Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Menambah Wawasan yang Cocok Dibaca untuk Membunuh Waktu

Kompas.com - 12/04/2022, 17:00 WIB
Rekomendasi buku menambah wawasan Sumber Gambar: Freepik.com Rekomendasi buku menambah wawasan
Rujukan artikel ini:
The Body: Panduan Bagi Penghuni
Pengarang: Bill Bryson
|
Editor Novia Putri Anindhita

Rekomendasi buku menambah wawasan rasanya cocok dibaca untuk membunuh waktu luang yang biasanya hanya memunculkan perasaan jenuh, yang membuat kita bingung harus melakukan apa agar selain dapat terhibur, tapi juga bisa memperkaya ilmu baru.

Memang benar adanya, buku adalah gudang ilmu yang mampu memperkaya wawasan kita, baik dari segi pengetahuan maupun sudut pandang.

Biasanya buku-buku yang kaya dan berisi wawasan yang kuat didominasi oleh buku-buku nonfiksi yang membahas serta mengangkat isu seputar sosial, sains, hingga alam yang mampu memberikan pembahasan yang menarik untuk dibaca.

Ilmu yang didapatkan dari buku nonfiksi bisa dibilang penuh dengan “daging bernutrisi” yang mampu memperkuat wawasan kita akan kehidupan alam semesta.

Mungkin, bagi sebagian besar orang membaca buku nonfiksi terbilang membosankan, tapi jika kamu mulai membiasakan diri secara perlahan-lahan untuk mencobanya, membaca buku nonfiksi adalah candu yang menghibur sekaligus menambah ilmu pengetahuan.

5 Rekomendasi Buku Menambah Wawasan

1. The Body: Panduan Bagi Penghuni – Bill Bryson

Layaknya alam semesta, tubuh manusia juga menyimpan misteri yang sampai saat ini masih belum semuanya bisa terkuak.

Banyak sekali tugas yang dilakukan oleh tubuh yang membuat kita hingga saat ini masih bisa hidup dan bernapas, karena memang mekanisme tubuh selama masa evolusi adalah untuk beradaptasi dan mempertahankan diri.

Buku ini akan menunjukkan tentang tugas dan manfaat yang diberikan tubuh kepada kita selama ini, mulai dari otak, jantung, paru-paru, hingga sel darah, semuanya lengkap dibahas di sini.

Gaya menulis Bryson pun sangat menyenangkan seperti sedang mendengarkan dongeng pengantar tidur.

2. Kosmos: Aneka Ragam Dunia – Ann Druyan

Alam semesta merupakan misteri terbesar yang hingga saat ini masih belum mampu dimengerti sepenuhnya oleh kita sebagai umat manusia.

Di sini, Ann Druyan berusaha menunjukkan keajaiban yang diberikan oleh alam semesta terhadap kehidupan manusia yang dampaknya sangat luar biasa.

Kosmos diisi dengan berbagai hal mengenai alam semesta, mulai dari sejarah, galaksi bima sakti, hingga prediksi masa depan yang turut ditampilkan bersama beberapa potongan gambar berwarna yang semakin membuat buku ini tampak indah dan menarik untuk dibaca.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. The Black Swan – Nassim Nicholas Taleb

Sebagai umat manusia, kita terlahir untuk mencari sesuatu yang pasti agar mampu mendapatkan perasaan aman dan nyaman.

Tidak heran, jika banyak manusia yang banyak memberikan prediksi akan berbagai hal dengan bermodalkan data dan statistik yang pada kenyataannya masih tidak mampu membendung ketidakpastian yang diberikan dunia dan kehidupan.

Buku ini akan memperlihatkan betapa tinggi hatinya sikap manusia dalam memprediksi segala sesuatunya, karena sesungguhnya sebagai manusia, kita tidak mampu memprediksi ketidakpastian yang ada di alam semesta ini.

Melalui buku ini kamu akan belajar tentang ketidakpastian yang kerap hadir dalam kehidupan kita.

4. Nudge – Richard H. Thaler & Cass R. Sunstein

Nudge bisa dibilang merupakan sebuah teori yang dikembangkan oleh Thaler dan Sunstein yang bisa menolong manusia dalam menentukan pilihan terbaik dalam hidup mereka melalui sebuah dorongan.

Sebab, pada kenyataannya, kita memang kerap mengambil keputusan yang keliru ketika dihadapkan pada beberapa pilihan yang ada menyangkut kehidupan.

Buku ini mampu memberikan sebuah wawasan baru yang unik dan menarik tentang sebuah dorongan yang lebih mengarah ke saran untuk membantu kita sebagai manusia dalam menentukan pilihan yang tepat menyangkut hal-hal penting dalam kehidupan.

5. Bumi yang Tak Dapat Dihuni – David Wallace-Wells

Permasalahan tentang pemanasan global sepertinya semakin berdampak serius bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi, sebab faktanya bukan hanya sekedar naiknya volume permukaan air saja, pemanasan global juga memiliki dampak lainnya yang mengkhawatirkan.

Kamu akan menemukan hal-hal apa saja yang sudah dan akan terjadi akibat dari global warming yang sangat merusak planet bumi.

Mungkin ada beberapa hal menyeramkan tentang kondisi bumi saat ini, tapi itu sepadan agar kita mampu menyadari apa yang telah dilakukan selama ini untuk tempat tinggal kita.

Kelima rekomendasi buku menambah wawasan ini dapat kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com