Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Quotes Buku Ikhlas Paling Serius yang Menenangkan Hati

Kompas.com - 28/05/2022, 09:00 WIB
Quotes Buku Ikhlas Paling Serius Sumber Gambar: Gramedia.com Quotes Buku Ikhlas Paling Serius
Rujukan artikel ini:
Ikhlas Paling Serius
Pengarang: Fajar Sulaiman
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Patah hati akibat putus cinta adalah salah satu bentuk perasaan paling umum yang bisa dirasakan oleh manusia.

Momen yang terasa menyakitkan ini bahkan bisa dialami lebih dari sekali, dan membuat seseorang merasa jadi orang paling sengsara di dunia.

Perjalanan kisah cinta yang kandas di tengah jalan pada dasarnya akan selalu memunculkan luka yang membuat seseorang harus mulai belajar melupakan dan mengikhlaskan.

Rasa ikhlas akan membuat kita percaya dengan makna cinta yang sesungguhnya, sehingga kita bisa lebih kuat saat menjalani hubungan baru di kemudian hari.

Untuk menemani kita yang tengah dirundung perasaan sedih dan galau, Fajar Sulaiman mencoba untuk menghadirkan karya yang akan mencoba memotivasi dan mengajarkan kita bagaimana caranya mengikhlaskan.

Sesuai dengan temanya, buku Ikhlas Paling Serius ini berisi banyak sekali quotes bijak yang akan menyadarkan kita untuk siap menerima segala konsekuensi dalam kehidupan cinta.

Buat kamu yang sedang patah hati atau putus cinta, kamu bisa simak beberapa quotes buku Ikhlas Paling Serius berikut ini.

Kumpulan Kata Bijak dalam Buku Ikhlas Paling Serius

1. Bab Pertama: Melupakan

Pada bab pertama, pembaca akan disuguhkan berbagai macam quotes bijak yang isinya membahas tentang cara melupakan seseorang yang pernah lama singgah di hati kita.

Melepaskan rasa sakit hati memang nyatanya tidak semudah yang dibayangkan, namun menyimpan dendam terlalu lama juga tidak bisa dibenarkan.

Pada dasarnya, manusia harus berusaha untuk bisa melupakan, memaafkan, dan mengikhlaskan apa pun yang sudah terjadi dalam hidupnya.

Berikut adalah beberapa quotes dari bab pertama yang akan membantu menyadarkan pembaca untuk tidak terlalu lama memendam rasa sakit hati.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • “Setelah berhasil masuk ke usia dewasa, kamu pasti akan mulai memahami siapa saja orang yang memang layak untuk kamu harapkan dan perjuangankan di dalam doa, dan siapa saja orang yang harusnya kamu tinggalkan sejak awal.”
  • “Siapapun orangnya dan bagaimanapun peristiwanya, rasa kehilangan sebenarnya tetap bisa menjadi cobaan paling berat yang harus dialami manusia dalam hidup ini.”
  • “Sampai kapanpun, perpisahan adalah momen yang menyakitkan buat siapa saja, jadi tidak masalah kalau kamu mau menangisi momen ini sedikit lebih lama dari orang lain.”
  • “Tuhan tidak mungkin menciptakan kejadian yang membuat kamu merasa tidak baik, jadi kalau nanti ada orang yang menyakiti hatimu, itu sebenarnya adalah luka yang kamu rencanakan dan ciptakan sendiri.”

2. Bab Kedua: Mengikhlaskan

Setelah proses melupakan, pembaca akan masuk pada fase mengikhlaskan.

Mengikhlaskan pastinya menjadi tahap yang jauh lebih sulit dibanding melupakan, tapi saat kita mampu melaluinya, itu tandanya kita sudah bisa menerima semua ketetapan dan rencana Tuhan.

Pada bab ini, penulis sengaja memberikan beberapa quotes bijak yang bisa menemani proses kita dalam mengikhlaskan perasaan-perasaan sakit hati yang kita rasakan.

Berikut adalah beberapa quotes-nya.

  • “Pelajaran ikhlas bisa didapat dari mana saja. Misalnya saja pada langit, yang selalu menurunkan hujan tanpa ia pernah tahu apa setelah ini akan muncul pelangi yang memberikannya kebahagiaan.”
  • “Belajar dan berusaha untuk mengikhlaskan sebenarnya adalah salah satu caramu bertanggung jawab pada luka dan perasaanmu sendiri.”
  • “Kalau kamu berhasil mengakui dan memeluk emosi negatif yang kamu rasakan, kamu bisa menyadari kalau kenyataan memang sering tidak sesuai dengan ekspektasi, jadi mulai saja untuk belajar ilmu ikhlas.”
  • “Sosok yang pergi dari hidup kamu mungkin saja merasa bahwa dia bukan yang terbaik, jadi mencoba ikhlas adalah hal yang paling baik.”
  • “Belajarlah dari apapun dan siapapun, dengan begitu kamu akan tahu bagaimana caranya ikhlas dan menerima ketepatan yang ditetapkan Tuhan tanpa perlu banyak pertanyaan dan sanggahan.”

3. Bab Ketiga: Menemukan

Pada bab ketiga, kita akan mulai memasuki tahap berikutnya, yakni tahap menemukan.

Tahap menemukan ini bisa dianggap sebagai salah satu hasil dari usaha melupakan dan mengikhlaskan yang telah kita lakukan sebelumnya.

Saat kita berhasil menemukan seseorang yang dirasa jauh lebih baik dan bisa membuat kita lebih bahagia, maka di situlah Tuhan mulai menjalankan rencana terbaiknya untuk kita.

Pada bab ini, penulis akan menghadirkan beberapa quotes yang bisa membuatmu tersenyum sekaligus terharu.

  • “Coba simpan saja rasa rindu yang kamu punya, sampai nanti Tuhan kirimkan orang baru yang bisa mengisi dan membalas rasa rindu dengan kapasitas yang sama denganmu.”
  • “Tuhan pasti mengetahui kalau kamu adakah orang yang kuat, mangkanya ujianmu juga berat. Tuhan tahu kamu hebat, maka dari itu, Dia memberikan kebahagiaan di waktu dan cara yang tidak terduga.”
  • “Saat dirimu telah berhasil dipertemukan dengan Dia yang bisa memberikan kebahagiaan, maka rasa sedih yang kamu rasakan pasti tidak akan ada artinya.”
  • “Jika kamu mampu mengambil pelajaran dari cobaan yang dikasih oleh Tuhan, maka Tuhan bisa saja langsung menghapus kesedihanmu dan menggantikannya dengan kebahagiaan yang baru.”

Kumpulan quotes dalam buku ini secara tidak langsung bisa mengajarkan kita untuk selalu percaya pada semua rencana Tuhan, walau cobaan awalnya mungkin terasa menyakitkan.

Meskipun tidak mudah, tapi menanamkan rasa ikhlas adalah hal yang penting dalam kehidupan, karena tidak ada yang tahu jika setelah ini kita akan dipertemukan dengan orang yang bisa memberikan kebahagiaan dengan apapun yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Untuk membaca lebih banyak quotes bijak lainnya, kamu bisa membeli dan mendapatkan buku Ikhlas Paling Serius ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com