Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Novel Sagaras: Mencari Misteri Keberadaan Orang Tua Ali

Kompas.com - 03/06/2022, 16:00 WIB
Novel Sagaras Sumber Gambar: Gramedia.com Novel Sagaras
Rujukan artikel ini:
Sagaras
Pengarang: Tere Liye
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sagaras merupakan karya terbaru dari Tere Liye, sekaligus menjadi buku ke-13 dari serial Bumi yang mengisahkan tentang petualangan di dunia paralel. Baca selengkapnya Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi.

Darwis atau yang lebih dikenal dengan nama pena Tere Liye adalah seorang penulis berbakat yang karyanya mampu memikat hati banyak orang, terbukti dari beberapa novelnya yang berhasil masuk dalam kategori best seller.

Sejak pertama kali merilis novel Bumi pada tahun 2014, kita sudah lebih dahulu dikenalkan dengan tiga sahabat sejati, yakni Raib, Ali, dan Seli yang akan menjadi kunci pengembangan cerita pada novel seri-seri selanjutnya.

Jika sebelumnya kita sudah mengenal bagaimana sosok orang tua Raib yang dikisahkan dari novel “Selena” dan “Nebula”, kali ini kita akan mulai dikenalkan dengan sosok orang tua Ali melalui misi pencarian yang seru.

Di mana sebenarnya keberadaan orang tua Ali selama ini? Temukan jawabannya dalam buku ini.

Sinopsis Singkat Novel Sagaras

Akhirnya, sosok orang tua Ali akan mulai terjawab dalam buku ini.

Ali telah bertahun-tahun berusaha memecahkan misteri ini, sementara Raib dan Seli tentu tidak akan membiarkan Ali mencarinya sendirian.

Tapi bagaimana kalau misteri ini sebenarnya sengaja dihalangi dan dihadang oleh kokohnya tembok Sagaras?

Bagaimana jika mereka bertiga harus lebih dulu bertarung mati-matian sebelum menyelesaikan misi utamanya?

Ikuti petualangan seru mereka dan jangan lupa untuk tersenyum lebar saat tiba di halaman terakhir dalam novel ini.

Review Novel Sagaras

Buku setebal 384 halaman ini sukses mengaduk-ngaduk perasaan pembaca, belum lagi kisah petualangannya yang berjalan pelik namun tetap seru dan mengesankan.

Layaknya novel seri sebelumnya, buku ini tetap ditulis dengan bahasa sehari-hari yang sederhana dan mudah untuk dimengerti, sekaligus mampu membawa pembaca untuk masuk ke dalam level emosi yang berbeda-beda.

Pada bagian awal cerita, novel ini mungkin terasa agak membosankan karena alurnya “sama” seperti seri-seri sebelumnya, tapi karena kisahnya yang tidak bertele-tele, pembaca bisa tetap dibuat penasaran untuk mengenal novel ini lebih jauh.

Di bagian pertengahan, ceritanya akan mulai dominan pada pertarungan dan tantangan yang harus dihadapi oleh para tokohnya demi untuk mengalahkan Ksatria Sagaras.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika berhasil melewati satu babak, mereka diperbolehkan lanjut ke babak berikutnya, tentunya dengan level yang jauh lebih sulit, tapi kalau gagal, mereka tentu akan dianggap kalah.

Walaupun sempat mengalami banyak kesulitan di tengah perjalanan, tapi dukungan Raib dan Seli tetap berhasil menjadi faktor penting yang menjadi kekuatan bagi Ali.

Selain itu, tokoh Batozar yang berasal dari novel Ceroz dan Batozar juga kembali muncul untuk ikut membantu misi pencarian ketiga sahabat karib tersebut.

Tapi dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya, novel ini sebenarnya tidak terlalu meng-highlight kisah petualangannya, melainkan lebih membahas mengenai kekuatan dan bagaimana pengembangan karakter masing-masing tokohnya.

Walaupun memiliki genre fiksi, Tere Liye tetap menyelipkan beberapa edukasi dibalik kisah petualangan yang ditulisnya.

Cerita dalam novelnya tidak hanya sekadar imajinasi dan khayalan sihir biasa, tapi memang ada bukti ilmiah yang mendukungnya, sehingga pembaca tetap bisa mendapatkan pelajaran yang berharga.

Tidak hanya itu, Tere Liye juga mengangkan beberapa isu yang relevan di kalangan masyarakat, seperti isu politik, isu ketidakadilan yang ada dalam kehidupan, isu nepotisme, dan masih banyak lagi.

Tapi sebagai novel serial, para pembaca harus lebih dulu membaca novel seri-seri sebelumnya jika tertarik membaca Sagaras, karena unsur-unsur cerita dalam novel ini hanya bisa dipahami oleh mereka yang sudah mengikuti serial Bumi sejak awal.

Dalam novel Sagaras, Tere Liye juga menggambarkan beberapa pesan moral yang sangat berguna bagi para pembaca.

Melalui novel ini, kita diajarkan untuk terus berjuang dan pantang menyerah sebelum berhasil mencapai sesuatu yang kita inginkan.

Selain itu, kita juga diajarkan untuk menghargai segala apapun yang kita punya, karena banyak orang diluar sana yang berharap untuk memiliki sesuatu atau seseorang yang kita miliki saat ini.

Jika kamu penggemar setia serial Bumi dan ingin ikut mencari keberadaan sosok orang tua Ali, kamu bisa membeli buku Sagaras ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com