Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kita Tidak Boleh Lupa Waktu Saat Bermain? Ketahui Juga 5 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Kompas.com - 18/05/2022, 12:04 WIB
Mengapa kita tidak boleh lupa waktu saat bermain Sumber Gambar: Freepik.com Mengapa kita tidak boleh lupa waktu saat bermain
Rujukan artikel ini:
Why? Recycle - Daur Ulang
Pengarang: YeaRimDang
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Dalam kehidupan, ada banyak sekali jenis aturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat, yang bertujuan demi keamanan dan kenyamanan hidup masing-masing.

Berbagai aturan dan tata krama ini biasanya lebih dikenal dengan istilah etika, yang juga diartikan sebagai tata cara bersosialisasi yang baik antar sesama manusia di masyarakat.

Tidak hanya dalam bergaul, bekerja, ataupun belajar, etika dalam bermain juga tidak kalah penting, jadi mulailah untuk menghargai dan mengingat waktu saat bermain.

Walaupun begitu, tidak bisa dipungkiri kalau manusia sering sekali lupa waktu, terutama bagi anak-anak yang belum memahami betapa pentingnya waktu karena terlalu asik bermain.

Di sinilah peran orang tua menjadi sangat penting, terutama dalam mengawasi dan menasehati anak-anaknya tentang bagaimana seharusnya aturan dalam bermain, dan bagaimana caranya menghargai waktu luang dengan baik.

Aturan dalam Bermain

Lupa waktu saat sedang bermain sebenarnya bisa disebut sebagai bentuk dari kelalaian dan kurangnya rasa tanggung jawab, terutama bagi orang dewasa.

Seseorang yang sudah cukup umur seharusnya bisa mengatur waktu dan memprioritaskan hal-hal penting dalam hidupnya, sehingga hari-harinya bisa menjadi lebih produktif.

Alasan lain yang membuatmu tidak boleh lupa waktu saat bermain adalah karena kamu harus mematuhi etika dan aturan dasar yang telah berlaku di lingkungan masyarakat.

Mengajarkan pentingnya etika dan tata krama adalah hal yang wajib dilakukan oleh para orang tua kepada anaknya, sehingga anak bisa memiliki sikap tanggung jawab sejak usia dini.

Selain etika, orang tua juga bisa menjelaskan bahwa manajemen waktu juga menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari, agar anak-anaknya bisa memanfaatkan dan menjalani waktunya dengan banyak kegiatan yang lebih positif.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama anak dan membuat waktu luang mereka menjadi lebih produktif.

Kegiatan Seru Bersama Anak

1. Memasak

Memasak merupakan aktivitas yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak, jadi ajaklah si kecil untuk menjadi partnermu dalam memasak makanan sungguhan.

Kamu bisa meminta bantuannya untuk mengerjakan sesuatu yang ringan, misalnya mengaduk adonan, mencuci sayur, atau memasukkan beberapa bumbu.

Karena ia baru mulai memasak, kamu bisa mengajaknya untuk membuat masakan sederhana yang mudah tapi tetap menarik untuk disajikan.

2. Menonton Film

Selain sebagai media hiburan, film ternyata juga bisa menjadi media edukasi yang sangat bermanfaat untuk anak-anak.

Ketika weekend atau waktu senggang, cobalah ajak mereka untuk menonton film keluarga atau film anak yang membuat mereka tertarik.

Setelah filmnya selesai, kamu bisa mengajaknya berdiskusi tentang nilai positif dan negatif yang bisa didapatkan dari beberapa tokoh yang ada di film tersebut.

Cara ini bisa membantu meningkatkan kreatifitas dan pola pikir yang mereka miliki. Temukan Rekomendasi Film Marvel disini!

3. Mencari Harta Karun

Kegiatan seru ini bisa dilakukan di rumah bersama seluruh anggota keluarga untuk mengisi waktu luang yang panjang.

Kamu bisa mulai menyembunyikan banyak hadiah seperti buku, mainan, alat tulis, atau makanan di tempat-tempat yang tersembunyi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kemudian berikan petunjuk kepada si kecil untuk berkeliling mencari jawaban dan mendapatkan hadiahnya.

Selain seru dan menyenangkan, kegiatan ini juga bisa mengajarkan anak untuk belajar kreatif dan memecahkan masalahnya sendiri.

4. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan dan edukatif bagi si kecil.

Ajaklah anak untuk menanam beberapa sayuran yang memiliki nilai gizi bagi tubuh seperti wortel, bayam, selada, tomat, mentimun, dan masih banyak lagi.

Melalui cara ini, anak-anak bisa belajar proses pertumbuhan tanaman dan nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh setiap tanaman untuk bisa tumbuh subur. Baca selengkapnya terkait Tips Berkebun dibawah ini!

5. Membaca Buku

Membaca buku dengan beragam genre bisa menjadi kegiatan seru yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang anak.

Pada awalnya, kamu bisa lebih dulu membacakan dongeng sebelum tidur, dengan begini anak bisa penasaran dan tertarik untuk mulai membaca bukunya sendiri.

Mengajak anak untuk membaca buku menjadi cara terbaik untuk melatih daya ingat dan pola pikir yang mereka miliki.

Selain itu, mereka juga akan lebih mudah untuk menyerap informasi yang akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

Ada beberapa rekomendasi buku yang seru dan edukatif untuk dibaca bersama anak, yakni buku Why? Recycle - Daur Ulang dan buku Why? Bacteria and Virus - Bakteri dan Virus yang ditulis oleh YeaRimDang.

Buku Why? Recycle - Daur Ulang akan menampilkan gambaran lautan yang kini sudah dipenuhi oleh banyak sampah plastik, yang akhirnya berdampak pada penyusutan populasi penyu di alam bebas.

Perlu diketahui bahwa sampah plastik membutuhkan waktu lebih dari 500 tahun untuk bisa terurai jika tidak di daur ulang dengan sempurna.

Melalui buku ini, anak-anak akan mengetahui betapa bahayanya sampah yang menumpuk, dan belajar untuk mulai mengurangi sampah dengan melakukan recycle.

Dengan begitu, anak akan mengerti bahwa menjaga keselamatan bumi adalah tugas setiap manusia di manapun berada.

Melalui buku Why? Bacteria and Virus - Bakteri dan Virus, anak-anak akan belajar mengenal beberapa jenis virus yang mulai muncul sejak 20 tahun terakhir.

Ada banyak sekali penyakit baru yang mengancam nyawa manusia, yang ternyata disebabkan oleh bakteri atau virus yang tidak bisa dilihat langsung dengan mata telanjang.

Buku ini akan mengajak anak untuk masuk ke dunia mikro dan menunjukkan berbagai faktor apa saja yang menjadi penyebab munculnya bakteri atau virus dalam tubuh manusia.

Kedua buku ini kini sudah bisa dibaca dan dibeli melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com