Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Microworkers, Picoworkers, dan Rapidworkers? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini

Kompas.com - 24/06/2022, 10:37 WIB
Microworkers, Picoworkers, Rapidworkers Sumber Gambar: Freepik.com Microworkers, Picoworkers, Rapidworkers
Rujukan artikel ini:
Step by Step Membuat Toko…
Pengarang: Dedik Kurniawan
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Menjadi seorang freelancer di dunia online kini sudah semakin mudah untuk dijalankan.

Hanya dengan mengerjakan tugas-tugas kecil seperti mengunjungi dan mengklik iklan di suatu website atau menambahkan like dan komentar di akun Youtube, kamu sudah bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan jumlah yang tidak sedikit.

Kegiatan ini lebih sering dinamakan sebagai micro jobs.

Istilah Micro jobs bisa diartikan sebagai sebuah pekerjaan kecil yang bisa diselesaikan dengan waktu singkat,, biasanya berkisar 5 sampai 15 menit tergantung dari tingkat kesulitan tugasnya.

Untuk setiap pekerjaan yang kamu selesaikan dengan sempurna, kamu bisa langsung mendapatkan upah yang jumlah nominalnya disesuaikan dengan tingkatan pekerjaan yang kamu dapatkan.

Setelah mendaftarkan data diri di situs micro jobs, si pemberi kerja akan mulai merekrut orang-orang yang sesuai dengan kriterianya, kemudian mereka langsung membayarnya dalam nominal dolar AS.

Tapi kamu perlu berhati-hati dalam memilih situs micro jobs, karena tidak sedikit orang yang terkena penipuan dan tidak mendapatkan bayaran setelah berhasil mengerjakan tugasnya.

Dari banyaknya situs micro jobs yang tersedia, ada tiga situs yang terpercaya dan sudah digunakan oleh banyak orang di berbagai negara, yakni Microworkers, Picoworkers, dan Rapidworkers.

Baik Microworkers, Picoworkers, maupun Rapidworkers sebenarnya memiliki arti yang sama, yaitu sebuah platform yang akan mempertemukan pemberi kerja (employer) dan para pekerja (worker).

Kamu bisa mengerjakan banyak tugas yang tersedia di berbagai situs tersebut.

Semakin banyak tugas yang berhasil kamu kerjakan, maka kesempatanmu untuk mendapatkan tugas dan uang tambahan pasti akan terbuka lebar.

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba salah satu dari ketiga platform ini, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penjelasan dari Microworkers, Picoworkers, dan Rapidworkers

1. Picoworkers

Sebelum memulai pekerjaan, kamu bisa melakukan pendaftaran atau registrasi di situs www.picoworkers.com dan isi data dirimu dengan benar.

Registrasi atau login dengan menggunakan email yang aktif, masuk ke bagian dashboard, dan kamu akan mendapatkan $1.25 sebagai bonus login di Picoworkers.

Setelah itu kamu bisa membuka menu find jobs, disana kamu akan menemukan banyak sekali tugas yang masih available dan rate harga yang akan kamu dapatkan.

Kamu bisa memilih tugas yang sesuai dengan kemampuanmu, dan jangan lupa untuk mencantumkan hasil pekerjaanmu dalam bentuk screenshot atau URL sebagai bukti.

Untuk melihat tugas yang telah diselesaikan, kamu bisa mengklik menu my tasks – finished task.

Di sana kamu juga akan menerima beberapa revisi jika hasil pekerjaanmu belum sempurna.

Berhati-hatilah dalam memilih dan mengerjakan suatu pekerjaan, pastikan kamu membaca intruksi dan syarat yang diberikan, karena setiap pekerjaan yang ditolak akan membuat nilai akunmu berkurang dan jumlah pekerjaanmu juga akan dibatasi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam pembayarannya kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan pekerjaan, tapi minimal uang yang akan kamu dapatkan adalah sebesar $7.

Kamu akan menerima pembayaran sekitar 2 sampai 7 hari yang akan dikirim melalui Paypal, Payza, atau Amazon Gift Card.

2. Microworkers

Jika tertarik untuk mencoba Microworkers, kamu bisa mengakses situsnya melalui www.microworkers.com.

Cara registrasi dan login-nya masih sama seperti Picoworkers, kamu tinggal mengisi data diri dengan lengkap dan benar.

Setelah berhasil masuk ke halaman depan, kamu bisa mengklik menu Jobs, dan tugas-tugasnya pun otomatis terlihat bersamaan dengan rate harga yang tertera di bagian kanannya, sehingga kamu bebas memilih.

Setelah memilih jenis pekerjaannya, kamu wajib mengikuti beberapa tes tertentu sebelum memulainya, tes ini sebenarnya hanya untuk menentukan apakah kamu sudah sesuai kriteria atau belum.

Minimum pembayaran yang akan kamu dapatkan adalah $10 dan akan lebih tinggi tergantung jenis tugasnya, dan kamu bisa langsung mendapatkan bayaran setelah beberapa saat mengerjakan tugasnya.

3. Rapidworkers

Untuk registrasi dan login, kamu bisa mengakses situsnya melalui www.rapidworkers.com.

Setelah berhasil mengisi link registrasi yang dikirim melalui e-mail, kamu bisa klik bagian available jobs, dan pilih pekerjaan yang kamu minati seperti menulis survei di website tertentu, men-download aplikasi atau file, menonton video Youtube, dan masih banyak lagi.

Minimum pembayaran yang akan kamu dapatkan biasanya sekitar $8 dan akan langsung dibayarkan melalui akun Paypal milikmu.

Pada dasarnya, ketiganya sebenarnya memiliki cara kerja dan sistem pembayaran yang hampir sama, perbedaannya terletak pada jumlah minimum pembayaran dan jumlah tugas yang tersedia setiap harinya.

Selain menjadi freelancer di platform micro jobs, ada pekerjaan lain yang tidak kalah menarik dan tetap bisa kamu lakukan melalui online, yakni membuka toko online atau online shop.

Untuk pemula yang masih belum memahami bagaimana cara membuka dan menjalankan online shop dengan baik, cobalah untuk membaca buku Step by Step Membuat Toko Online karya Dedik Kurniawan.

Toko online memang menjadi salah satu dari sekian banyak bisnis yang bisa dikendalikan hanya melalui laptop atau ponsel saja.

Melalui buku ini, kamu akan diajarkan langkah demi langkah dalam membuat toko online yang super canggih, modern, dan mampu menarik banyak pelanggan.

Selain itu, buku ini juga akan membahas banyak hal lain seperti cara membuat halaman checkout, cara mengatur data pembelian, dan cara mengenalkan toko online melalui media sosial.

Jadi, tunggu apalagi? Mulai lakukan sekarang dan jadilah seorang pebisnis yang sukses!

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com