Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Jago Bahasa Inggris yang Mudah Dilakukan

Kompas.com - 28/05/2022, 18:00 WIB
Cara Jago Bahasa Inggris Sumber Gambar: Freepik.com Cara Jago Bahasa Inggris
Rujukan artikel ini:
Kamus Indonesia - Inggris Edisi…
Pengarang: John M. Echols &…
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat ini, kebutuhan untuk bisa berbahasa Inggris mutlak diperlukan untuk memudahkan kita dalam berbagai urusan, seperti pendidikan, pekerjaan, hingga bersosialisasi yang semakin terpengaruh globalisasi yang mengharuskan kita belajar bahasa internasional tersebut.

Akan banyak kemudahan yang bisa didapatkan jika kita mampu menguasai Bahasa Inggris dengan baik dan benar karena saat ini sudah banyak beberapa perusahaan dan sekolah yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari yang digunakan selama proses bekerja dan belajar.

Kabar baiknya, kini kamu tidak perlu belajar Bahasa Inggris dengan sulit lagi karena akan ada banyak akses dan pilihan untuk belajar Bahasa Inggris di tengah kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan informasi dan teknologi di zaman sekarang.

Kursus Bahasa Inggris yang biasanya berbiaya cukup mahal sudah bukan lagi satu-satunya pilihan yang ada untuk mempelajari bahasa dari Negeri Ratu Elizabeth ini.

Ada banyak media, tips, dan cara yang bisa kamu dapatkan, bahkan secara cuma-cuma dan sederhana jika mau dengan serius dan giat untuk mempelajarinya.

Kehadiran kanal YouTube menjadi salah satu pilihan mudah bagi kamu untuk belajar Bahasa Inggris.

Setelah mampu menguasai Bahasa Inggris, akan ada kemudahan yang kamu rasakan dalam menjalankan kehidupan sebab kini Bahasa Inggris adalah salah satu syarat wajib jika ingin hidup di tengah masyarakat yang sudah mulai menerima pengaruh globalisasi.

Namun, cara mudah apa saja yang bisa kita lakukan agar jago Berbahasa Inggris? Simak 5 cara jago Bahasa Inggris yang bisa kamu praktikkan berikut ini.


Baca juga: Tips Baca Buku Bahasa Inggris


5 Cara Jago Bahasa Inggris

1. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Membaca buku berbahasa Inggris adalah cara yang efektif untuk membiasakan diri kamu dalam mengenal beberapa kosakata dan kalimat dalam Bahasa Inggris. Baca mengenai 10 Rekomendasi Novel Berbahasa Inggris Terbaik di Gramedia.

Jika kamu masih merasa pemula, mulailah dengan buku-buku Bahasa Inggris yang tipis dan mudah dipahami, contohnya seperti buku dongeng kanak-kanak.

Membiasakan diri membaca buku Bahasa Inggris akan memudahkan kamu dalam beradaptasi dan menghafalkan beberapa kosakata Bahasa Inggris yang biasanya memang jarang ditemui dalam percakapan sehari-hari, sehingga akan ada banyak kosakata baru dalam Bahasa Inggris yang akan kamu temukan.

2. Mendengarkan Lirik Lagu Berbahasa Inggris

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Pasti hampir semua orang menikmati musik dan lagu-lagu berbahasa Inggris pun bisa menjadi alternatif yang mudah untuk belajar Bahasa Inggris.

Sembari mendengarkan lagu, baca pula lirik lagunya agar kamu bisa lebih memahami dan memaknai kalimat dan kosakata yang ada.

Carilah lirik lagu berbahasa Inggris yang dirasa mampu menambah mood kamu agar selain bisa belajar Bahasa Inggris, diri kamu pun dapat terhibur karenanya.

Sekarang ini, sudah banyak sekali aplikasi streaming musik yang menyediakan lagu beserta liriknya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Menonton Film Berbahasa Inggris

Pastinya kamu sudah tidak merasa asing lagi dengan kehadiran film-film dari Hollywood, sehingga sudah sangat terbiasa dengan film-film berbahasa Inggris.

Manfaatkan kesukaan kamu tersebut sambil belajar beberapa kosakata Bahasa Inggris dalam film yang kamu tonton.

Biasanya akan ada intonasi dan cara pengucapan yang diucapkan para aktor dan aktris yang tampil ketika mereka melakukan dialog antara satu sama lain.

Jika perlu, siapkan buku catatan dan kamus Bahasa Inggris sebagai cara pembelajaran yang memudahkan kamu untuk bisa memahaminya.

4. Biasakan untuk Berlatih Percakapan Menggunakan Bahasa Inggris

Lagi-lagi kemudahan informasi dan teknologi akan semakin memudahkan kamu dalam melatih percakapan atau conversation menggunakan Bahasa Inggris.

Temukan teman dari luar negeri lewat video call sebagai cara termudah untuk mempraktikkan pengucapan Bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari.

Dengan sering-sering menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari akan semakin memudahkan kamu untuk memahami kosakata sekaligus bagaimana cara pengucapannya sebagai bentuk pembelajaran yang memudahkan.

5. Membeli Kamus Bahasa Inggris

Meskipun perkembangan internet sudah sangat pesat, tapi belajar Bahasa Inggris menggunakan kamus masih menjadi cara yang menyenangkan dan mudah untuk dilakukan.

Dalam sebuah kamus Bahasa Inggris, kamu akan menemukan ribuan kosakata baru.

Buatlah catatan yang berisi beberapa kosakata Bahasa Inggris yang kamu temukan dalam kamus sebagai pegangan untuk belajar Bahasa Inggris dengan cara yang mudah dan praktis agar bisa langsung jago dalam menguasainya.

Salah satu kamus Bahasa Inggris yang paling fenomenal serta selalu diperbaharui isinya ialah Kamus Indonesia – Inggris yang disusun oleh John M. Echols dan Hasan Shadily yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi beberapa generasi karena memang kamus ini adalah benda wajib dalam belajar Bahasa Inggris.

Dan di edisi ketiganya ini sudah banyak kosakata yang diperbaharui sehingga isinya sudah pasti akan sangat mengikuti zaman yang membuat kamu akan semakin lancar dalam berbahasa Inggris karena menguasai jumlah kosakata yang banyak melalui kamus ini.

Kamus Indonesia – Inggris juga menjadi kamus Bahasa Inggris terlaris nomor satu di Indonesia yang pastinya tidak usah diragukan lagi, baik secara kualitas maupun penampilan, sebab untuk cover bukunya sendiri sudah hardcover untuk memudahkan kamu membalik setiap halamannya, mengingat ketebalan kamusnya.

Kamus Indonesia – Inggris ini bisa langsung dibeli dan dipesan lewat Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com