuk membuatmu menjadi manusia yang semakin bersyukur dan memahami bagaimana besarnya rasa cinta Allah kepada para hambaNya, kamu juga bisa membaca buku Secrets of Divine Love: Sebuah Perjalanan Spiritual yang Mendalam Mengenai Islam yang ditulis oleh A. Helwa.

Buku ini ditujukan kepada orang-orang yang masih sering berputar-putar dalam keputusasaan kehidupan, dan belum memahami bagaimana caranya mencintai Tuhan dengan sempurna.

Buku yang menggunakan penjelasan dengan bahasa spiritualitas ini akan membantu mengubah hubunganmu dengan Tuhan, diri sendiri, dan dunia di sekitarmu, serta akan menawarkan berbagai perspektif yang lebih luas mengenai dunia Islam.

Buku ini akan menuntutmu untuk mengilhami cinta, memperkuat iman, dan meningkatkan ketergantungan hanya kepada Allah SWT, terutama saat harus menghadapi ujian dan cobaan dalam kehidupan.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa membeli buku ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com